Kalimat Sapaan dalam Forum Resmi

Kalimat Sapaan dalam Forum Resmi – Siswa dapat memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.

Pada topik sebelumnya, kalian sudah mengenal fungsi moderator dalam sebuah forum diskusi. Nah, pada kali ini, kalian akan lebih memperdalam cara memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi dengan mengamati kalimat sapaan yang digunakan.

Pernahkah kalian memperkenalkan diri sendiri di hadapan orang banyak? Ketika awal masuk ke kelas X, kalian tentu saling memperkenalkan diri di depan kelas. Kegiatan memperkenalkan diri juga dilakukan di berbagai forum resmi seperti diskusi atau seminar. Bukan hanya memperkenalkan diri, jika dalam kegiatan tersebut kalian menjadi pembawa acara, kalian juga akan memperkenalkan orang lain seperti pemateri, moderator, atau notulis.

Memperkenalkan diri sendiri di forum resmi bisa dilakukan dengan menyebutkan data pribadi dan peran. Misalnya, “Perkenalkan saya Novita Sari berasal dari kelas X SMA Mutiara. Di sini saya bertindak sebagai moderator.” Sementara untuk memperkenalkan orang lain, dibutuhkan data diri yang lebih lengkap seperti nama lengkap beserta gelar, nama panggilan, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan, dan pekerjaan.

Ada tiga hal yang harus kalian perhatikan saat memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum diskusi.Tiga hal tersebut adalah kejelasan ucapan (pelafalan), intonasi, dan ekspresi. Ketiga hal ini akan mendukung tersampaikannya informasi atau maksud yang ingin kalian sampaikan.

Kalimat sapaan dalam forum resmi bisa berupa kata ganti berikut sebagai berikut.

• Kata ganti orang pertama seperti Anda.
• Kata ganti orang kedua seperti beliau atau ia.
• Kata ganti orang ketiga seperti saudara, bapak, ibu, dan sebagainya.

Perhatikan contoh pembicaraan yang dilakukan oleh seorang moderator di bawah ini.

“Selamat siang! Saudara-saudara peserta diskusi, sebelum diskusi ini dimulai, perkenankan saya untuk memperkenalkan pembicara utama dalam diskusi ini yaitu Ibu Sita Meilawati, S.Ip. Belian adalah seorang staf ahli di Kementerian Dalam Negeri. Beliau lahir di Bandung, 6 Mei 1978. Kini beliau beralamat di Jalan Pinus No. 176, Bandung. Tahun 1998 beliau menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Padjajaran. Kini ia tengah menuntut ilmu di Program Pascasarjana di universitas yang sama.

Dalam contoh di atas, ada sebuah kalimat sapaan yaitu Saudara-saudara peserta diskusi. Kalimat sapaan ini memang selalu digunakan untuk menyapa orang lain dalam sebuah forum resmi. Kalimat sapaan yang bisa digunakan dalam forum resmi ini bervariasi, tergantung pada konteks acara yang digelar. Konteks di sini maksudnya antara lain siapa hadirin yang mengikuti forum tersebut, apa acaranya, apa tujuan acaranya, seberapa tinggi tingkat pengetahuan hadirin, serta, waktu pelaksanaan diskusi atau seminar.

Kalimat sapaan yang diucapkan umumnya ditandai dengan adanya penggunaan beberapa hal berikut.
• Kata ganti sapaan seperti ibu, bapak, adik, saudara, hadirin, para peserta, dan sebagainya.
• Ucapan salam, seperti Assalamu’alaikum, selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan sebagainya.
• Ucapan pemberi motivasi seperti Merdeka, Hidup Indonesia, Salam Revolusioner, dan sebagainya.
• Mimik serta pantomimik yang sesuai dengan suasana forum.

Perhatikan contoh-contoh kalimat sapaan dalam forum resmi berikut.
• Selamat pagi! Saudara-saudara peserta diskusi,…
• Selamat siang! Hadirin sekalian…
• Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh! Bapak-Ibu peserta seminar…
• Salam Revolusioner! Adik-adik mahasiswa baru STKIP Ganesha Jakarta,…

Poin Penting

• Memperkenalkan diri dan orang lain harus dilakukan dengan memerhatikan pelafalan, intonasi, dan ekspresi.

• Dalam memperkenalkan orang lain diperlukan data seperti nama lengkap, nama panggilan, tempat tanggal lahir,alamat, pendidikan, dan pekerjaan.

• Kalimat sapaan dalam forum resmi disesuaikan dengan konteks acara. Konteks tersebut terkait apa acaranya, apa tujuan acara, tingkat pengetahuan hadirin, siapa saja peserta yang mengikuti diskusi, serta kapan waktu pelaksanaannya.

Kalimat Sapaan dalam Forum Resmi | lookadmin | 4.5