Close Klik 2x

Kesehatan Pencernaan sebagai Manifestasi Kehidupan

Advertisement

Kesehatan Pencernaan sebagai Manifestasi Kehidupan – Pada topik sebelumnya, kalian telah mempelajari Sistem Penyerapan Sari Makanan. Nah, pada topik kali ini, kalian akan mempelajari tentang Kesehatan Pencernaan sebagai Manifestasi Kehidupan. Lalu bagaimana kita menjaga kesehatan pencernaan?

Jika kalian memiliki perabotan yang kalian sayangi, tentu kalian akan merawat perabotan tersebut agar tidak rusak. Sama halnya dengan tubuh kita. Tubuh kita pun memerlukan perawatan agar tidak rusak. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan kita. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan pencernaan kita. Mengapa kita perlu menjaga kesehatan pencernaan kita?

Sistem pencernaan pada tubuh kita memiliki peranan yang sangat vital bagi kesehatan seluruh anggota tubuh. Hal ini dikarenakan semua yang dimakan akan diolah serta diserap nutrisinya untuk kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan semestinya, maka akan muncul berbagai masalah kesehatan. Untuk itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Setiap hari kita melakukan aktivitas. Hal ini sangat memerlukan energi yang berasal dari makanan yang dimakan. Jumlah energi yang diperlukan harus disesuaikan dengan berat ringannya aktivitas yang dilakukan, tidak boleh lebih atau kurang. Apabila makanan yang dimakan mengandung energi yang berlebihan, kelebihan zat tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak.

Jika hal ini berlangsung terus menerus, akan mengakibatkan kegemukan. Hal ini tidak baik bagi kesehatan karena tubuh menjadi sangat mudah terserang penyakit, seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, ginjal, dan lain-lain. Gangguan kesehatan juga akan terjadi apabila dalam makanan kita kekurangan zat gizi yang diperlukan tubuh.

Saluran pencernaan harus dirawat sebaik-baiknya karena jika terjadi kerusakan akan sangat sulit memperbaikinya. Tindakan-tindakan untuk menjaga dan merawat saluran pencernaan dan cara mencegah penyakit saluran pencernaan, diantaranya sebagai berikut.
1. Kunyah makanan dengan baik
Semakin lama mengunyah makanan, semakin mudah makanan itu dicerna oleh tubuh dan juga menghasilkan enzim yang lebih banyak. Mengunyah makanan hingga lembut baik untuk pencernaan. Tidak perlu sampai 32 kali, tapi tidak kurang dari 10 – 12 kali agar makanan tidak membebani usus.
2. Konsumsi makanan berserat
Makanan berserat tidak hanya membantu sistem pencernaan, tetapi juga dapat mencegah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung koroner, wasir, kanker usus besar, menurunkan kadar gula darah, dan juga menurunkan kadar kolesterol di dalam saluran pembuluh darah. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah sumber utama serat.
3. Minum 8 gelas air sehari
Sistem pencernaan bisa berlangsung sangat lambat bila seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air membantu pergerakan makanan, melarutkan makanan, mengatur konsentrasi makanan yang dicerna tubuh, dan membantu penyerapan gizi oleh tubuh.
4. Makan secara teratur
Makan secara teratur membantu mengoptimalkan kerja sistem pencernaan. Perut yang kosong menimbulkan nyeri dan kembung. Oleh karena itu, usahakan untuk makan secara teratur dengan menyebar waktu makan menjadi 3 kali makan besar dan 2 kali makan ringan setiap hari.
5. Olahraga teratur
Selain membantu mempertahankan gaya hidup sehat, olahraga secara teratur juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.
6. Upayakan berat badan normal
Kelebihan berat badan dan obesitas dapat mengganggu fungsi hormon tertentu yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Berat badan di bawah normal juga dapat memberikan akibat buruk pada sistem pencernaan.
7. Jagalah kebersihan
Jagalah kebersihan tangan dan makanan dari kuman-kuman merugikan bila tidak ingin mengalami diare. Penyakit ini banyak terjadi, umumnya karena kurangnya kebersihan makanan dan minuman.

Salah satu organ pencernaan yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah lambung. Seperti yang telah dijelaskan pada topik sebelumnya mengenai fungsi lambung dalam sistem pencernaan manusia yaitu berfungsi untuk mencerna makanan yang dimakan dan mencampurnya dengan kandungan asam dan enzim yang terdapat dalam lambung. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan lambung agar terhindar dari berbagai jenis penyakit lambung.

Menjaga kesehatan usus besar adalah kunci menghindari sejumlah gangguan kesehatan pada seluruh tubuh. Gangguan itu termasuk kegemukan, penyakit jantung, berbagai jenis kanker yang meliputi kanker usus besar dan kanker dubur. Kanker usus besar lebih banyak menyerang wanita daripada pria, terutama wanita usia lebih dari 45 tahun. Sebanyak 90% kanker usus besar dapat dicegah melalui pengaturan pola makan, olahraga, dan pemindaian rutin.

Sistem pencernaan manusia sangat berkaitan dengan organ-organ penting di dalam tubuh. Untuk itulah, selalu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan selalu mengonsumsi makanan sehat secara teratur karena pencernaan yang sehat akan mendukung daya tahan tubuh yang kuat.

Kesehatan Pencernaan sebagai Manifestasi Kehidupan | lookadmin | 4.5