Latar Sebuah Cerpen

Latar Sebuah Cerpen – Siswa mampu menjelaskan dan menentukan latar sebuah cerpen.

Sukakah kamu membaca cerpen di koran atau majalah? Biasanya cerpen berisikan cerita yang menarik dan mengandung banyak hikmah. Dalam materi kali ini, kita akan belajar lebih dalam mengenai cerpen tersebut.

Di topik sebelumnya, kita sudah belajar cara memberikan tanggapan terhadap teknik pembacaan cerpen dan juga belajar menemukan pesan, alur, tema, dan suasana dalam cerpen. Sekarang, kita akan belajar menemukan latar dalam sebuah cerpen.

Cerpen

Cerpen merupakan kependekan dari Cerita Pendek. Seperti namanya, cerpen merupakan salah satu jenis prosa yang ceritanya terpusat pada satu tokoh dan satu waktu saja. Oleh sebab itu kisah yang dihasilkan biasanya cukup singkat.

Simaklah sebuah cerpen berikut!

Latar dalam Cerpen

Latar adalah segala keterangan waktu, tempat, suasana, dan kondisi sosial yang diceritakan dalam cerita. Keterangan tentang latar ini bisa disebutkan secara gamblang dalam cerita, tapi bisa juga disimpulkan dari keterangan-keterangan yang terdapat dalam cerpen tersebut.

Latar dapat dibagi menjadi empat unsur pokok, yaitu sebagai berikut.

1) Latar tempat, yaitu lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen. Perhatikan potongan cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek” di bawah ini yang menunjukkan latar tempat di rumah!

Selanjutnya, perhatikan potongan cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek” di bawah ini yang menunjukkan latar tempat di jalan dari sekolah!

2) Latar waktu, yaitu waktu terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen. Perhatikan potongan cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek” di bawah ini yang menunjukkan latar waktu di pagi hari! Meskipun tidak disebutkan secara gamblang, keterangan Ayah berangkat kerja dan Dindin yang hendak berangkat sekolah secara tidak langsung menunjukkan waktu pagi hari.

Selanjutnya, perhatikan potongan cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek” di bawah ini yang menunjukkan latar waktu siang hari (sepulang sekolah).

3) Latar suasana, yaitu hal-hal yang turut menggambarkan kondisi yang diceritakan dalam cerpen. Perhatikan potongan cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek” di bawah ini yang menunjukkan latar suasana buru-buru di pagi hari!

Selanjutnya, perhatikan potongan cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek” di bawah ini yang menunjukkan latar suasana kesakitan saat Dindin pulang sekolah!

4) Latar sosial, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat yang diceritakan dalam cerpen. Latar sosial ini bisa menggambarkan berbagai hal, seperti adat-istiadat, tradisi, kebiasaan hidup, fenomena, pandangan hidup, keyakinan, serta cara berpikir dan bersikap masyarakat. Latar sosial juga bisa mengangkat situasi sosial, seperti misalnya kaum bangsawan, kelas menengah, dan lain-lain.

Misalnya dalam cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek”, latar sosialnya adalah kalangan anak muda yang seringkali menghargai sesuatu dari tampilan luar saja dan kurang menghargai sejarah dan nilai suatu barang yang sudah usang, yang ditunjukkan oleh potongan cerpen berikut.

Poin Penting

1) Latar adalah segala keterangan waktu, tempat, dan kondisi sosial yang diceritakan dalam cerita.
2) Latar dapat dibagi menjadi empat unsur pokok, yaitu sebagai berikut.

  • Latar tempat, yaitu lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen.
  • Latar waktu, yaitu waktu terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen.
  • Latar suasana, yaitu hal-hal yang turut menggambarkan kondisi yang diceritakan dalam cerpen.
  • Latar sosial, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat yang diceritakan dalam cerpen.
Latar Sebuah Cerpen | lookadmin | 4.5