Close Klik 2x

Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah

Advertisement

Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang ciri-ciri larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kalian juga telah mengetahui cara menentukan sifat daya hantar listrik beberapa larutan melalui percobaan sederhana. Salah satu gejala yang kalian amati dalam percobaan uji daya hantar listrik adalah nyala lampu. Pada kenyataannya, nyala lampu yang dihasilkan pada beberapa larutan yang dapat menghantarkan arus listrik ternyata berbeda. Pengujian larutan garam dapur menunjukkan lampu dapat menyala dengan terang, sedangkan pada larutan asam cuka, nyala lampu redup. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ayo temukan jawabannya pada topik ini.

Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah

Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah

        Daya hantar listrik larutan elektrolit ditentukan oleh banyak sedikitnya ion yang terjadi oleh proses ionisasi. Semakin banyak jumlah ion di dalam larutan, maka daya hantar listriknya semakin kuat. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah ion di dalam larutan, maka daya hantar listriknya semakin lemah. Banyak sedikitnya elektrolit yang terionisasi dinyatakan dengan derajat ionisasi (α), yaitu perbandingan antara jumlah zat yang terionisasi dengan jumlah zat mula-mula.

Dari rumus tersebut, dapat disimpulkan beberapa hal berikut.

  • Semakin besar derajat ionisasi, semakin banyak zat yang terurai. Artinya, sifat elektrolit semakin kuat.
  • Semakin kecil derajat ionisasi, semakin sedikit zat yang terurai. Artinya, sifat elektrolit semakin lemah.

Jenis-Jenis Larutan Elektrolit

Berdasarkan daya hantar listrik pada larutan, larutan elektrolit dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Elektrolit Kuat

Elektrolit kuat adalah larutan elektrolit yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Hal ini disebabkan oleh zat-zat elektrolit kuat dalam larutannya terionisasi sempurna, sehingga jumlah ion dalam larutan relatif banyak. Oleh karena mengalami ionisasi sempurna, maka elektrolit kuat memiliki derajat ionisasi sama dengan 1 (α = 1). Larutan yang termasuk elektrolit kuat adalah:

a. Larutan asam kuat, seperti HCl, HBr, HNO₃, dan H₂SO₄.

b. Larutan basa kuat, seperti NaOH, KOH, dan Ba(OH)₂.

c. Larutan garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat, seperti NaCl dan Na₂SO₄.

Reaksi ionisasi elektrolit kuat merupakan reaksi satu arah (irreversible). Reaksi ini digambarkan dengan satu arah panah ke kanan (→). Contoh :

HCl → H⁺ + Cl⁻

NaOH → Na⁺ + OH⁻

NaCl → Na⁺ + Cl⁻

Ba(OH)₂ → Ba²⁺ + 2OH⁻

Melalui uji daya hantar listriknya, larutan elektrolit kuat menghasilkan nyala lampu terang dan banyak gelembung gas. Hal ini disebabkan oleh potensial listrik yang dihasilkan kuat sehingga banyak mengubah zat terlarut menjadi gas.

2. Elektrolit Lemah

Elektrolit lemah adalah larutan elektrolit yang kurang baik dalam menghantarkan arus listrik. Hal ini disebabkan oleh zat-zat elektrolit lemah dalam larutannya terionisasi sebagian, sehingga menghasilkan ion yang sedikit. Akibatnya, arus listrik tidak dapat dihantarkan dengan sempurna. Oleh karena mengalami ionisasi sebagian, maka elektrolit lemah memiliki derajat ionisasi lebih dari 0 kurang dari 1(0 < α < 1). Larutan yang termasuk elektrolit lemah adalah:

a. Larutan asam lemah, seperti CH₃COOH, H₃PO₄, dan HF

b. Larutan basa lemah, seperti NH₄OH dan Al(OH)₃

Reaksi ionisasi elektrolit kuat merupakan reaksi bolak-balik (reversible). Reaksi ini digambarkan dengan arah panah bolak balik (↔). Contoh:

CH₃COOH ↔ CH₃COO⁻ + H⁺

NH₄OH ↔ NH₄⁺ + OH⁻

HF ↔ H⁺ + F⁻

Melalui uji daya hantar listriknya, larutan elektrolit lemah menghasilkan nyala lampu redup atau lampu tidak menyala dan sedikit gelembung gas. Hal ini disebabkan oleh potensial listrik yang dihasilkan sangat lemah, sehingga hanya sedikit zat terlarut yang diubah menjadi gas.

Perbedaan antara larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah ditunjukkan oleh tabel berikut.

Kalian tentu telah memahami dengan baik topik ini. Agar pemahaman kalian bertambah, yuk kerjakan latihan soal-soal yang ada.

Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah | lookadmin | 4.5