Close Klik 2x

Kapilaritas

Advertisement

Kapilaritas – Pada topik sebelumnya kalian telah belajar mengenai tegangan permukaan, kohesi dan adhesi. Tegangan permukaan adalah kecendrungan permukaan zat cair untuk menegang sehingga permukaannya tertutup oleh suatu lapisan elastis. Kohesi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang sejenis, dan adhesi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang berlainan jenis. Nah, Pada topik kali ini kalian akan mempelajari tentang kapilaritas.

Pernahkah kalian berpikir bagaiman proses penyerapan air yang dilakukan oleh tanaman, dan mengapa pada kompor yang bersumbu minyak tanahnya bisa naik? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas marilah kita pelajari dalam topik ini.

Kapilaritas akan tejadi pada pipa kapiler (tabung dengan diameter yang relatif sangat kecil). Gejala naik atau turunnya zat cair dalam pipa kapiler disebut gejala kapiler atau kapilaritas. Gejala kapiler timbul karena gaya kohesi dari tegangan permukaan dan gaya adhesi antara zat cair dan tabungnya. Zat cair akan naik sampai gaya ke atas sama dengan gaya ke bawah. Kenaikan atau penurunan zat cair dalam pipa kapiler dapat dirumuskan sebagai berikut.

Keterangan
h = ketinggian naik atau turunnya zat cair (m)
ɣ = Tegangan permukaan (N/m)

Kapilaritas | lookadmin | 4.5