Close Klik 2x

Langkah-Langkah Menulis Penelitian

Advertisement

Langkah-Langkah Menulis Penelitian – Siswa mampu empresentasikan hasil penelitian secara runtut

Tujuan
1. Siswa dapat menyusun laporan penelitian secara baik
2. Siswa dapat menyunting hasil laporan penelitian karya mereka sendiri

Kali ini tiba saatnya kita masuk materi penulisan laporan penelitian. Pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya, kita telah mengetahui pengertian penelitian, tujuan penelitian, langkah-langkah penelitian, dan juga syarat penelitian. Nah, materi-materi tersebut kembali harus kalian pelajari sebagai pengantar dalam memahami teknik menulis laporan penelitian.

Sebelum ke materi penulisan laporan penelitian, baiknya kita mengetahui macam-macam penelitian itu sendiri. Macam-macam penelitian dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, seperti menurut aspek tujuan, menurut aspek metode, atau menurut aspek garapan.

  1. Menurut aspek tujuan, penelitian dibagi dua yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan.
  2. Menurut aspek metode, penelitian dibagi ke dalam beberapa macam, seperti: penelitian deskriptif, penelitian sejarah, penelitian survei, penelitian eks-postfacto, penelitian eksperimen, dan penelitian kuasi eksperimen.
  3. Menurut aspek garapan, penelitian dibagi menjadi dua kelompok yakni penelitian kependidikan dan penelitian nonkependidikan.

Kenapa hal tersebut penting diketahui? Karena kita harus menentukan terlebih dahulu jenis laporan apa yang akan kita pakai dalam menguraikan kegiatan penelitian kita kelak.

Meski demikian, semua macam-macam penelitian tadi mempunyai struktur organisasi laporan penelitian yang hampir sama. Berikut ini dijelaskan bagian-bagiannya.

Bagian-bagian laporan penelitian

1. Pendahuluan
Bagian ini ditempatkan secara khusus dalam Bab I. Pendahuluan dalam sebuah laporan penelitian memuat: latar belakang masalah, identifikasi masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan sistematika penelitian.

2. Kajian Teori
Kajian teori atau disebut juga kajian pustaka atau kadang ditulis sebagai kerangka teoretis. Kajian teori ditempatkan dalam Bab II, yang berisi uraian tentang hasil telaahan terhadap teori yang sudah ada dan relevan dengan penelitian itu. Jadi, kajian teori ini dimaksudkan untuk menampilkan alasan dan cara penggunaan teori-teori itu dalam penelitiannya.

3. Gambaran Objek Penelitian
Bagian ini biasanya dimasukkan ke dalam Bab II setelah uraian kajian teori. Bagian ini sebagai latar belakang objek penelitian sekaligus profil objek penelitian yang akan kita kaji.

4. Metode Penelitian
Bagian ini biasanya ditempatkan pada Bab III. Metode adalah tata cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan teknik adalah cara spesifik yang dipakai untuk memecahkan masalah yang dijumpai ketika melaksanakan prosedur.

Oleh karena itu, setiap penulis mempunyai metode dan teknik yang berbeda-beda dalam laporan penelitian mereka bergantung pada tujuan penelitian mereka. Misalnya metode yang digunakan kuantitatif dengan teknik wawancara.

5. Hasil dan Pembahasan
Pengolahan data merupakan aspek terpenting bagi penulis laporan penelitian terhadap masalah yang dibahasnya. Pengolahan data tersebut berhubungan dengan tujuan, teori, dan metode yang penulis gunakan dalam bab sebelumnya.

Hasil dan Pembahasan biasanya ada pada Bab IV dengan beberapa subbab tertentu, seperti hasil penelitian, analisis penelitian, dan pembahasan penelitian. Dalam beberapa laporan digunakan pula tabel, grafik, atau gambar untuk menyajikan data dan informasi secara efektif.

6. Simpulan dan Saran
Dalam Bab V ini disajikan ulasan singkat terhadap uraian yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya. Dalam simpulan, dapat digunakan cara poin per poin atau dengan cara esai padat. Sedangkan subbab saran dapat dtujukan kepada pihak-pihak terkait, seperti: pemerintah, sekolah, atau peneliti-peneliti lainnya.

7. Pustaka Acuan
Pustaka acuan atau daftar pustaka adalah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel, atau bahan penerbitan lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah atau sebagian karangan yang disertainya.

Selain beberapa poin di atas, ada pula struktur tambahan lain seperti halaman judul, kata pengantar, lembar pengesahan, daftar isis, abstrak, dan halaman pengesahan.

Poin Penting

Kata pengantar berisi penjelasan, pertanggungjawaban, suka duka, harapan, dan ucapan terima kasih penulis dalam menyusun laporan penelitian itu.

Langkah-Langkah Menulis Penelitian | lookadmin | 4.5