Keberadaan Negara Amerika Serikat dari Berbagai Aspeknya

Keberadaan Negara Amerika Serikat dari Berbagai Aspeknya – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami keberadaan negara Amerika Serikat dari berbagai aspeknya.

AMERIKA SERIKAT

Amerika Serikat (United States of America) dikenal sebagai negara adikuasa karena mempunyai dominasi kuat terhadap negara-negara lain. Dominasi tersebut, antara lain, didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Bagaimanakah keberadaan negara Amerika Serikat ? Mari simak bahasan berikut.

Amerika Serikat diproklamasikan sebagai negara merdeka pada tanggal 4 Juli 1776 di Philadelphia. Amerika Serikat saat ini terbagi dalam 50 negara bagian, meliputi 48 negara bagian di negara utama, Alaska (sebelah barat Kanada), serta Hawai di Samudra Pasifik. Setiap negara bagian memiliki kebebasan mengurus rumah tangga sendiri, misalnya mengelola sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Ibukota Amerika Serikat adalah Washington DC.
Wilayah Amerika Serikat, secara geografis, tersebar pada tiga wilayah, yaitu di wilayah induk, di Kepulauan Hawai, dan di Alaska sebelah utara Kanada yang berbatasan dengan Kutub Utara. Secara astronomis, terletak pada 250LU-490LS dan 660BB- 1250BB. Luas keseluruhan wilayah Amerika Serikat mencapai tak kurang dari 9.826.630 km2. Batas-batas wilayah Amerika Serikat adalah :
• Sebelah utara berbatasan dengan Kanada dan Laut Es Utara,
• Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik,
• Sebelah selatan berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko, serta
• Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Berdasarkan geomorfologinya, wilayah Amerika Serikat dapat dibedakan menjadi :
a) Kawasan pantai
Wilayah yang termasuk dataran pantai meliputi daerah pantai barat sepanjang Samudra Pasifik, pantai timur sepanjang Samudra Atlantik, dan di bagian selatan yang mengelilingi pantai Teluk Meksiko.
b) Kawasan pegunungan lipatan muda Sirkum Pasifik
Ke arah timur dari wilayah pantai Pasifik terdapat wilayah jalur pegunungan pantai barat. Pegunungan pantai barat Amerika Serikat terbagi menjadi tiga jalur pegunungan, yaitu :
• Pegunungan Rocky dengan puncak tertingginya Gunung Elbert (4.339 mdpl) di Colorado dan Gunung Mc. Kinley (6.194 mdpl) yang terletak di Alaska;
• Pegunungan Cascade terdiri atas Pegunungan Rainier, Pegununungan Adams, dan Pegunungan Hood serta Pegunungan Whitney;
• Pegunungan Sierra Nevada.
c) Dataran rendah
Kawasan dataran rendah Amerika Serikat terdiri atas dua wilayah utama, yaitu :
• Dataran rendah tengah (central plain/the middlewest), yaitu sekitar danau-danau besar, seperti Danau Superior, Michigan, Ontario, Erie, dan Danau Huron;
• Dataran rendah di bagian tenggara yang merupakan daerah aliran sungai-sungai besar, terutama Sungai Missouri dan Sungai Missisipi.
d) Kawasan plato barat dan cekungan (basin)
Kawasan plato barat membentang dari utara ke selatan, mulai dari batas negara Kanada sampai Meksiko. Wilayahnya terdiri atas dataran tinggi yang banyak tererosi oleh Sungai Snake serta Sungai Colorado. Kawasan plato barat dan cekungan, antara lain, Plato Colorado, Plato Kolombia, Plato Sungai Snake, dan cekungan Great Salt Lake.
e) Kawasan pegunungan tua di timur
Pegunungan tua di sebelah timur Amerika Serikat merupakan jalur Pegunungan Appalachia yang berbatasan dengan wilayah pantai Atlantik.

Bidang pertanian di Amerika Serikat sangat maju. Kemajuan pertanian Amerika Serikat karena ditunjang teknologi canggih, pengolahan intensif, dan kerja keras petani. Lahan pertanian negara ini meliputi 47% dari luas wilayah negara. Sistem pertanian yang digunakan adalah monokultur, yaitu satu kawasan untuk satu jenis tanaman. Hasil pertanian Amerika Serikat, antara lain, gandum, jagung, kapas, tembakau, buah-buahan, dan sayuran.
Jenis peternakan yang dibudidayakan adalah sapi perah, terdapat di New England, Iowa, Missouri, dan Nebraska. Jenis sapi potong dikembangkan di daerah Dakota dan Nebraska. Jenis peternakan lainnya adalah kuda, babi, dan biri-biri. Peternakan kuda banyak diupayakan di padang rumput sekitar Texas.

Amerika Serikat cukup kaya dengan hutan, terutama hutan konifer (hutan berdaun jarum seperti cemara dan pinus) serta hutan decodous yang berkayu keras. Daerah-daerah kawasan hutan Amerika Serikat, di antaranya adalah Oregon, sekitar Teluk Meksiko, dan New England.

Perindustrian di Amerika Serikat merupakan tulang punggung perekonomian. Sektor industri menyumbangkan 21,4% dari keseluruhan produk domestik brutonya. Kegiatan industri di Amerika Serikat tergolong maju. Hal ini didorong oleh iklim yang cocok, kekayaan hasil tambang, pengaruh perdagangan bebas, lalu lintas maju, dan pemerintahan yang stabil. Jenis-jenis industri di Amerika Serikat, antara lain:
• Industri baja, terdapat di daerah Pittsburgh (pusat industri baja), Chicago, Buffalo, Birmingham, dan Cleveland.
• Industri tekstil, terdapat di zona kaki pegunungan di Carolina dan Georgia.
• Industri tembaga, terdapat di Montana dan Anaconda.
• Industri pengilangan minyak terdapat di Oklahoma dan Texas.
• Industri pembuatan film di Hollywood (Los Angeles).
• Industri mesin pertanian terbesar terdapat di Waterivo.
• Industri pesawat terbang dan peralatan militer terdapat di Seattle.
• Industri petrokimia terdapat di Juliet.
• Industri wol terdapat di Pensylvania dan Massachusetts.
• Industri sutera terdapat di New Jersey dan South Carolina.

Sifat industri-industri di Amerika Serikat antara lain sebagai berikut.
a) Pembagian kerjanya sangat teliti.
b) Produksi dihasilkan secara besar-besaran.
c) Beberapa perusahaan sejenis membentuk asosiasi untuk menghindari adanya persaingan yang tidak sehat.
d) Penggunaan sistem standar, yaitu memproduksi barang-barang dengan ukuran-ukuran tertentu.
e) Menempatkan tenaga kerja sesuai dengan bidang keahliannya.

RANGKUMAN

1) Amerika Serikat saat ini terbagi dalam 50 negara bagian.
2) Wilayah Amerika Serikat, secara geografis, tersebar pada tiga wilayah.
3) Perindustrian di Amerika Serikat merupakan tulang punggung perekonomian. Sektor industri menyumbangkan 21,4% dari keseluruhan produk domestik brutonya.

Keberadaan Negara Amerika Serikat dari Berbagai Aspeknya | lookadmin | 4.5