Komponen Biotik

Komponen Biotik – Setelah pembahasan mengenai ekosistem, sekarang saatnya kita mengenal komponen-komponen yang menyusun ekosistem tersebut.
Ekosistem terdiri dari makhluk hidup yang saling berinteraksi, baik dengan makhluk hidup lain maupun dengan lingkungannya. “Makhluk hidup” dan “lingkungan” itulah yang merupakan komponen dari ekosistem. Komponen ekosistem dibagi menjadi dua, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah segala sesuatu yang hidup dan terdapat dalam ekosistem, sedangkan komponen abiotik adalah lawannya, yaitu segala sesuatu yang tidak hidup dalam suatu ekosistem dan menyertai kehidupan komponen biotik. Pada topik kali ini, kita akan membahas komponen pertama yaitu komponen biotik.

Segala sesuatu yang bernyawa dan hidup dalam sebuah ekosistem termasuk komponen biotik, baik itu tumbuhan, hewan, ataupun manusia. Komponen biotik adalah komponen biologis dalam ekosistem.
Perhatikan contoh-contoh berikut ini.

Apakah kalian bisa menyebutkan mana saja yang merupakan komponen biotik dari sebuah ekosistem? Pertanyaan yang mudah bukan? Pilihlah mana dari contoh-contoh di atas yang merupakan makhluk hidup. Caranya tentu kalian harus mengingat kembali ciri-ciri makhluk hidup yang telah dipelajari pada topik sebelumnya.
Jika kalian telah mampu menyebutkan apa saja yang merupakan komponen biotik dari sebuah ekosistem, selanjutnya kita akan membagi komponen biotik ke dalam tiga kategori menurut fungsinya dalam ekosistem, yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer.

1. Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang mampu membuat makanannya sendiri. Membuat makanan sendiri yang dimaksud disini adalah makhluk hidup ini membuat makanan tanpa bantuan dari makhluk hidup lain. Tumbuhan hijau adalah produsen karena mampu menghasilkan makanannya sendiri melalui proses fotosintesis, contoh: rumput, pohon rambutan, pohon pisang, dan lain-lain.

Proses fotosintesis tumbuhan secara singkat digambarkan sebagai berikut.

Selain untuk membuat makanannya sendiri, produsen juga menjadi sumber makanan bagi makhluk hidup lain (konsumen).

2. Konsumen

Tidak seperti produsen, konsumen mendapatkan makanan dengan memakan produsen, disebut konsumen primer (herbivora/ pemakan tumbuhan) atau dengan memakan konsumen lainnya, disebut konsumen sekunder (karnivora/ pemakan daging). Adapun konsumen yang memakan produsen maupun konsumen lainnya disebut konsumen tersier (omnivora/ pemakan segala).
Hewan merupakan konsumen, contohnya kambing, tikus, ular, kucing, ayam, itik, rusa, harimau, gajah, dan lain-lain. Perhatikan apa yang dimakan konsumen-konsumen tersebut sehingga kalian dapat menentukan apakah dia herbivora, karnivora, atau omnivora.

Tikus merupakan konsumen. Apakah dia termasuk herbivora, karnivora, atau omnivora?

3. Dekomposer

Dekomposer adalah makhluk hidup atau organisme yang mampu menguraikan makhluk hidup lain yang telah mati atau busuk. Dengan adanya dekomposer, organisme yang telah mati dapat diuraikan sehingga dapat kembali ke tanah atau ke lingkungan. Contoh dari dekomposer antara lain bakteri dan jamur.

Komponen Biotik | lookadmin | 4.5