Close Klik 2x

Karakteristik Kalimat Fakta

Advertisement

Karakteristik Kalimat Fakta – Halo adik-adik, tahun ini akan jadi tahun terakhir seragam putih abu-abu. Hmmm, tapi tetap jaga semangat belajar kalian ya, apalagi ditemani dengan sarana Quipper School. Yakin, Ujian Nasional akhir tahun nanti akan mencetak prestasi deh….

Di kesempatan pertama ini, kalian akan diajak main kuis nih, mau ya! Pernah main games “Cari Kata” di internet? Kita coba yuk… petunjuknya carilah fakta-fakta unik mengenai Negeri Indonesia.. yuk cari ada 10 hal yang unik dalam kuis berikut.

Bagaimana? Berapa kata yang kalian temukan di atas?

Kalau kalian menemukan sepuluh kata dalam waktu satu menit berarti kalian memang keren. Nah, kenapa kita bisa tahu bahwa kata-kata yang ditemukan adalah jawabannya? Salah satu alasan kalian pasti karena hal-hal tersebut merupakan kenyataan yang sering kalian jumpai di Indonesia. Itulah yang disebut dengan informasi yang bersifat fakta.

Tahukah kalian, ternyata menurut penelitian otak kita diperkirakan dapat menangani sekitar 100 juta bit informasi per detik. Jutaan informasi di antaranya disampaikan pada kita melalui sebuah laporan, terutama laporan lisan.

Apa itu laporan? Laporan merupakan alat resmi untuk menyampaikan informasi faktual atau benar benar terjadi tentang sesuatu atau kegiatan. Laporan berisi berbagai tujuan, misalnya untuk mengatasi masalah, mengambil keputusan yang lebih efektif, mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, atau mengadakan pengawasan dan perbaikan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), laporan berarti berita. Dengan kata lain, Berita adalah peristiwa atau kejadian yang telah dilaporkan. Bersifat faktual dan menarik perhatian khalayak. Pokok-pokok isi laporan tersebut dapat berupa fakta dan opini.

Pada permainan “Cari Kata” sebelumnya, petunjuk permainannya berupa mencari 10 fakta yang unik yang ada di Indonesia. Kita langsung tahu apa yang ditanyakan setelah yakin kata yang dimaksud memang fakta. Lalu sebetulnya, karakteristik fakta itu seperti apa?
Fakta sendiri adalah hal yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar terjadi dan ada buktinya (objektif). Misalnya, ada benda, orang, waktu, tempat peristiwa, dan jumlah. Ternyata, fakta pun dapat menjawab pertanyaan dengan kata apa, siapa, kapan, di mana, dan berapa. Untuk mendukung keabsahan sebuah fakta biasanya dilampirkan juga bukti yang berupa gambar, tanggal peristiwa, data statistik, tabel, peristiwa, atau grafik.

Contoh fakta:

Pada tanggal 24 Desember 2004, Aceh dan sebagian besar Sumatera diguncang gempa yang berepisentrum di tengah laut dengan kekuatan 8,1 skala Ritcher.

Penjelasan: Karena terdapat fakta rekaman kejadiaan tang terjadi sungguh-sungguh, yaitu Gempa berkekuatan 8,1 SR mengguncang Aceh pada 24 Desember 2004.

Beberapa karakteristik fakta

a. Fakta itu harus berdasarkan kejadian nyata,
b. Fakta harus disertai bukti yang objektif,
c. Fakta juga dapat dilampiri dengan bukti berupa gambar, video, tanggal peristiwa, data statistik, tabel, teori, angka-angka, atau grafik.
d. Fakta dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan berapa, sehingga fakta dapat dibuktikan dengan benda, orang, waktu, tempat, dan jumlah.

Poin Penting

Sesuatu hal dapat dikatakan fakta apabila terdapat kesepakatan bersama/memiliki kesamaan dalam pengamatan.

Karakteristik Kalimat Fakta | lookadmin | 4.5