Close Klik 2x

Konsep Suhu

Advertisement

Konsep Suhu – Menurut fisika, suhu merupakan besaran pokok yang menyatakan ukuran atau derajat panas dinginnya suatu benda. Dalam SI satuan suhu adalah kelvin. Suatu benda bisa berubah suhunya dengan cara memanasi atau mendinginkannya. Jika suatu benda berubah suhunya, maka sifatnya pun turut berubah.

Beberapa perubahan sifat dari benda yang suhunya berubah diantaranya, warnanya dan volumenya. Perubahan zat jika mengalami perubahan suhu disebut sifat termometrik dari zat tersebut.

Sifat termometrik dari zat dapat digunakan sebagai dasar pengukuran suhu. Sifat termometrik yang dapat digunakan sebagai dasar pengukuran suhu adalah sifat perubahan volum zat jika terjadi perubahan suhu. Air raksa dan alkohol merupakan zat yang sangat mudah memuai dan menyusut jika terjadi perubahan suhu. Oleh karenanya air raksa atau alkohol dapat digunakan sebagai bahan penunjuk skala termometer.

Termometer merupakan alat ukur suhu secara kuantitatif. Air raksa dan alkohol dapat digunakan sebagai zat pengisi termometer. Kelebihan dan kekurangan air raksa dan alkohol sebagai zat pengisi termometer adalah sebagai berikut.

Air Raksa

Kelebihan:
a. peka terhadap perubahan suhu;
b. pemuainya teratur;
c. mudah dilihat karena warnanya mengkilap;
d. memiliki titik beku rendah (-40oC);
e. tidak membasahi kaca; dan
f. memiliki titik didih tinggi (357oC).
Kekurangan:
a. harganya mahal;
b. termasuk zat beracun; dan
c. air raksa tidak dapat mengukur suhu yang lebih rendah dari (-40oC).

Alkohol

Kelebihan:
a. peka terhadap perubahan suhu;
b. memiliki titik beku (-112oC);
c. dibanding raksa, alkohol sangat murah; dan
d. dapat mengukur suhu dengan teliti.
Kekurangan:
a. titik didihnya rendah 78oC;
b. tidak berwarna, susah dilihat; dan
c. membasahi dinding kaca.
Termometer paling sederhana pertama kali dibuat oleh Galileo Galilei dan alat ini disebut termoskop. Namun alat ini tidak dapat mengukur suhu secara pasti. Hal ini karena alat tersebut tidak memiliki skala dan hanya dapat menunjukkan adanya perubahan suhu.

Jenis-jenis Termometer

1. Termometer Zat Cair
Alat ini terdiri atas pipa kapiler, bagian bawahnya terdapat tandon berisi zat termometrik yaitu air raksa atau alkohol sebagai penunjuk skala suhu.

a. Termometer Klinis
Skala pada termometer ini mulai dari 25oC sampai dengan 42oC. Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu badan manusia.

b. Termometer Dinding
Skala pada termometer ini mulai dari -50oC sampai dengan 5ooC. Termometer ini dipasang di dinding dan digunakan untuk mengukur suhu ruangan.

c. Termometer maksimum-minimum/Six Bellani
Termometer Six Bellani digunakan untuk mengukur suhu maksimum dan minimum di dalam rumah kaca yang digunakan untuk menanam tanaman.

2. Termometer Kristal
Dalam termometer kristal terdapat kristal cair yang warnanya dapat berubah jika suhu berubah. Kristal tersebut dikemas dalam plastik tipis.

3. Termometer Bimetal
Terdiri atas dua buah logam yang jenisnya berbeda dan dilekatkan menjadi satu. Jika suhu berubah bimetal akan melengkung. Hal ini disebabkan karena logam yang satu memuai lebih panjang dibanding dengan yang lain.

Konsep Suhu | lookadmin | 4.5