Keberadaan Negara Inggris Raya dari Berbagai Aspeknya

Keberadaan Negara Inggris Raya dari Berbagai Aspeknya – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami keberadaan negara Inggris Raya dari berbagai aspeknya.

INGGRIS RAYA

Inggris merupakan negara kepulauan di Benua Eropa yang sangat padat penduduknya. Luas keseluruhan wilayah Inggris mencapai tak kurang dari 242.425 km2. Bagaimanakah keberadaan negara Inggris Raya ? Mari simak bahasan berikut.

Negara Inggris sering disebut dengan United Kingdom of Great Britain and Northern Irelandyang meliputi daerah England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Wilayah England, Wales, dan Skotlandia, berada pada satu pulau utama yang disebut Great Britain yang luasnya hampir 230.000 km2. Selain itu, negara Inggris juga meliputi sejumlah pulau kecil, antara lain, Pulau Man di Laut Irlandia serta Kepulauan Channel yang terletak di antara Inggris dan Perancis.

Batas wilayah Inggris Raya adalah sebagai berikut :
• Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Atlantik,
• Sebelah selatan berbatasan dengan Selat Channel,
• Sebelah timur berbatasan dengan Laut Utara, dan
• Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Berdasarkan reliefnya, kawasan Inggris terbagi menjadi dua, yaitu :

a) Daerah Pegunungan
Daerah pegunungan terdapat di bagian barat serta utara. Wilayahnya mencakup Skotlandia dan Wales. Puncak tertinggi pegunungan di Skotlandia adalah Gunung Ben Nevis (1.343 mdpl) dan merupakan puncak tertinggi di Inggris. Pegunungan di Wales didominasi oleh Pegunungan Cambrian yang puncak tertingginya adalah Gunung Snowdon (1.085 mdpl).

b) Dataran Rendah
Dataran rendah terdapat di bagian timur dan selatan. Dataran ini membentang dari Beneluks melalui Jerman Utara, sampai ke Polandia dan Rusia. Di dataran ini membujur pegunungan rendah, yaitu Pegunungan Pennine. Sungai-sungai umumnya memiliki aliran pendek. Sungai terkenal, antara lain, Sungai Thames yang mengalir membelah Kota London dan bermuara ke Laut Utara. Sungai lainnya adalah Sungai Severn yang mengalir ke Terusan Bristol (Laut Celtic).

Berdasarkan letak astronomisnya, Inggris beriklim sedang. Kondisi alam Inggris dipengaruhi oleh lautan yang luas sehingga juga beriklim laut dengan sifat sejuk dan basah. Hampir sepanjang tahun, Inggris mengalami hari-hari sejuk dan dingin.

Curah hujan rata-rata mencapai 1.000 mm per tahun. Curah hujan tertinggi terjadi di daerah pantai barat dan daerah pegunungan, yakni berkisar 5.000 mm per tahun. Suhu rata-rata pada musim dingin berkisar antara 4o C – 5o C, sedangkan pada musim panas suhunya antara 12o C-16o C. Di bagian selatan, suhu rata-rata pada musim panas dapat mencapai 27o C.

Penduduk asli Inggris ialah orang Inggris yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni :
• Bangsa Kelt, meliputi orang Skotlandia, Irlandia, dan Wales.
• Bangsa Jerman, mencakup orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman.

Inggris tergolong negara yang memiliki kondisi perekonomian maju dan kuat. Kondisi perekonomian ini didukung oleh beberapa sektor, antara lain :

a) Pertanian
Secara umum, lahan pertanian di Inggris kurang subur. Namun, berkat usahanya yang gigih dan menerapkan sistem pertanian yang modern maka hasil pertaniannya dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri. Hasil-hasil pertaniannya, antara lain, tebu, gandum, juga barley(merupakan tanaman utama) yang banyak ditanam di Pegunungan Anglia Timur. Buah-buahan banyak ditanam di daerah Devon, Worcester, dan Kent. Sedangkan kentang dan sayur-sayuran banyak ditanam di selatan Lancashire.

b) Peternakan
Hewan-hewan yang diternak di Inggris, misalnya, sapi potong (diternak di daerah lembah Northern Highland timur laut), sapi perah (diternak di bagian barat Central Lowland), serta domba (diternak di lembah Tweed). Jenis ternak yang lain ialah babi dan ayam yang diusahakan di daerah Yorkshire dan Lancashire.

c) Perikanan
Jenis ikan yang dihasilkan dari Inggris yaitu ikan Haring dan Cod. Dua jenis ikan ini terdapat di perairan Laut Utara serta Samudra Atlantik.

d) Perindustrian
Hasil perindustrian merupakan tulang punggung perekonomian Inggris. Pusat industri utamanya yaitu kota Birmingham dan Sheffield. Kawasan industri tersebut dinamakan The Black Country karena udara di daerah ini selalu tampak hitam akibat tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak. Jenis-jenis industri yang ada, misalnya :
* Industri kain wol, terdapat di kota Brandford dan Leeds.
* Industri sutra tiruan (sintetis), terdapat di kota Yorkshire dan Lancashire.
* Industri tekstil, terdapat di Kota Glasgow, Lancashire, dan Manchester.
* Industri galangan kapal, terdapat di Kota Greenoch dan Peasly. Dua kota ini merupakan pusat industri galangan kapal Inggris, sedang daerah yang lainnya ialah London dan New Castle.
* Peleburan alumunium, terdapat di Kota Rogerstone dan Wales. Kota-kota ini merupakan pusat peleburan alumunium terbesar di Benua Eropa.
* Industri berat terdapat di Kota Birmingham. Jenis industrinya, antara lain, lokomotif, rel kereta api, mesin-mesin mobil, pesawat terbang, dan lain-lain.

e) Pertambangan
Hasil pertambangan terbesar di Inggris adalah minyak dan batu bara. Jenis-jenis barang tambangnya, di antaranya, bijih besi, timah, tembaga, mangan, dan seng.

f) Perdagangan
Jenis barang ekspornya, yaitu pesawat terbang, mesin-mesin pertanian, plat-plat baja, lokomotif, tekstil sintesis, truk, mobil, wol, barang-barang kimia, mesin-mesin industri, dan alat-alat elektronik.
Jenis barang impornya, yakni tembakau, belerang, bijih besi, karet, kapas, dan minyak bumi.

RANGKUMAN

1) Negara Inggris sering disebut dengan United Kingdom of Great Britain and Northern Irelandyang meliputi daerah England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.
2) Berdasarkan reliefnya, kawasan Inggris terbagi menjadi dua, yaitu daerah pegunungan dan dataran rendah.
3) Inggris tergolong negara yang memiliki kondisi perekonomian maju dan kuat.

Keberadaan Negara Inggris Raya dari Berbagai Aspeknya | lookadmin | 4.5