Close Klik 2x

Langkah – Langkah Menyampaikan Saran

Advertisement

Langkah – Langkah Menyampaikan Saran – A. Definisi Saran

Menurut KBBI (2001 : 784) saran /sa•ran/ n pendapat/ anjuran yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Sementara itu menurut Istilah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar (1998 : 76 ), Saran adalah sebuah solusi yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, bersifat membangun, mendidik, dan secara objektif , serta sesuai dengan topik yang dibahas. Dari kedua pendapat di atas dapatlah disimpulkan bahwa saran adalah pendapat/ anjuran yang dikemukakan untuk mencari solusi atau untuk menyelesaikan permasalahan secara objektif dan sesuai dengan topik yang dibahas.

B. Langkah – Langkah Menyampaikan Saran

  1. Sampaikan saran dengan kata yang sopan.
  2. Jika lagi ada yang berbicara jangan memotong pembicaraan.
  3. Lakukan utarakan saran dengan dasar hati nurani dan juga akal yang sehat.
  4. Berani bertanggung jawab mengenai saran yang di utarakan.
  5. Utamakan kepentikan bersama jika mengutarakan saran.
  6. Jangan suka memberikan saran yang selalu berlawanan.
  7. Bisa menerima hasil keputusan dengan bersama.
  8. Bisa menerima saran yang di berikan oleh rekan anda.
  9. Yang terakhir memiliki besar hati mau menerima.

C. Contoh Soal dan Pembahasan

Salah satu forum atau tempat menyampaikan pendapat adalah melalui sebuah diskusi. Di zaman keterbukaan ini kita bisa menyaksikan di televisi bagaimana sebuah diskusi yang pada awalnya berjalan baik menjadi panas. Banyak pihak yang berusaha memaksakan bahwa pendapatnya yang paling benar. Pendapat orang lain diabaikan, akibatnya diskusi bukannya menghasilkan sebuah kesepakatan, akan tetapi malah berbuah perpecahan. Sebagai contoh yang sering kita lihat di layar kaca perlu dikritisi, bagaimana para anggota dewan bersidang dengan penuh kekasaran, saling mencaci, bahkan hingga melempar mikrofon, melempar kursi, hingga adu jotos (saling memukul). Untuk itu memang dibutuhkan keteladanan dari petinggi negara agar perbuatan seperti ini tidak berulang kembali.

Saran yang baik untuk artikel di atas adalah…
A. Pemimpin sidang hendaknya membuat kesepakatan agar selama sidang berlangsung mentaati tata tertib, bagi yang tidak patuh atau taat dikeluarkan dari ruangan.
B. Kalau setiap sidang hanya ada kekacauan, maka sebaiknya tidak usah ada sidang.
C. Presiden harus mengantisipasi kekacauan ini dengan memecat pemimpin sidang, sebab pemimpin sidang tidak bisa memimpin dengan baik.
D. Pecat saja anggota dewan yang membuat ulah di persidangan, sebab membuat malu nama partai, belum lagi tingkah polah mereka ditiru oleh generasi muda kita.
E. Pemimpin sidang berarti kurang tegas terhadap peserta sidang, sehingga secara moral sangat memalukan, belum lagi perilaku mereka di tonton jutaan rakyat Indonesia.

Pembahasan :

Jawaban A benar, karena pernyataan “Pemimpin sidang hendaknya membuat kesepakatan agar selama sidang berlangsung mentaati tata tertib, bagi yang tidak patuh atau taat dikeluarkan dari ruangan” merupakan kalimat saran yang sopan.

Pilihan jawaban lain salah, karena bahasanya tidak sopan.

Langkah – Langkah Menyampaikan Saran | lookadmin | 4.5