Close Klik 2x

Klasifikasi Hewan Invertebrata dan Vertebrata

Advertisement

Klasifikasi Hewan Invertebrata dan Vertebrata – Hewan termasuk dalam kingdom animalia. Kingdom ini memiliki ciri-ciri antara lain: tidak memiliki klorofil, heterotrof, bergerak dengan berpindah tempat, dan multiseluler.

Semua jenis hewan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai takson berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki. Sistem klasifikasi filum pada hewan ditinjau berdasarkan ada tidaknya tulang belakang. Golongan ini dibedakan menjadi dua yaitu invertebrata dan vertebrata. Klasifikasi hewan invertebrata dikelompokkan menjadi sembilan filum.

1. Porifera atau Hewan Berpori
Tubuh porifera tersusun dari oskulum, ostium, spongiosel, dan dinding tubuh. Porifera belum memiliki organ, jaringan syaraf maupun mulut. Kerangka tubuh porifera tersusun atas zat kapur, silika atau spongin. Contoh hewan Porifera Euspongia oficinalis dan Euspongia mollisima.

2. Coelenterata atau Hewan Berongga
Coelenterata memiliki bentuk tubuh bertipe simetri radial. Bentuk tubuhnya dibagi menjadi dua yaitu polip dan medusa. Saluran pencernaan dalam Coelenterata berupa lapisan gastrodermis. Contoh hewan Coelenterata ubur-ubur (Aurelia aurita) dan Obelia.

3. Platyhelminthes atau Cacing Pipih
Tubuh Plathyhelminthes tersusun atas tiga lapis dan tidak berongga. Tubuhnya berbentuk pipih dan tidak bersegmen, memiliki tipe simetris bilateral. Contoh hewan yang tergolong dalam filum ini, cacing hati (Fasciola hepatica) dan cacing pita (Taenia saginata).

4. Nemathelminthes atau Cacing Gilig
Tubuh Nemathelminthes tersusun dari tiga lapis dan berongga semu dan tidak bersegmen. Contoh hewan yang tergolong dalam filum Nemathelminthes cacing perut(Ascaris lumbricoides).

5. Annelida atau Cacing Bersegmen
Tubuhnya tersusun dari kumpulan segmen yang menyerupai cincin. Tiap segmen tubuh dilengkapi oleh seta. Seta merupakan bulu-bulu kaku sebagai alat gerak, ekskresi dan reproduksi. Contoh hewan yang tergolong dalam filum Annelida, cacing tanah (Lumbricus terrestris).

6. Molusca atau Hewan Lunak
Mollusca memiliki tubuh yang tidak bersegmen, lunak dan pada umumnya bercangkang. Contoh hewan yang tergolong dalam filum Mollusca, bekicot (Achatina fulica).

7. Arthropoda
Tubuh Arthropoda bersegmen dan ditutup oleh eksoskeleton. Bagian tubuhnya terdiri dari kepala, dada, dan badan. Contoh hewan yang tergolong dalam filum Arthropoda, udang (Homarus americanus) dan kaki seribu (Ophyulus pilosus).

8. Echinodermata atau Hewan Berduri
Permukaan tubuh dipenuhi oleh kalsium, tergolong hewan triploblastik dan bertipe simetri radial. Hal yang unik dari Echinodermata adalah sistem pembuluh air dan susunan alat tubuhnya berkelipatan lima. Contoh hewan yang tergolong dalam filum Echinodermata, bintang laut.

9. Chordata
Pada masa embrionik memiliki struktur notokorda yaitu sumbu penyokong primer, memiliki celah faring, tali syaraf dan ekor. Contoh hewan yang tergolong dalam filum ini, hewan penyemprot laut (Halocynthia).
Chordata dikelompokkan kembali menjadi beberapa subkelas, salah satunya subkelas vertebrata. Klasifikasi hewan vertebrata dikelompokkan kembali menjadi lima kelas.

a. Pisces
Pisces merupakan hewan yang bernapas dengan insang dan pada umumnya hidup di air. Contohnya Ikan.

b. Amphibi
Amphibi merupakan hewan yang dapat hidup di dua alam. Contoh katak.

c. Reptil atau hewan melata
Contoh reptil adalah kadal, buaya, belut.

d. Aves
Secara umum, aves merupakan hewan yang memiliki kemampuan untuk terbang. Contoh burung.

e. Mamalia
Mamalia merupakan golongan hewan yang berkembangbiak dengan beranak. Contoh kucing, harimau.

Klasifikasi Hewan Invertebrata dan Vertebrata | lookadmin | 4.5