Karakteristik dan Macam-Macam Teks Biografi

Karakteristik dan Macam-Macam Teks Biografi – Mengungkapkan hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh.

Tujuan
Siswa dapat mengungkapkan hal yang menarik dan dapat meneladani hal yang ditunjukkan dari tokoh dalam teks biografi.

Pernahkah kalian membaca kisah tentang perjalanan hidup seseorang? Kalian membaca tentang keadaan seseorang mulai dengan mengetahui tanggal dan tempat lahirnya, lalu memahami berbagai hal yang telah dilakukan selama hidupnya? Tidak hanya sebatas identitas seseorang yang kalian baca, tetapi kalian juga dapat menemukan nilai dan motivasi diri melalui perjalanan hidup seseorang.
Perhatikanlah teks-teks berikut ini.

Setelah membaca kedua teks tersebut, apakah kalian dapat menemukan perbedaannya? Lalu, dapatkah kalian menemukan teks tersebut pada jenis karya sastra lainnya?

Pada teks pertama, kalian dapat membaca teks yang berisi tentang latar atau suasana pagi dan seseorang yang sedang tidur lalu bangun dan dirinya tidak pasti berada di mana. Cara bercerita atau keadaan yang digambarkan dalam teks tersebut biasanya ada dalam cerita pendek atau novel.

Pada teks kedua, kalian dapat penjelsanan tentang riwayat diri seseorang. Kalian mengetahui tentang tempat, tanggal lahir, pengalaman hidupnya, dan hal-hal yang telah dilakukannya untuk kepentingan orang banyak. Kartini merupakan sosok yang turut memajukan bangsa Indonesia khususnya bagi kaum perempuan. Ia sosok penting dan dihormati sebagai pejuang dalam memajukan keadaan sosial perempuan pribumi. Teks kedua ini disebut teks biografi.

Biografi dibentuk dari kata bios yang berarti hidup dan graphien yang berarti tulis. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani.

Karakteristik Teks Biografi

  1. Teks biografi memiliki struktur orientasi, peristiwa dan masalah, serta reorientasi.

a. Orientasi adalah bagian teks biografi yang menunjukkan identitas singkat tokoh, yang berisi tempat dan tanggal lahir, tempat tinggal, kehidupan masa kecil, dan sebagainya.

b. Peristiwa dan masalah adalah bagian teks biografi yang menunjukkan kejadian atau masalah yang dihadapi oleh tokoh selama perjalanan hidupnya.

c. Reorientasi adalah bagian akhir dari teks biografi yang berisi opini atau tanggapan personal dari penulis biografi. Bagian terakhir ini boleh ada, boleh tidak atau opsional.
2. Teks biografi menceritakan riwayat kehidupan seseorang berdasarkan fakta yang patut untuk diteladani.

Macam-Macam Teks Biografi

1. Berdasarkan sisi penulis
Berdasarkan sisi penulis ada yang disebut sebagai autobiografi dan biografi. Autobiografi dihasilkan dari seseorang yang menuliskan perjalanan hidupnya sendiri. Berbeda dengan biografi yang menceritakan perjalanan hidup orang lain dan ditulis oleh orang lain. Dalam hal ini, kita perlu mengetahui bahwa ada penulisan biografi yang perlu mendapatkan izin dari tokoh yang akan diceritakan riwayat hidupnya, yang disebut authorized biography, dan penulisan tanpa izin dari tokoh yang akan diceritakan atau karena telah wafat, yang disebutunauthorized biography.

2. Berdasarkan isi biografi
Berdasarkan isi biografi, kita dapat mengetahui adanya biografi perjalanan hidup. Biografi tersebut berisi tentang perjalanan hidup seseorang yang lengkap dan paling berkesan. Adapula biografi perjalanan karir yang berisi tentang perjalanan karir seseorang dari awal sampai memiliki karir baru atau perjalanan karir untuk mencapai kesuksesan tertentu.

3. Berdasarkan persoalan yang dibahas
Banyak persoalan yang dibahas dalam biografi, yaitu di antaranya biografi politik yang menuliskan tentang perjalanan hidup politik seseorang, intelektual biografi yang disusun berdasarkan riset dan penemuan yang dituangkan oleh penulisnya dengan penulisan yang ilmiah, biografi jurnalistik atau sastra yang materi penulisannya diperoleh dari hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis atau rujukan sebagai materi pendukung dalam penulisan biografi.

4. Berdasarkan penerbitannya
Dalam proses penerbitan buku, tidak hanya untuk buku biografi dapat dilakukan secara mandiri dan subsidi. Buku yang diterbitkan sendiri atau mandiri merupakan penerbitan buku yang dilakukan atas inisiatif penerbit dengan menanggung biaya penulisan, percetakan, dan pemasaran. Buku biografi yang dapat diterbitkan dengan cara ini biasanya berlaku bagi biografi tokoh-tokoh yang akan menarik perhatian publik. Selain itu, buku yang diterbitkan dengan subsidi adalah pembuatan buku yang dibiayai oleh sponsor. Hal ini dilakukan terhadap buku-buku yang diperkirakan tidak memiliki nilai komersial yang tinggi dan jika dijual harganya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

Poin Penting

Hal yang perlu kalian ingat adalah biografi sebagai hasil karya seseorang dengan menceritakan perjalan hidup orang lain. Perjalanan hidup tersebut dapat berupa perjalanan yang dihadapi oleh tokoh terkenal atau orang biasa yang dapat memberikan motivasi dan teladan bagi orang lain. Dengan membaca biografi dan memahami karakteristiknya, kita tidak hanya memahami kesuksesan seseorang tetapi memahami perjuangan yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Karakteristik dan Macam-Macam Teks Biografi | lookadmin | 4.5