Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas – Siswa bisa membedakan kalimat utama dan kalimat penjelas demi pemahaman pola pengembangan paragraf.

Diagram di atas menggambarkan proses perkembangan kata sampai paragraf. Sebuah kata berkumpul menempati satu struktur pola kalimat disebut frasa. Jika kata itu berkumpul menempati dua struktur pola kalimat dan salah satunya adalah predikat, disebut klausa. Kemudian, kata-kata yang berkumpul menempati struktur pola kalimat secara utuh dan benar serta ditandai oleh penggunaan eyd yang benar, jadilah sebuah kalimat. Sampai akhirnys, kalimat-kalimat berkumpul secara padu makna dan strukturnya akan membentuk paragraf.

Pada topik ini kita akan membahas kalimat utama dan kalimat penjelas. Hal ini penting karena setiap paragraf pasti memiliki kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalian harus dapat membedakannya untuk menentukan pola pengembangan paragraf yang benar.

Kalimat Utama

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama dari sebuah paragraf. Kalimat ini secara utuh di awali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan titik.
Ciri-ciri Kalimat utama
1. Kalimat utama biasanya mengandung informasi bersifat umum.
2. Kalimat utama bisa berdiri sendiri dan tetap memiliki makna yang utuh.
3. Kalimat utama bisa terletak di awal atau di akhir paragraf.
4. Satu paragraf terdapat satu kalimat utama.

Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjadi penjelas dari kalimat utama.
Ciri-ciri kalimat penjelas.
1. Kalimat penjelas mengandung informasi khusus.
2. Kalimat penjelas terdapat kata kunci acuan terhadap kalimat lain.
3. Kalimat penjelas tidak terlalu utuh maknanya jika berdiri sendiri tanpa kalimat lainnya.
4. Dalam satu paragraf, bisa terdapat banyak kalimat penjelas.

Perhatikan contoh berikut.

(1) Arang aktif adalah sejenis arang yang diperoleh dari suatu pembakaran yang mempunyai sifat tidak larut dalam air. (2) Arang ini dapat diperoleh dari pembakaran zat-zat tertentu, seperti ampas tebu, tempurung kelapa, dan tongkol jagung. (3) Jenis arang ini banyak digunakan dalam beberapa industri pangan atau nonpangan. (4) Industri yang menggunakan arang aktif adalah industri kimia dan farmasi, seperti pekerjaan menghilangkan bau yang tidak murni dan menguapkan zat yang tidak perlu.

Kalian cermati kalimat nomor (1). Kalimat tersebut bisa berdiri sendiri tanpa kalimat lainnya dan mengandung informasi yang paling umum. Oleh sebab itu, kalimat (1) adalah kalimat utama.

Kalian cermati kalimat (2), (3), dan (4). Ketiga kalimat ini mengandung informasi khusus, mengandung kata acuan (ini dan pengulangan kata arang aktif), dan menjadi tidak utuh maknanya jika berdiri sendiri. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, ketiga kalimat itu adalah kalimat penjelas.

Pada paragraf di atas, kalimat utama terletak di awal paragraf. Sekarang, perhatikan paragraf berikut.

(1) Penegakan hukum lingkungan tidak semata-mata mempertahankan dari pelanggaran lingkungan, tetapi bagaimana mendorong agar lingkungan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (2) Hukum lingkungan menekankan lingkungan sebagai bagian dari kesejahteraan umum. (3) Kebijakan hukum lingkungan menekankan lingkungan sebagai bagian dari kesejahteraan umum berdimensi tunggal yaitu mempertahankan hukum dari pelanggaran. (4) Lebih jauh, sebagai upaya pendahuluan menghindari kerusakan, pencemaran, dan merosotnya kualitas lingkungan. (5) Jadi, pemberlakuan hukum lingkungan bertujuan agar lingkungan seperti bumi, air dan udara tetap bermanfaat serta dapat dinikmati untuk kemakmuran bersama.

  • Kalimat nomor 1,2,3,4 pada paragraf di atas merupakan kalimat penjelas yang berisi penjelasan-penjelasan tentang hukum lingkungan. Kalimat nomor 5 adalah kalimat utama.

Poin Penting

Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki kepaduan di antara unsur-unsurnya. Kalimat-kalimatnya memiliki hubungan timbal balik, secara bersama-sama membahas satu gagasan utama. Kepaduan makna (koherensi) berhubungan dengan isi, kepaduan bentuk (kekohesifan) berkaitan dengan penggunaan kata-katanya.

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas | lookadmin | 4.5