Langkah-Langkah Penulisan Teks Eksposisi

Langkah-Langkah Penulisan Teks Eksposisi

  1. Siswa mengerti langkah-langkah membuat teks eksposisi
  2. Siswa memahami dan mampu mempraktikkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasanya.

Langkah-Langkah Penulisan Teks Eksposisi

Langkah-langkah dalam membuat teks eksposisi adalah sebagai berikut.

  1. penentuan judul,
  2. penulisan klasifikasi umum,
  3. penulisan deskripsi atau penjelasan, dan
  4. penulisan bagian penegasan.

Teks eksposisi memiliki struktur isi dan ciri bahasa yang dapat dibedakan dengan teks lainnya. Oleh sebab itu, dalam menulis teks eksposisi kita harus memerhatikan struktur isi berikut ini.

  1. Tesis atau pendapat penulis
  2. Argumen yang berisi fakta-fakta ilmiah
  3. Penegasan ulang pendapat penulis

Struktur isi teks eksposisi memiliki ciri-ciri bahasa, yaitu sebagai berikut.

  1. terdapat banyak istilah
  2. sering menampilkan pronomina
  3. bahasa baku dan ilmiah
  4. adanya penegasan mengenai keberpihakan penulis dalam hal yang dibahas
  5. banyak menggunakan konjungsi sebagai penghubung antara fakta-fakta yang disampaikan.

Perhatikan!

Contoh teks eksposisi singkat

Kondisi dunia memang sedang krisis, tetapi ternyata pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan positif. Dalam sebuah data disebutkan bahwa Indonesia mengalami pertumbuhan 6,4 persen. Hal itu dibandingkan dengan nilai pertumbuhan tahun lalu.

Salamuddin Daeng, seorang pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tergolong anomali. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang tidak diikuti oleh peningkatan kesejahteraan rakyat.

Ada beberapa faktor yang membuat simpulan tersebut. pertama, utang luar negeri Indonesia yang terus naik sebagai penggerak pertumbuhan. Lalu, daya dorong konsumtif dari masyarakat yang berasal dari kenaikan harga sandang dan pangan. Terakhir adalah perilaku eksport bahan mentah yang tidak menciptakan lapangan pekerjaan.

Oleh sebab itu, lazimlah jika saya katakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah anomali. Kita dapat melihat fakta bahwa nilai pertumbuhan ekonomi naik, tetapi kesejahteraan masyarakat menurun dan utang luar negeri terus menanjak.

Pada teks di atas, strukturnya adalah sebagai berikut.

  1. Paragraf pertama menyatakan tesis atau pendapat penulis yang berpihak bahwa Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang anomali
  2. Paragraf kedua dan paragraf ketiga merupakan fakta-fakta yang diungkapkan penulis dalam menjelaskan topik yang dibahas. 3, paragraf penutup adalah penegasan penulis akan pendapatnya yang disampaikan pada paragraf pertama.

Ada pun ciri-ciri bahasa eksposisi yang terdapat dalam teks di atas, yaitu sebagai berikut.

  1. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku
  2. Menggunakan pronomina saya dan kita
  3. Banyak menggunakan konjungsi seperti lalu dan oleh sebab itu.

Poin Penting Eksposisi

Teks Eksposisi merupakan tulisan yang memiliki tujuan untuk menjelaskan sesuatu yang bersifat ilmiah berdasarkan pemaparan pribadi penulis. Teks eksposisi menggunakan fakta-fakta yang digunakan penulis untuk memaparkan sebuah tema. Namun, pada penutup teks eksposisi penulis akan memperlihatkan keberpihakannya pada masalah yang sedang ia paparkan.

Langkah-Langkah Penulisan Teks Eksposisi | lookadmin | 4.5