Close Klik 2x

Kritik Terhadap Artikel

Advertisement

Kritik Terhadap Artikel – Kritik adalah memberikan pertimbangan, penghargaaan, dan penilaian terhadap artikel yang kita baca. Pengkritik harus menunjukkan kekurangan dan kelebihan ide atau opini yang artikel. Dan memberikan jalan keluar atau solusi atau saran.

Memberikan kritikan terhadap aratikel berarti menyempurnakan isi informasi yang terdapat dalam artikel. Oleh karena itu, sebuah kritik hendaknya membangun, tidak merendahkan, dan bukan hanya menunjukkan kelemahan melainkan juga memberikan penyelesaian bagaimana seharusnya dan jalan keluarnya.

Agar kritik dapat diterima, sebaiknya sebagai berikut.
1. Kritik tersusun secara sistematis, kalimatnya jelas dan padat, serta kata-katanya mudah dipahami
2. Kritik langsung diarahkan pada sasaran yang didinginkan dan tidak berbelit-belit
3. Kritik hendaknya disertai dengan alas an dan solusi
4. Disampaikan dengan santun dan sopan

Artikel adalah sebuah karangan yang dikirimkan oleh seseorang melalui media cetak dan dimuat di media cetak tersebut. Dalam sebuah artikel, penulis menuliskan berbagai masalah yang menjadi sorotan atau perhatian masyarakat. Masalah yang yang diperhatikan penulis biasanya masalah yang faktual, kadang-kadang menimbulkan perdebatan berbagai pihak, baik para pakar, pemerintah maupun mayarakat umum. Artikel yang menimbulkan perdebatan adalah artikel yang kontroversial dan berhubungan dengan hajat hidup orang banyak. Misalnya, kesempatan memperoleh pekerjaan, kenaikan Tarif Dasar listrik, Kenaikan harga BBM, kenaikan harga barang, masalah pendidikan, dan masalah remaja.

Contoh :

Kalimat kritik terhadap artikel di atas adalah sebagai berikut.
Pemerintah sebaiknya memberikan bantuan berupa permodalan, penyuluhan, dan strategi pengembangan usaha kepada UKM sektor informal agar usaha tetap jalan dan bisa meningkatkan pendapatan riil bagi buruhnya.

Kritik Terhadap Artikel | lookadmin | 4.5