Kualitas Penduduk

Advertisement

Kualitas Penduduk – Kualitas penduduk itu diukur dari tingkat kesehatan dan pendidikan serta pendapatan per kapita yang dimiliki oleh penduduk yang bersangkutan. Kesehatan, pendidikan, dan pendapatan per kapita memang bukan standar mati dari kualitas penduduk, masih banyak standar lain yang bisa digunakan.

Akan tetapi tiga prasyarat ini merupakan hal yang sangat penting dalam mengarungi hidup bersahaja dan penuh makna.

1. Pendidikan

Tingkat pendidikan penduduk dapat diukur dari tingkat kelulusan yang dilalui. Semakin tinggi tingkatan sekolah yang dilalui, maka semakin berkualitas penduduk suatu negara. Hal ini membantu pemerintah untuk menyediakan banyak lapangan kerja yang sesuai dengan tingkat pendidikan penduduk tersebut.

Paling tidak ada beberapa tingkatan kelompok lulusan sekolah yang bisa dianalisis, yaitu sebagai berikut.

a. Tidak sekolah sama sekali

b. Tidak tamat SD (Sekolah Dasar)

c. Tamat SD (sekolah Dasar)

d. Tidak tamat SMP (Sekolah Menengah Pertama)

e. Tamat SMP (Sekolah Menengah Pertama)

f. Tidak tamat SMA (Sekolah Menengah Atas)

g. Tamat SMA (Sekolah Menengah Atas)

h. Tidak tamat PT (Perguruan Tinggi)

i. Tamat PT (Perguruan Tinggi)

Data di atas dapat menentukan nasib suatu bangsa di mata internasional, sebab betapapun besarnya sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu negara, selama sumber daya manusianya masih rendah, tetap saja kemakmuran tidak akan terwujud. Sebab kebodohan akan menyebabkan semua kemakmuran alam yang dimiliki oleh suatu negara

2. Kesehatan 

Sesudah pendidikan, parameter yang bisa digunakan dalam menentukan kualitas penduduk adalah tingkat kesehatan. Berbicara mengenai kesehatan, ada dua hal yang menjadi dasar. Pertama, semakin tinggi tingkat kesehatan penduduk, maka semakin tinggi kualitasnya. Begitupun sebaliknya, semakin rendah tingkat kesehatan penduduk, maka semakin rendah kualitas penduduk itu. Kedua, dilihat dari tingkat kematian bayi yang dilahirkan dan usianya dibatasi sampai di bawah satu tahun dari setiap seribu orang penduduk.

Angka ini akan didapat dengan cara membagi jumlah bayi yang dilahirkan dari setiap seribu orang penduduk dikalikan seratus persen.

3. Pendapatan

Kualitas pendapatan merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu Negara. Pendapatan per kapita adalah salah satu indikator kemakmuran suatu negara. Pendapatan per kapita mencerminkan penghasilan yang diperoleh setiap penduduk melalui aktivitas produktif. Angka ini dihitung dari jumlah GNP (Gross National Product) dibagi jumlah penduduk suatu negara.

GNP merupakan pendapatan yang dihasilkan negara dalam setiap tahunnya. Jadi, semakin besar jumlah GNP suatu negara, maka pendapatan per kapitanya pun ikut naik, dengan catatan jumlah penduduk tidak bertambah dengan cepat. Pendapatan per kapita sering digunakan sebagai parameter kekayaan suatu negara, khususnya untuk membandingkannya dengan negara lain. pendapatan per kapita biasanya dinyatakan dalam bentuk mata uang internasional yang biasa digunakan.

Rumus yang bisa digunakan untuk menghitung pendapatan perkapita adalah :


Pendapatan per kapita = pendapatan nasional ( GNP) / jumlah penduduk (P)


Itulah artikel Kualitas Penduduk. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Advertisement
Kualitas Penduduk | lookadmin | 4.5