Kata Berimbuhan Mem, Per, Kan

Advertisement

Kata Berimbuhan Mem, Per, Kan – A. Definisi

Imbuhan adalah bubuhan (ygberupaawalan, sisipan, akhiran) pd kata dasar untuk membentuk kata baru; afiks (KBBI Online.20/05/2013.20.35).Yang dimaksud dengan imbuhan gabung memper-kan adalah awalan me-, awalan per-, dan akhiran –kan yang digunakan bersama-sama pada sebuah kata dasar, atau pada sebuah bentuk dasar.

Pengimbuhannya dilakukan secara bertahap. Mula-mula pada sebuah kata dasar atau bentuk dasar diimbuhkan awalan per- dan akhiran –kan secara bersamaan dan kemdian diimbuhkan pula awalan me-. Contohnya pada kata dasar tunjuk mula-mula diimbuhkan awalan per- dan akhiran –kan secara bersamaan sehingga menjadi pertunjukan, dan kemudian diimbuhkan lagi awalan me- sehingga menjadi kata mempertunjukan.

Fungsi imbuhan gabung memper-kan adalah membentuk kata kerja aktif transitif.

B. Makna yang dimiliki sebagai hasil dari proses pengimbuhannya, antara lain:

  1. menjadikan sebagai
  2. menjadikan supaya
  3. melakukan per-an
  4. menjadikan dapat
  5. menjadikan ber-

C. Secara umum maknaimbuhanmemper-kanadatiga, yaitu:

  1. Sesuaidenganmakna yang didukungoleh per- dan -kanmakamaknagabunganafiksituadalahmenyatakankausatif, yaitumenyebabkanterjadinya proses itu, sepertimeninggikan, mempertanyakan, memperbantukan.
  2. Makna yang lainadalahmenyatakanmenjadikansebagaiataumenganggapsebagai, sepertimemperhambakan.
  3. Menyatakanintensitas, yaitumengeraskanarti yang disebutdalam kata dasar, dandapat pula berartimenyuruh, sepertimemperdengarkan, memperundingkan, mempertahankan

D. Contoh Soal dan Pembahasan

Bu Salma sangat memperhatikan anak bungsunya. Itu terbukti saat Abi, anak bugsunya itu memperlihatkan nilai ulangannya, bu Salma langsung menanggapinya dengan baik. Berbeda dengan Aziz anak sulungnya, dia selalu membuat bu Salma kesal karena dia selalu mempermainkan orang tuanya.

Bu Salmasangatmemperhatikananak bungsunya. Maknaimbuhanmemper-kanpada kata memperhatikanadalah…
A. menyatakansebab
B. menyatakanakibat
C. melakukan per-an
D. menyatakansangat
E. menyatakansebagai

Pembahasan :

Kata memperhatikan, kata kerjanya hati dengan imbuhan memper-kan menjadi memperhatikan yang artinya melakukan atau memberi perhatian.

Advertisement
Kata Berimbuhan Mem, Per, Kan | lookadmin | 4.5