Keanekaragaman Hayati yang ada di Indonesia

Keanekaragaman Hayati yang ada di Indonesia – Dalam topik ini, kalian akan belajar tentang keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia. Dengan mempelajari topik kali ini, diharapkan kalian dapat mengenal keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dan dapat menyampaikannya pada orang terdekat. Pernahkah kalian memperhatikan lingkungan sekitar? Apa yang dapat kalian lihat? Jika diperhatikan dengan baik, di lingkungan sekitar kita terdapat banyak macam tumbuhan dan hewan yang memiliki keunikan tersendiri baik dari segi ukuran, bentuk, warna, dan sifat lainnya. Kumpulan makhluk hidup yang memiliki berbagai sifat yang berbeda biasa disebut keanekaragaman hayati. Keanekaragaman dari makhluk hidup terbentuk dari adanya persamaan dan perbedaan sifat dari berbagai makhluk hidup dalam suatu daerah.

Berdasarkan tingkatannya, keanekaragaman hayati dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok.
1. Keanekaragaman tingkat gen
Gen merupakan faktor pembawa sifat tertentu pada makhluk hidup. Keanekaragaman gen menunjukkan perbedaan sifat pada spesies yang sama. Contohnya:
• bunga mawar: mawar merah dan mawar putih;
• ayam: ayam kate, ayam pelung, dan ayam bekisar; serta
• buah mangga: mangga manalagi, mangga madu, dan mangga golek.
2. Keanekaragaman tingkat jenis
Keanekaragaman tingkat jenis menunjukkan perbedaan sifat yang mencolok dalam satu famili yang sama. Contohnya:
• famili Felidae: Kucing dan harimau; serta
• famili Palmae: Kelapa dan pinang.
3. Keanekaragaman tingkat ekosistem
Keanekaragaman tingkat ekosistem menunjukkan perbedaan makhluk hidup yang dapat tinggal dan beradaptasi dalam habitat tertentu. Contohnya:
• ekosistem laut: didominasi oleh hewan yang bisa beradaptasi dengan kadar garam tinggi; dan
• ekosistem hutan hujan tropis: didominasi oleh tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan curah hujan dan cahaya matahari yang cukup.

        Mari kita mengenal lebih dalam keanekaragaman hayati yang terdapat di Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam hayati. Hal ini dikarenakan Indonesia terletak di daerah tropis sehingga memiliki iklim yang baik untuk pertumbuhan berbagai macam hewan dan tumbuhan. Selain itu, terdapat beberapa tumbuhan dan hewan yang sifatnya endemik atau yang hanya bisa ditemui di Indonesia.

1. Keanekaragaman Tumbuhan Di Indonesia

Tumbuhan yang ada di Indonesia didominasi oleh tumbuhan yang hidup di hutan hujan tropis. Tumbuhan hutan hujan tropis umumnya merupakan pohon-pohon tinggi dengan daun yang lebat seperti pohon jati dan pohon meranti. Selain itu, terdapat berbagai tumbuhan liana seperti rotan. Tumbuhan tersebut banyak ditemui di hutan Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Di daerah tersebut juga dapat ditemui tumbuhan endemik Indonesia yaitu Rafflesia dan tumbuhan khas Indonesia seperti durian, mangga, dan sukun. Indonesia bagian timur memiliki tipe hutan yang agak berbeda. Mulai dari Sulawesi sampai Papua terdapat hutan yang didominasi oleh pohon-pohon sedang seperti beringin. Di daerah timur dapat ditemui tumbuhan endemik Indonesia yaitu pohon matoa.

2. Keanekaragaman Hewan Di Indonesia

Hewan-hewan di Indonesia memiliki tipe oriental dan Australia serta peralihan. Hewan dengan tipe Oriental terdapat di bagian Barat Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Hewan tipe oriental memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
• Banyak mamalia berukuran besar, contohnya: gajah, banteng, harimau, dan badak.

• Banyak macam-macam kera, contohnya: bekantan, tarsius, dan orang utan.
• Terdapat hewan endemik, contohnya: badak bercula satu, binturong, dan tarsius
• Burung-burung memiliki warna bulu yang kurang menarik, contohnya: jalak bali dan elang jawa

Hewan dengan tipe Australia terdapat di bagian Timur Indonesia yang meliputi Papua, Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Hewan tipe Australia memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
• Banyak mamalia berukuran kecil, contohnya: beruang dan landak Irian
• Banyak hewan berkantung, contohnya: kuskus
• Terdapat hewan endemik, contohnya: komodo
• Burung-burung memiliki warna bulu menarik dan beragam, contohnya: burung cendrawasih
Adapun daerah peralihan meliputi daerah di sekitar garis Wallace yang terbentang dari Sulawesi sampai kepulauan Maluku. Jenis hewannya antara lain tarsius, anoa, dan babi rusa.

Keanekaragaman Hayati yang ada di Indonesia | lookadmin | 4.5