Close Klik 2x

Karakteristik Sebuah Paragraf Persuasif

Advertisement

Karakteristik Sebuah Paragraf Persuasif – Siswa mampu menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu.

Apakah kalian mengetahui apa yang disebut dengan paragraf persuasif? Bagaimana karakteristik sebuah paragraf persuasif?

Inti sebuah paragraf dapat dilihat dari tujuan mengapa paragraf tersebut dibuat. Hal inilah yang membedakan jenis paragraf satu dengan yang lain. Dalam paragraf persuasif, tujuan penulisannya adalah untuk meyakinkan pembaca betapa pentingnya masalah yang disajikan kemudian membujuk dan mengajak pembaca agar mau melakukan apa yang diinginkan/diharapkan penulis.

Paragraf ini memiliki karakteristik khusus, yaitu munculnya penggunaan kata-kata imperatif (perintah/seruan) dan partikel –lah yang digunakan, baik sebagai penegas maupun pemerhalus seruan.

Sebagai paragraf yang bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan apa yang ia tuliskan, paragraf persuasi membutuhkan data dan fakta. Hanya saja, data dan fakta ini digunakan untuk menyakinkan. Disamping itu, akhir paragraf persuasi terdapat penegasan ulang ajakan melakukan sesuatu.

Satu hal yang tidak kalah penting, sesuai dengan tujuan dari paragraf persuasif, yaitu mengajak atau membujuk, paragraf ini menggunakan bahasa yang menarik, tidak monoton agar pembaca tertarik.

Perhatikan!

Jalan raya adalah milik bersama, baik pejalan, pesepada, maupun pengendara kendaraan bermotor. Semua berhak untuk menggunakannya. Hal ini tercantum dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas bahwa jalan raya digunakan untuk kepentingan bersama. Masing-masing memiliki hak dan kewajiban. Hal yang menjadi permasalahan adakalanya kita melihat banyak pengendara bermotor yang hanya menuntut hak, tetapi lupa akan kewajiban saling menghormati antarpengguna jalan. Mengebut, menerobos lampu merah, atau menyerempet pejalan kaki sering kita temukan dalam keseharian. Mereka seakan lupa ada nyawa orang lain yang dipertaruhkan sebagai konsekuensi tindakan mereka. Kalau sudah jatuh korban, mereka baru menyesal. Oleh karena itu, sebelum terlambat, marilah mulai dari sekarang kita belajar menjadi pengguna jalan yang santun, yang tidak hanya menuntut hak, tetapi juga melakukan kewajiban!

Sudahkah kalian baca paragraf di atas? Dapatkah kalian melihat tujuan penulisan paragraf tersebut? Dari contoh di atas dapat kita simpulkan hal-hal sebagai berikut.

Mari kita ulas!

  1. Gagasan utama paragraf persuasif terdapat di dalam kalimat yang mengandung ajakan atau keinginan penulis. Kalimat tersebut terletak pada kalimat terakhir.
  2. Ajakan yang dimaksud ditandai dengan penggunaan kata mari dengan penambahan partikel –lah.
  3. Kalimat satu hingga enam merupakan gagasan penjelas yang menguatkan betapa pentingnya ajakan tersebut dilakukan. Dengan kata lain, gagasan penjelas adalah alasan sebab munculnya ajakan.
  4. Topik paragraf adalah mengajak masyarakat untuk belajar menjadi pengguna jalan yang santun.

Poin Penting

Karakteristik paragraf persuasif
1. Berisi ajakan
2. Mengandung kalimat perintah
3. Biasanya muncul partikel -lah
4. Disertai alasan logis yang memperkuat ajakan
5. Menggunakan data dan fakta untuk meyakinkan pembaca
6. Menggunakan bahasa yang menarik

Karakteristik Sebuah Paragraf Persuasif | lookadmin | 4.5