Close Klik 2x

Kepribadian Manusia sebagai Hasil Sosialisasi

Advertisement

Kepribadian Manusia sebagai Hasil Sosialisasi – Kepribadian merupakan gabungan utuh dari sikap, sifat, emosi dan nilai yang mempengaruhi seseorang agar berbuat sesuai dengan tata cara yang diharapkan. Bagaimanakah terbentuknya kepribadian sebagai hasil sosialisasi? Mari simak bahasan berikut.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai terbentuknya kepribadian manusia sebagai hasil sosialisasi.

Kepribadian (personality) merupakan ciri-ciri dan sifat-sifat khas yang mewakili sikap atau tabiat seseorang, mencakup pola-pola pemikiran dan perasaan, konsep diri, perangai, mentalitas,yang seharusnya sejalan dengan kebiasaan umum. Kepribadian memang terbentuk dari hasrat-hasrat biologis dan bakat-bakat naluri yang sudah ada. Meskipun demikian, kepribadian tersebut baru akan berkembang seutuhnya melalui proses sosialisasi.

Proses pembentukan kepribadian dalam diri seorang individu akan berbeda satu sama lain, tergantung pada pola sosialisasi yang dianut oleh masyarakatnya. Hal ini menyebabkan kepribadian individu dalam suatu masyarakat akan berbeda dengan kepribadian individu dalam masyarakat lainnya. Walaupun demikian setiap masyarakat mempunyai pola-pola perilaku umum yang membatasi perilaku individu berdasarkan kepribadiannya.

Menurut F.G. Robin (2000), terdapat sejumlah faktor yang mendasari perkembangan kepribadian, yakni:

• Sifat dasar
Sifat dasar merupakan keseluruhan potensi-potensi yang diwarisi oleh seseorang dari ayah dan ibunya.

• Lingkungan prenatal
Lingkungan prenatal merupakan lingkungan dalam kandungan ibu.

• Perbedaan perorangan atau perbedaan individual
Perbedaan individual ini meliputi perbedaan-perbedaan ciri fisik, seperti warna mata, warna kulit, warna rambut, bentuk badan, ciri-ciri perseorangan dan sosial.

• Lingkungan
Lingkungan adalah segala kondisi di sekeliling individu yang mempengaruhi proses sosialisasi.

• Motivasi
Motivasi adalah kekuatan dari dalam individu yang mendorong individu untuk berbuat sesuatu.

Selain itu, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa perkembangan kepribadian manusia dipengaruhi oleh empat faktor, yang saling mendukung satu sama lain, yaitu :

a) Warisan biologis (heredity)
Faktor keturunan berpengaruh terhadap keramahtamahan, perilaku kompulsif (terpaksa dilakukan), dan kemudahan dalam pergaulan sosial. Tetapi faktor keturunan tidak mempunyai pengaruh dalam membentuk kepimimpinan, pengendalian diri, dorongan hati, sikap, dan minat.

b) Warisan lingkungan alam (natural environment)
Karena adanya penyesuaian diri dengan kondisi lingkungan alam sekitarnya, seseorang membentuk serta mengembangkan sikap dan tindakan yang berbeda dengan orang lainnya.

c) Warisan sosial (social heritage)
Warisan sosial yang mempengaruhi kepribadian adalah nilai-nilai adat istiadat dan budaya yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi terdahulu.
d) Kelompok manusia (group)
Kepribadian berhubungan erat dengan peranan serta kedudukan seseorang dalam berbagai kelompok sosial dan hal ini mempengaruhi kesadaran dirinya.

Kepribadian terkait erat dengan masyarakat dan kebudayaan. Kepribadian, yang dipengaruhi oleh kebudayaan dan masyarakat, akan melahirkan berbagai bentuk perilaku. Perilaku tersebut ada yang dapat diterima secara universal, di semua kebudayaan dan masyarakat. Namun, ada juga bentuk perilaku yang hanya bisa diterima di kebudayaan dan masyarakat tertentu saja. Contohnya adalah meludah. Di kalangan orang Indonesia dan bahkan sebagian besar masyarakat dunia, perbuatan tersebut dianggap tidak sopan. Akan tetapi, orang-orang suku Masai di Afrika menganggapnya sebagai tanda terima kasih atau tanda suka pada seseorang.

RANGKUMAN

1) Kepribadian (personality) merupakan ciri-ciri dan sifat-sifat khas yang mewakili sikap atau tabiat seseorang, mencakup pola-pola pemikiran dan perasaan, konsep diri, perangai, mentalitas,yang seharusnya sejalan dengan kebiasaan umum.
2) Kepribadian terkait erat dengan masyarakat dan kebudayaan. Kepribadian, yang dipengaruhi oleh kebudayaan dan masyarakat, akan melahirkan berbagai bentuk perilaku.

 

Kepribadian Manusia sebagai Hasil Sosialisasi | lookadmin | 4.5