Kalimat Opini Pada Tajuk Rencana dan Editorial

Kalimat Opini Pada Tajuk Rencana dan Editorial – Siswa mampu membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif.

Tujuan
Siswa dapat menentukan kalimat opini pada tajuk rencana/editorial.

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari bahwa tajuk rencana mengandung dua pernyataan penulis, yaitu pernyataan yang berisi fakta dan pernyataan yang berisi opini. Kita sudah membahas kalimat fakta pada bagian terdahulu. Saat ini kita akan membahas tentang kalimat opini.

Opini adalah kalimat yang berisi pendapat, saran, atau prediksi penulis terhadap peristiwa atau permasalahan yang sedang dibahas.

Ciri-ciri kalimat yang mengandung opini adalah sebagai berikut.
1. Kalimat opini bersifat subjektif.
2. Kalimat opini bisa berisi tanggapan pada suatu peristiwa.
3. Kalimat opini menggunakan kata menurut saya, sepertinya, dan kata-kata sejenis itu.
4. Kalimat opini biasanya menggunakan kata-kata yang bersifat taksiran dan tidak akurat seperti kira-kira, lebih, sangat, bisa jadi, seharusnya, sebaiknya, dan kata-kata sejenisnya.

Perhatikan!

Contoh Penggalan Tajuk Rencana
Menyaksikan tayangan di youtube, hati kita menjadi terenyuh. Seorang anak perempuan berseragam putih merah menjerit-jerit di pojok ruangan, ditendangi, dan dipukuli bergantian oleh temannya, putra dan putri. Seminggu tidak ada reaksi. Sekolah baru bereaksi ketika peristiwa tersebut diunggah di youtube dan menjadi pembicaraan publik.

Reaksi spontan kita menjadi marah. Kita berharap masalahnya tidak hanya diselesaikan sebagai kasus pelanggaran dengan hanya memberikan sanksi administratif kepada sekolah dan guru yang kebetulan berada di sana. Selain upaya mencegah agar tidak terjadi di tempat lain, kasus ini juga perlu jadi kapstok pendekatan secara edukatif.

Seriusnya masalah ini terletak pada perilaku bully terhadap anak oleh sesama teman, berlangsung di lingkungan sekolah dan berlangsung di daerah yang relatif jauh dari potensi terjadi kekerasan seperti halnya di kota besar.

Kita menyampaikan saran-saran penanganan dalam ranah semangat edukatif. Perlu diberikan sanksi terhadap sekolah. Guru yang sedang bertugas saat kejadian berlangsung perlu ditegur atas kelalainnya. Para pelaku dan orang tua perlu dipanggil dan diingatkan. Agar tidak trauma, korban perlu didekati. Tujuan akhirnya adalah kuratif dan preventif, mencegah hal itu terjadi kembali dan tidak dianggap sebagai hal biasa.

Mari kita ulas!

Kalimat opini yang terdapat pada penggalan tajuk rencana di atas adalah sebagai berikut.
1. Menyaksikan tayangan di youtube, hati kita menjadi terenyuh. Seorang anak perempuan berseragam putih merah menjerit-jerit di pojok ruangan, ditendangi, dan dipukuli bergantian oleh temannya, putra dan putri.
2. Reaksi spontan kita menjadi marah. Kita berharap masalahnya tidak hanya diselesaikan sebagai kasus pelanggaran dengan hanya memberikan sanksi administratif kepada sekolah dan guru yang kebetulan berada di sana.
3. Selain upaya mencegah atau terjadi di tempat lain, kasus ini juga perlu jadi kapstok pendekatan secara edukatif.
4. Guru yang sedang bertugas saat kejadian berlangsung perlu ditegur atas kelalainnya.
5. Para pelaku dan orang tua perlu dipanggil dan diingatkan.
6. Agar tidak trauma, korban perlu didekati.
7. Tujuan akhirnya adalah kuratif dan preventif, mencegah hal itu terjadi kembali dan tidak dianggap sebagai hal biasa.

Poin Penting

Opini adalah kalimat yang berisi pendapat, saran, atau prediksi penulis terhadap peristiwa atau permasalahan yang sedang dibahas.

Kalimat Opini Pada Tajuk Rencana dan Editorial | lookadmin | 4.5