Konsep Jaringan Hewan dan Tumbuhan

Konsep Jaringan Hewan dan Tumbuhan – Adik-adik, masih ingatkah kalian dengan pembahasan Konsep Organisasi Kehidupan? Pada topik itu sudah sedikit disinggung mengenai konsep jaringan. Ya, di topik tersebut dijelaskan bahwa jaringan merupakan kumpulan sel dengan bentuk dan fungsi yang sama.

Nah, jika pada topik tersebut kalian hanya belajar secara sekilas, pada topik kali ini kita akan membahas konsep jaringan secara lebih detail. Bersiap-siap untuk menambah ilmu baru, ya!

Konsep Jaringan

Jaringan merupakan kumpulan dari sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan ada pada makhluk hidup bersel banyak (multiseluler). Sementara pada makhluk hidup bersel satu tidak dikenal adanya jaringan karena jumlah sel tubuh mereka hanya satu.

A. Jaringan Hewan

Jaringan hewan merupakan kumpulan sel hewan yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Secara umum, jaringan hewan bisa dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

1. Jaringan Epitel

Jaringan epitel adalah jaringan yang tersusun dari sel-sel yang sangat rapat dan melapisi permukaan tubuh, baik bagian luar, tengah, atau pun dalam. Jaringan epitel yang melapisi lapisan terluar tubuh disebut epidermis. Jaringan epitel yang melapisi rongga tubuh disebutmesotelium. Ada pun jaringan epitel yang membatasi organ dalam tubuh disebut endotelium.

Fungsi dari jaringan epitel di antaranya adalah sebagai pelindung tubuh, tempat penerima rangsang, dan pengatur suhu tubuh.

2. Jaringan Ikat

Jaringan ikat adalah jaringan yang mengikat dan menyokong jaringan-jaringan pada tubuh. Jaringan-jaringan tubuh dihubungkan satu sama lain oleh jaringan ikat.

Fungsi jaringan ikat di antaranya sebagai penyokong dan penghubung (misalnya jaringan penghubung otot dan tulang), pembungkus jaringan atau organ lainnya (misalnya pembungkus ginjal), dan penyimpan cadangan lemak (misalnya jaringan lemak). Tulang rawan dan tulang padat merupakan contoh dari jaringan ikat.

3. Jaringan Otot

Jaringan otot adalah jaringan yang dibangun oleh sel-sel otot. Jaringan otot berfungsi sebagai alat gerak aktif. Sifat utama jaringan otot adalah dapat berkontraksi dan berkonduksi.

Berdasarkan bentuk dan cara kerjanya, jaringan otot dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu otot polos, otot rangka/otot lurik, dan otot jantung.
Berikut ini adalah perbedaan dari jaringan otot-otot tersebut.

4. Jaringan Saraf

Jaringan saraf adalah jaringan yang dibangun oleh sel-sel saraf. Sel saraf disebut juga sebagai neuron. Jaringan saraf ini berperan di dalam penerimaan rangsang dari lingkungan, pengolahan rangsang, hingga penentuan tanggapan.

Berdasarkan fungsinya, neuron dibedakan menjadi neuron sensorik (saraf penerima), neuron motorik (saraf pemberi tanggapan), dan neuron asosiasi (saraf penghubung).

B. Jaringan Tumbuhan

Jaringan tumbuhan adalah kumpulan sel-sel tumbuhan yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama Di dalam tumbuhan terdapat tiga sistem jaringan, yaitu sistem jaringan dermal, jaringan pembuluh, dan jaringan dasar.
Berikut ini penjelasan mengenai ketiga jaringan tumbuhan tersebut.

C. Organ

Organ merupakan kumpulan dari jaringan yang membentuk satu kesatuan utuh untuk melakukan fungsi tertentu. Pada hewan, organ misalnya jantung. Jantung terdiri atas berbagai macam jaringan. Jaringan epitelnya, endotelium; jaringan ikatnya, jaringan ikat padat; jaringan ototnya, jaringan otot jantung; sedangkan jaringan sarafnya, jaringan saraf motorik. Pada tumbuhan, organ misalnya akar. Akar terdiri atas berbagai macam jaringan. Jaringan dermalnya, jaringan epidermis, rambut akar, dan tudung akar. Jaringan pembuluhnya, xilem dan floem. Ada pun jaringan dasarnya, korteks.

D. Sistem Organ

Sistem organ merupakan kumpulan dari organ yang membentuk kesatuan yang utuh untuk melakukan fungsi tertentu. Pada hewan, sistem organ misalnya sistem pencernaan. Sistem pencernaan ini terdiri atas organ mulut, lidah, kerongkongan, lambung, hati, usus halus, hingga usus besar. Fungsi sistem ini adalah mencerna makanan dari bentuk yang kasar hingga didapat sari-sari makanan sebagai sumber energi tubuh. Pada tumbuhan, sistem organ misalnya sistem pengangkutan air. Sistem pengangkutan air ini melibatkan organ akar, batang, daun, buah, bahkan hingga bunga. Fungsi dari sistem pengangkutan adalah mengangkut air dari akar ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

E. Organisme

Organisme merupakan kumpulan dari sistem organ yang bersatu secara utuh untuk membentuk kehidupan. Sistem organ di dalam sebuah organisme tidak dapat berdiri sendiri. Satu sama lain saling berhubungan.

Konsep Jaringan Hewan dan Tumbuhan | lookadmin | 4.5