Karakteristik Paragraf Argumentatif

Advertisement

Karakteristik Paragraf Argumentatif – Pada subbab ini, akan dibahas tentang paragraf argumentatif. Setelah dipelajari, diharapkan siswa dapat memahami karakteristik paragraf argumentatif

Ada banyak jenis paragraf dalam bahasa Indonesia, salah satu di antaranya adalah paragraf argumentatif. Lalu, apakah yang dimaksud dengan paragraf argumentatif itu? Seperti apa contoh paragraf argumentatif? Apakah ciri-ciri paragraf argumentatif itu? Berikut adalah penjelasan tentang paragraf argumentatif.

Paragraf Argumentatif

Paragraf argumentatif merupakan jenis paragraf yang bertujuan meyakinkan pembaca. Dalam paragraf argumentatif, penulis mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat disertai dengan bukti dan fakta sebagai penguat pendapatnya.

Ciri-ciri paragraf argumentatif

1. Bertujuan untuk meyakinkan pembaca atas pendapat yang penulis sampaikan.
2. Menggunakan fakta dan data untuk memperkuat pendapatnya. Fakta dan data bisa berbentuk uraian, grafik, atau gambar.
3. Terdapat hasil pengamatan, pengalaman, bahkan penelitian.
4. Diakhiri dengan simpulan yang meyakinkan kembali ide atau gagasan penulis.
5. Menggunakan bahasa yang objektif, logis.
6. Kata-kata penulis menggunakan kata-kata bermakna lugas dan denotatif.

Perhatikan contoh!

Industri Kecil dan Rumah Tangga (IKRT) merupakan pilar ekonomi DIY yang sangat penting. Mayoritas industri ini memproduksi bahan makanan pokok, tekstil, sandang, kulit,perabot rumah tangga, kerajinan tangan, dan barang-barang seni. Khusus barang seni, DIY memiliki kekhasan tersendiri yang bisa diandalkan untuk bersaing di pasaran global. IKRT DIY merupakan tulang punggung ekonomi daerah karena lebih dari 97% unit usaha industri merupakan IKRT yang menyerap lebih dari 66 % tenaga kerja DIY yang bekerja di sektor industri. Banyaknya jumlah orang yang bekerja pada IKRT memperlihatkan betapa pentingnya peranan IKRT dalam membantu memecahkan pengangguran dan pemerataan distribusi pendapatan.

Tips

{Mari kita analisis]
Paragraf di atas digolongkan ke dalam paragraf argumentatif dengan alasan berikut ini.

1. Memiliki opini atau pernyataan
Opini atau pernyataan bisa dilihat dari kalimat, “Industri Kecil dan Rumah Tangga (IKRT) merupakan pilar ekonomi DIY yang sangat penting.

2. Memiliki bukti atau alasan
Bukti atau alasan bisa dilihat dari kalimat, “IKRT DIY merupakan tulang punggung ekonomi daerah karena lebih dari 97 % unit usaha industri merupakan IKRT yang menyerap lebih dari 66 % tenaga kerja DIY yang bekerja di sektor industri.

3. Memiliki kesimpulan yang ditarik dari pernyataan dan bukti yang dikemukkan
Simpulan berdasarkan bukti bisa dilihat dari kalimat, “Banyaknya jumlah orang yang bekerja pada IKRT memperlihatkan betapa pentingnya peranan IKRT dalam membantu memecahkan pengangguran dan pemerataan distribusi pendapatan.

Poin penting

      Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri paragraf argumentatif adalah sebagai berikut.

Advertisement
Karakteristik Paragraf Argumentatif | lookadmin | 4.5