Close Klik 2x

Keberadaan Negara Jepang, India, dan Cina

Advertisement

Keberadaan Negara Jepang, India, dan Cina – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami keberadaan negara Jepang, India, dan Cina.

JEPANG, INDIA, DAN CINA

Jepang, India, dan Cina dapat dikategorikan sebagai negara maju di kawasan Benua Asia. Masing-masing negara memiliki keunikan corak alam dan corak perekonomian. Bagaimanakah keberadaan negara Jepang, India, dan Cina ? Mari simak bahasan berikut.

A. JEPANG

Jepang terletak di kawasan Asia Timur, dengan ibu kota Tokyo. Negara Jepang berbentuk kepulauan yang memiliki luas 337.819 kilometer persegi. Secara geografis, Jepang berbatasan dengan Pulau Sakhalim dan Laut Okhosk (utara), Samudra Pasifik (timur), Laut Cina Selatan (selatan), serta Laut Jepang dan Selat Korea (barat).

Pemerintahan Jepang berbentuk Monarki Konstitusional. Kepala Negara adalah Kaisar, sementara Kepala Pemerintahan dijabat Perdana Menteri.

Wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis, sementara bagian utara beriklim sedang. Secara umum, Jepang mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Kegiatan perekonomian di Jepang sangatlah beragam, antara lain :
a) Pertanian
Daerah pertanian di Jepang relatif sempit, antara lain, berada di lembah Kwanto, lembah Osaka, dan lembah Nobi. Hasil pertaniannya adalah padi, kentang, sayur-mayur, dan buah-buahan.
b) Perikanan
Daerah penangkapan ikan biasanya di Tanjung Unubo, Pulau Honshu, yang merupakan tempat pertemuan arus dingin dengan arus panas.
c) Industri
Kawasan industri di Jepang, misalnya :
• Kawasan Keihin, terletak di sekitar teluk Tokyo. Beberapa hasil industrinya adalah tekstil, kertas, kimia, besi baja, galangan kapal, elektronik, semen, kaca, dan pengolahan minyak.
• Kawasan Teluk Tse, meliputi pabrik tekstil, tembikar, kapal terbang, mobil, dan kimia.
• Kawasan Hanshin, mencakup seni pertukangan, sutera, dan keramik.
• Kawasan Kitakyushu, dengan industri besi baja, galangan kapal, elektronika, dan kertas.

B. INDIA

India terletak di kawasan Asia Selatan dengan ibu kota New Delhi. Luas wilayah India sekitar 3.000.000 kilometer persegi. India merupakan anggota persemakmuran Inggris dan merupakan negara Republik Serikat. Kepala Negara adalah Presiden, sementara Kepala Pemerintahan dijabat Perdana Menteri.

Fisiografi India dapat dibedakan atas :
• Pegunungan Himalaya di bagian utara yang merupakan bagian dari Sirkum Mediterania dengan puncak tertingginya adalah Gunung Everest (8.848 meter). Di sebelah barat laut terdapat pegunungan Hindukush dan di antara kedua pegunungan itu terdapat Celah Kaiber yang merupakan jalan darat ke Asia Tengah. Sungai Indus, Sungai Gangga, dan Sungai Brahmaputra bersumber dari Pegunungan Himalaya.
• Lembah Sungai Gangga di bagian tengah, yang merupakan dataran luas dan subur karena berupa endapan aluvial. Di wilayah ini mengalir Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra yang di hilirnya terdapat Lembah Benggala.
• Dataran Tinggi Dekan yang terletak di Semenanjung India bagian selatan. Daerah ini adalah daerah kering karena merupakan daerah bayangan hujan.

Iklim di India dapat digolongkan menjadi iklim tropis dan subtropis. Pada bulan April-Oktober ketika terjadi musim hujan di India, bertiup angin muson barat yang membawa banyak uap air. Hujan terjadi di Pantai Malabar, Lembah Gangga, Pegunungan Himalaya, dan daerah Asam. Pada bulan Oktober-April, bertiup angin muson timur laut yang tidak membawa uap air sehingga terjadi musim kemarau.

Beberapa kegiatan perekonomian penduduk India, antara lain :
a) Pertanian
India merupakan negara agraris. Sejak tahun 1960-an, pemerintahan India menjalankan kebijakan revolusi hijau, yaitu menggalakkan penggunaan jenis-jenis bibit baru untuk meningkatkan hasil pertanian. Dari usaha ini, ada beberapa jenis tanaman perdagangan yang dapat berkembang cukup baik di India, di antaranya :
• Kapas ditanam di sekitar Bombay dan dataran Dekan;
• Padi ditanam di lembah Gangga dan Benggala;
• Gandum ditanam di dataran tinggi Dekan dan Hindustan Barat;
• Serat Yute di Benggala; dan
• Teh ditanam di Assam,
b) Pertambangan
India memiliki cadangan bijih besi lebih dari 22.400 juta ton dengan sepertiga di antaranya tergolong jenis bijih besi berkualitas tinggi.
c) Perindustrian dan Perdagangan
India memiliki dua kelompok industri utama, yaitu industri tradisional (kerajinan) dan industri besar. Produksi terpenting industri tradisional ialah khadi, sejenis pakaian yang ditenun dengan teknik tradisional.

C. CINA

Cina beribu kota Beijing dan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Cina adalah negara komunis dengan bentuk pemerintahan Republik. Kepala Negara adalah Presiden, sementara Kepala Pemerintahan dijabat Perdana Menteri.

Sebagian besar wilayah Cina merupakan dataran tinggi, pegunungan, dan perbukitan. Gunung tertinggi di Cina adalah Gunung Everest, yang terletak di perbatasan Nepal dan Tibet.

Beberapa kegiatan perekonomian penduduk Cina, antara lain :
1) Pertanian
Tanaman pertanian yang utama di Cina adalah padi dan gandum. Lembah Sungai Huang Ho menghasilkan gandum dan kaolin, di samping kapas dan kedelai. Lembah Sungai Yang Tze Kiang adalah daerah yang paling kaya dan paling subur. Lembah ini menjadi pusat penanaman padi dan kapas, serta pemeliharaan ulat sutera.
2) Pertambangan
Pusat pertambangan batu bara Cina terdapat di Fushun, Fuxian, Kailan, dan Datong. Ladang minyak bumi terbesar ada di Jungaria. Tambang minyak bumi juga terdapat di hulu Sungai Yang Tse, Shengki, dan Teluk Po Hai.
3) Industri
Pada saat ini, Cina bisa dikatakan maju karena negara ini memiliki berbagai potensi yang sangat mendukung dunia industri. Beberapa potensi tersebut, antara lain, kaya barang tambang dan sumber tenaga, cukup tenaga kerja, teknologi maju, dan kualitas sumber daya manusia memadai. Pusat industri terbesar Cina terdapat di Shanghai, Peking, dan Tianzin.

RANGKUMAN

1) Jepang terletak di kawasan Asia Timur, dengan ibu kota Tokyo. Negara Jepang berbentuk kepulauan yang memiliki luas 337.819 kilometer persegi.
2) India terletak di kawasan Asia Selatan dengan ibu kota New Delhi. Luas wilayah India sekitar 3.000.000 kilometer persegi.
3) Cina beribu kota Beijing dan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Keberadaan Negara Jepang, India, dan Cina | lookadmin | 4.5