Close Klik 2x

Kondisi Alam, Bentang Alam dan Karakteristik Benua Amerika

Advertisement

Kondisi Alam, Bentang Alam dan Karakteristik Benua Amerika – Setelah mempelajari tentang Benua Amerika, kalian diharapkan mampu mengenai letak Benua Amerika beserta berbagai hal yang terkait dengannya.

BENUA AMERIKA

Benua Amerika merupakan salah satu dari lima benua yang ada di dunia. Benua Amerika adalah benua yang terletak strategis dikarenakan diapit oleh dua samudera. Bagaimanakah berbagai aspek keberadaan Benua Amerika ? Berikut penjelasannya.

A. Karakteristik Benua Amerika

Amerika merupakan sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan yang berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Benua Amerika secara geografis terletak pada 80oLU-56oLS dan 170oBB-36oBT. Benua Amerika memiliki luas kurang lebih 42.188.569 km2.
Benua Amerika mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut :
a) Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Selat Bering.
b) Sebelah Timur berbatasan dengan Samudera Atlantik.
c) Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Arktik (Laut Es Utara).
d) Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Benua Amerika secara garis besar dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :

1) Amerika Utara
Merupakan daratan Benua Amerika yang terletak di belahan bumi bagian utara. Perbatasan dari Amerika Utara yakni di bagian utara berbatasan dengan Lautan Arktik, di sebelah selatan dengan Laut Karibia, serta di sebelah barat dengan Samudera Pasifik. Luas Amerika Utara sekitar 24.500.000 km2 dan terkadang dianggap sebagai benua tersendiri, karena terpisah oleh Amerika Selatan dan terdiri dari negara-negara yang lebih maju, yakni Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Perbatasan antara Amerika Utara dengan Amerika Selatan terletak di Panama.

2) Benua Amerika Selatan
Yaitu daratan Benua Amerika yang terletak di belahan bumi bagian selatan. Amerika Selatan terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik, sekaligus dilewati oleh garis khatulistiwa. Amerika Selatan memiliki luas sekitar 17.688.569 km2. Luas ini menjadikan daratan Amerika Selatan berada pada peringkat ke-4 setelah Asia, Afrika, dan Amerika Utara. Amerika Selatan terdiri dari barisan Pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur merupakan dataran rendah yang sebagian besar merupakan perpanjangan dari Sungai Amazon dengan hutan tropis lebat.

B. Kondisi Alam Benua Amerika

Iklim
Benua Amerika membentang dari Kutub Selatan sampai ke Kutub Utara, akibatnya semua jenis iklim dapat dijumpai di benua ini. Iklim tersebut adalah :
1) Iklim tropis basah, terdapat di sebagian besar Amerika Selatan bagian utara.
2) Iklim dingin, terdapat pada bagian paling utara Amerika Utara.
3) Iklim kering atau gurun, terdapat di beberapa tempat yaitu :
• Chili bagian utara yang terletak di Gurun Atacama dan Peru.
• Campos, yaitu sabana yang berada di Tanah Tinggi Brazil.
• Pampas, yaitu stepa yang berada di daerah selatan Argentina.
• Ilonos, yaitu sabana di Sungai Orinoco.
4) Iklim subtropis, terdapat di sebagian Amerika Selatan.
5) Iklim stepa, terdapat di timur pegunungan batu (Rocky Mountains) sampai ke Kanada serta Dataran Tinggi Brazil.
6) Iklim darat, terdapat di Amerika Serikat bagian timur sampai perbatasan Kanada.

C. Bentang Alam Benua Amerika

Amerika Utara
Kondisi Geologis
Ditinjau dari struktur geologisnya, Amerika Utara terdiri dari batu-batuan prekambium pada perisai Kanada dan perisai Laurent. Sebagian besar perisai itu terdiri atas batu-batuan metamorf yang membujur ke selatan dan ke barat di bawah prairie atau padang rumput yang luas.
Pegunungan
Di daerah Kanada dan pedalaman Amerika Serikat, terdapat dua zona pegunungan besar, yaitu Pegunungan Apalachia di sebelah timur dan Pegunungan Cordillera di bagian barat. Di daerah pegunungan Rocky Mountain terdapat lembah kering yang disebut Great Basin. Di kawasan ini banyak ditemukan danau garam, contohnya adalah The Great Salt Lake (Danau Garam Besar). Di daerah ini juga terdapat ngarai, yakni Grand Canyon.

Amerika Selatan
Gurun dan Dataran
Terdapat gurun pasir di Amerika Selatan, yaitu mulai dari Chili Utara sampai di pantai selatan Teluk Guayaquil melintasi Peru yang dinamakan ‘Gurun Pasir Pasifik’. Dataran rendah terdapat di antara pegunungan Andes sebelah barat dengan dataran tinggi Guyana. Sementara dataran tinggi di Amerika Selatan yaitu Dataran Tinggi Patagonia, Dataran Tinggi Guyana, dan Dataran Tinggi Brazilia yang terdapat di sebelah timur Pegunungan Andes.

D. Kependudukan dan Perekonomian Benua Amerika

Penduduk Amerika terdiri atas dua golongan, yaitu :
1) Penduduk Asli, yaitu bangsa Eskimo dan Indian yang termasuk rumpun bangsa Mongol.
2) Penduduk Pendatang (Imigran), terdiri dari 4 golongan besar yaitu :
• Orang-orang Mongol (berkulit kuning).
• Orang-orang Negro (berkulit Hitam).
• Orang-orang berkulit Putih.
• Orang-orang Mesir.
Beberapa bahasa yang digunakan oleh penduduk benua Amerika yaitu :
1. Bahasa Inggris, digunakan oleh Amerika Serikat, Bahama, Barbados, Kanada, Guyana, St. Lucia, St.Christhoper, dan Jamaika.
2. Bahasa Spanyol, digunakan oleh Argentina, Chili, Kolombia, Kosta Rica, Kuba, Dominika, Ekuador, El Savador, Venezuela, Peru, Panama, Nikaragua, dan Meksiko.
3. Bahasa Portugal, digunakan oleh Brasil.
4. Bahasa Belanda, digunakan oleh Suriname.
Kawasan Amerika Utara merupakan kawasan yang sudah maju dan mengembangkan industri secara progresif. Ini tampak pada kuatnya perekonomian Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Sedangkan Amerika Selatan lebih bergantung pada hasil alam (pertanian/peternakan/tambang), misalnya, Brazil dengan komoditas kopi serta Kanada dengan gandum dan daging sapi.

RANGKUMAN

1) Benua Amerika berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.
2) Benua Amerika secara garis besar terbagi dua, yaitu Amerika Utara yang dominan dengan hasil industri dan Amerika Selatan yang lebih dominan dengan hasil alam (pertanian/peternakan/tambang).

Kondisi Alam, Bentang Alam dan Karakteristik Benua Amerika | lookadmin | 4.5