Close Klik 2x

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Advertisement

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas – Siswa mampu memahami dan menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam sebuah paragraf.

Pada materi sebelumnya, kamu telah mempelajari apa itu paragraf deduktif dan induktif, serta bagaimana mengidentifikasi ide pokok di dalamnya. Sekarang, mari kita ulang materi sebelumnya dengan mengisi kuis sederhana berikut ini!

Kuis tersebut menjelaskan efek rokok bagi kehidupan. Kamu dapat memilih jawaban yang menurutmu paling benar.

Dari kuis tersebut, kita dapat melihat bahwa “efek rokok” yang berada di kotak paling atas merupakan ide pokok atau gagasan utama. Adapun empat kotak kosong di bawahnya adalah ide atau gagasan penjelas yang menjelaskan secara rinci efek rokok di atas.

Dalam sebuah paragraf ide pokok tersebut bisa dinyatakan dengan membuat sebuah kalimat. Kalimat tersebut akan menjadi kalimat utama. Adapun ide-ide penjelasnya dapat kamu jabarkan dalam bentuk kalimat yang disebut dengan kalimat penjelas.

Untuk lebih memahami cara menjabarkan ide pokok dan ide penjelas ke dalam kalimat utama dan kalimat penjelas, mari simak pembahasan dan contoh materi berikut ini!

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide pokok dalam sebuah paragraf. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang mengandung informasi paling penting dalam sebuah paragraf. Di dalam kalimat utama terdapat gagasan inti yang kemudian dapat dikembangkan menjadi beberapa kalimat lainnnya. Kalimat-kalimat lain yang berfungsi mendukung gagasan yang disampaikan oleh kalimat utama disebut dengan kalimat penjelas.

Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf terdiri atas paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf, sedangkan paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Adapun paragraf campuran adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf.

Selain ketiga paragraf tersebut, ada pula paragraf yang semua kalimatnya merupakan kalimat utama. Ide pokok dalam paragraf tersebut tersebar di semua kalimat. Paragraf demikian biasanya berupa paragraf narasi atau deskripsi. Paragraf narasi merupakan paragraf yang bersifat menceritakan urutan atau kronologi kejadian, sedangkan paragraf deskripsi bersifat menggambarkan seseorang, suatu benda, atau suasana.

      Untuk dapat membedakannya dari kalimat penjelas, berikut ciri-ciri kalimat utama dalam sebuah paragraf.

1. Kalimat bersifat general atau umum,

2. Kalimat tersebut masih memerlukan informasi tambahan dalam kalimat selanjutnya;

3. Kalimat tersebut memiliki kata kunci yang biasanya diulang-ulang pada kalimat penjelasnya;

4. Kalimat tersebut memiliki koherensi atau kesinambungan dengan kalimat-kalimat lainnya, ditandai dengan adanya kata penghubung atau kata ganti;

5. Dalam paragraf induktif, kalimat utama merupakan simpulan, ditandai dengan konjungsioleh karena itu, maka, dengan demikian, dan lain sebagainya.

Agar dapat memahami lebih jelas perbedaan antara kalimat utama dengan kalimat penjelas, baca dan perhatikan ide pokok dari paragraf berikut ini!

Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) kian meningkat di Indonesia. Hal tersebut terjadi terutama di kota-kota besar, seperti: Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Kemunculan UKM-UKM baru dinilai sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah penduduk usia produktif yang tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja. Di kota-kota besar, tuntutan untuk memperoleh penghasilan jauh lebih besar karena persaingan kerja terjadi antara penduduk lokal dengan pendatang. Banyak orang di kota-kota tersebut mulai melirik usaha-usaha baru, baik di bidang kuliner, jasa, hingga properti.

Paragraf tersebut berbicara mengenai meningkatnya pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Jika diuraikan, paragraf tersebut terdiri atas beberapa kalimat berikut.
(1) Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) kian meningkat di Indonesia.

(2) Hal tersebut terjadi terutama di kota-kota besar, seperti: Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

(3) Kemunculan UKM-UKM baru dinilai sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah penduduk usia produktif yang tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja.

(4) Di kota-kota besar, tuntutan untuk memperoleh penghasilan jauh lebih besar karena persaingan kerja terjadi antara penduduk lokal dengan pendatang.

(5) Banyak orang di kota-kota tersebut mulai melirik usaha-usaha baru, baik di bidang kuliner, jasa, hingga properti.

Di antara kalimat-kalimat tersebut, gagasan inti dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat (1), yaitu pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia kian meningkat. Dengan demikian, kalimat (1) adalah kalimat utama. Ciri-cirinya, kalimat (1) merupakan infromasi umum yang perlu penjelasan tambahan yang kemudian muncul dalam kalimat-kalimat berikutnya. Adapun kalimat-kalimat lainnya (2, 3, 4, dan 5) merupakan kalimat penjelas.

Poin Penting

  1. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide pokok dalam sebuah paragraf;
  2. Kalimat utama umumnya hanya terdiri dari satu kalimat;
  3. Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi untuk mendukung gagasan yang disampaikan dalam kalimat utama.
Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas | lookadmin | 4.5