Kalimat Persetujuan dan Dukungan

Kalimat Persetujuan dan Dukungan – Informasi yang kita peroleh, baik dari media cetak maupun informasi yang kita dengar tentunya ada informasi yang kita anggap benar dan ada informasi yang menutut kita tidak tepat.

Informasi yang kita anggap benar adalah informasi yang tepercaya. Informasi tersebut kita jadikan informasi yang penting sedangkan informasi yang kurang tepercaya kita bisa memberikan sanggahan terhadap informasi tersebut.

Persetujuan atau sanggahan merupakan hal yang bersifat subjektif sehingga aharus disertai dengan alas an yang kuat dan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Persetujuan harsus berdasarkan atas informasi yang dinggap tepat dengan disertai alasan.

Contoh soal :

Hidup berumah tangga, ibarat sebuah kapal mengarungi samudra luas, banyak karang, badai yang diumpamabakan dengan hambatan dan rintanagan. Begitu juga kehidupan rumah tanggah, tidak selalu berjalan dengan kebahagiaan. Hidup berumah tangga acapkali muncul berbagai masalah yang membuat keharmonisan rumah tangga terusik. Nahkoda juru mudi harus piawai mengendalikan kapal untuk menghindari hantaman badai dan berbagai rintangan, yang berakibat kapal menjadi pecah, hancur, dan bahkan akan tenggelam, tidak akan sampai ke pantai tujuan. Begitu pula kehidupan suami istri, apabila tidak mampu mengatasi masalah akan berantakan rumah tangganya.

Kalimat persetujuan dari ilustrasi di atas adalah…
a. Saya setuju dengan ilustrasi di atas bahwa kita harus bijaksana dalam menyaisati kehidpan berumah tangga agar rumah tangga bahagia, seperti halnya nahkoda dan juru mudi yang piawai mengendalikan kapalnya sampai ke tepi tujuan.
b. Kehidupan rumah tangga seseorang akan berjalan mulus, bahagia apabila suami istri dapat dapat menghadapi segala rintangan dan cobaan dengan sabar, seperti halnya seorang nahkoda dalam mengarungi samudra luas.
c. Saya sependapat dengan analogi di atas bahwa dalam mengarungi bahtera rumah tangga harus sabar dan telaten setiap mendapat cobaan dan rintangan seperti halnya biduk kapal yang mengarungi lautan yang selalu mendapat rintangan badai
d. Saya sependapat dengan analogi di atas bahwa hidup berumah tangga dikendalikan oleh suami dan istri yang harus sabar menghadapi segala rntangan dan cobaan seperi halnya kapal yang dikendalikan oleh nahkoda dan juru mudi
e. Saya sependapat dengan analogi di atas bahwa hidup berumah tangga itu tidak selamanya mulus dan bahagia sehingga bersikaplah bijaksana dalam menghadapi segala cobaan seperti halnya nahkoda kapal dalam mengarungi lautan yang mendapat rintangan.

Jawaban : e

Pembahasan :

Hal yang dibandingkan adalah kapal dengan nahkoda ketika mengarungi lautan dan rumahtangga dengan suami istri ketika menjalani kehidupan.

Nahkoda sebagai juru mudi harus piawai mengendalikan kapal untuk menghindari hantaman badai dan berbagai rintangan, yang berakibat kapal menjadi pecah, hancur, dan bahkan akan tenggelam, tidak akan sampai ke pantai tujuan.

Kehidupan rumah tangga, tidak selalu berjalan dengan kebahagiaan. Hidup berumah tangga acapkali muncul berbagai masalah yang membuat keharmonisan rumah tangga terusik. Kehidupan suami istri, apabila tidak mampu mengatasi masalah akan berantakan rumah tangganya.

Kalimat Persetujuan dan Dukungan | lookadmin | 4.5