Langkah-Langkah Penelitian

Advertisement

Langkah-Langkah Penelitian – Siswa mampu mempresentasikan hasil penelitian secara runtut.

Tujuan
1. Siswa dapat mengetahui langkah-langkah penelitian secara runtut
2. Siswa dapat menyusun laporan penelitian secara baik

Pernahkah kalian berpikir apa itu penelitian? Dahulu, jika kita mendengar kata penelitian, kita sering membayangkan sebuah kesibukan di laboratorium, di mana seorang ahli sedang mengamati reaksi zat-zat kimia yang dicampur pada tabung reaksi. Benar begitu tidak? Kalau benar demikian, berarti penelitian itu merupakan kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli tertentu dong?

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, orang-orang semakin menyadari bahwa siapa pun boleh meneliti. Misalnya saja seorang ibu yang sedang bereksperimen dengan masakannya, itu juga termasuk kegiatan meneliti. Hanya saja, kegiatan tersebut tidak melalui prosedur yang jelas dan tidak melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.

Oleh karena itu, penelitian adalah suatu kegiatan mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan mengkaji data yang dilakukan secara sistematis dan objektif. Semua kegiatan penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat tentang sesuatu yang diteliti.

Nah, untuk membuat sebuah laporan penelitian, kita harus melalui sebuah kegiatan penelitian.

Langkah-langkah penelitian adalah serangkaian proses penelitian di mana peneliti menghadapi suatu masalah dan berusaha memecahkan masalah tersebut sampai akhirnya menghasilkan simpulan berhasil atau tidaknya penelitian tersebut dalam memecahkan masalah.

Ingatlah!

Adapun langkah-langkah penelitian tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tentukan aspek-aspek yang akan diteliti.
Hal tersebut penting guna rangkaian penelitian dan penyusunan laporannya menjadi lebih terfokus.

2. Tentukan perumusan masalah
Perumusan masalah biasanya dinyatakan dalam kalimat tanya. Rumusan masalah paling baik adalah menggunakan kalimat yang singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami. Selain itu, rumusan masalah dapat memberi petunjuk tentang mungkinnya mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan itu.

3. Menentukan tujuan dan manfaat penelitian
Menentukan tujuan serta kegunaan dalam rencana penelitian akan mengarahkan peneliti secara benar, sekaligus mengetahui manfaat penelitian tersebut.

4. Tentukan metode dan teknik penelitian
Penentuan metode serta teknik penelitian memudahkan kita dalam mengumpulkan data penelitian. Termasuk ke dalam metode penelitian adalah subjek penelitian, instrumen penelitian, dan prosedur penelitian.

5. Laksanakan penelitian berdasarkan rencana penelitian

6. Susun laporan berdasarkan data hasil pengamatan
Hal yang dilaporkan tidak hanya data dan analisisnya, melainkan tujuan, metode, alat, tujuan, dan proses penelitian; yang tentunya sebagai dasar dalam pengambilan simpulan.

Poin Penting

  1. Mencari sisi unik dan menarik dari objek penelitian menjadi daya tarik untuk menentukan topik penelitian.
  2. Kerangka langkah-langkah penelitian:
Advertisement
Langkah-Langkah Penelitian | lookadmin | 4.5