Close Klik 2x

Larutan Penyangga dalam Kehidupan Sehari-Hari

Advertisement

Larutan Penyangga dalam Kehidupan Sehari-Hari – Pada topik kali ini, kita akan membahas tentang larutan penyangga dalam kehidupan sehari -hari. Sebelumnya kalian telah mempelajari pengertian larutan penyangga. Larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan nilai pH walaupun ditambah sedikit asam, sedikit basa, atau sedikit air (pengenceran). Larutan penyangga banyak digunakan pada bidang industri dan farmasi yang pada umumnya membutuhkan pH yang stabil. Reaksi-reaksi biokimia dalam tubuh manusia juga harus dalam pH yang stabil agar metabolisme tubuh dapat berlangsung.
Apakah kalian sudah ingat kembali tentang pengertian larutan penyangga di atas? Baiklah, mari sekarang kita membahas larutan penyangga dalam kehidupan sehari-hari.

A. Larutan penyangga dalam darah

Pada tubuh manusia, darah mempunyai nilai pH antara 7,35 – 7,45. pH darah manusia tidak boleh kurang dari 7,0 dan juga tidak boleh melebihi 7,8 karena hal tersebut dapat merusak organ tubuh bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk menjaga pH darah agar tetap stabil, di dalam darah terdapat larutan penyangga alami, yaitu larutan penyangga karbonat, larutan penyangga hemoglobin, dan larutan peyangga fosfat

B. Larutan penyangga dalam air ludah

Air ludah mempunyai peranan sebagai penjaga kelembapan mulut. Selain itu, ternyata air ludah merupakan larutan penyangga yang dapat mempertahankan pH pada mulut sekitar 6,8. Air ludah tersebut mampu menetralisir asam yang terbentuk dari fermentasi sisa-sisa makanan sehingga dapat melindungi gigi dari kerusakan.

C. Larutan penyangga dalam ginjal

Ginjal memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur kadar H₃O+ pada darah agar tetap stabil. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengeluarkan kelebihan asam melalui urine sehingga nilai pH urine tetap berada antara 4,8 – 7,0

D. Larutan penyangga dalam bidang farmasi

1. Tablet aspirin merupakan obat penghilang nyeri yang komponen utamanya adalah asam asetilsalisilat. Asam asetilsalisilat pada aspirin tersebut dapat menyebabkan perubahan pH pada perut. Oleh karena itu, dibutuhkan senyawa MgO yang ditambahkan agar dapat menetralisir kelebihan asam tersebut.
2. pH pada obat tetes mata harus disesuaikan dengan pH mata sehingga tidak terjadi iritasi mata pada saat obat tersebut digunakan.
3. pH obat suntik harus disesuaikan dengan pH darah sehingga tidak terjadi alkalosis atau asidosis pada darah. Alkalosis adalah suatu kondisi dimana pH darah lebih dari 7,45, sedangkan asidosis adalah suatu kondisi dimana pH darah kurang dari 7,35.

E. Larutan penyangga dalam bidang industri

1. Shampo bayi menggunakan larutan penyangga agar pH stabil sehingga tidak pedih dimata bayi. Selain itu, penggunaan larutan penyangga juga dilakukan agar kulit kepala bayi tidak teriritasi mengingat kelenjar keringat dan minyak pada kulit kepala bayi belum berkembang sempurna.
2. Buah-buahan yang dikemas dalam kemasan kaleng perlu ditambahkan asam sitrat dan natrium sitrat agar pH buah-buahan kaleng tersebut tetap stabil sehingga tidak mudah busuk oleh bakteri.
3. Makanan kaleng perlu ditambahkan asam benzoat dan natrium benzoat agar pH makanan kaleng tersebut tetap stabil sehingga tidak mudah busuk oleh bakteri.

Larutan Penyangga dalam Kehidupan Sehari-Hari | lookadmin | 4.5