Close Klik 2x

Kalimat Fakta dalam Tajuk Rencana

Advertisement

Kalimat Fakta dalam Tajuk Rencana – Siswa mampu membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif.

Tujuan
Siswa dapat menentukan fakta pada tajuk rencana/editorial.

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari tentang karakteristik tajuk rencana/editorial. Karakteristik tajuk rencana/editorial perlu dikuasai untuk membedakan teks tajuk rencana/editorial dengan teks yang lain. Pada bagian ini kita akan membahas kalimat fakta pada tajuk rencana. Tajuk rencana umumnya mengandung dua jenis pernyataan penulis, yaitu pernyataan berisi fakta dan opini.

Pada dasarnya tajuk rencana merupakan penyajian pendapat penulis berdasarkan fakta. Secara umum fakta berarti hal, keadaan, peristiwa nyata, atau sesuatu yang benar-benar ada (terjadi). Informasi berdasarkan fakta disebut informasi faktual. Dalam tajuk rencana fakta diuraikan dalam kalimat berisi data autentik yang diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan.

Contoh Tajuk Rencana

Konsekuensi mewajibkan badan usaha untuk mengikuti asuransi kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional per 1 Januari 2015 adalah kesiapan layanan. Target pemerintah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun ini 168 juta peserta dengan 30 juta di antaranya adalah pekerja penerima upah (PPU). Saat ini sudah terdaftar 10 juta PPU terdiri dari pekerja swasta, pegawai negeri sipil, dan TNI/Polri.

Target 30 juta peserta PPU pada tahun ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membutuhkan tambahan 16.802 fasilitas kesehatan tingkat pertama dan 37.443 tempat tidur pada fasilitas kesehatan rujukan.

BPJS Kesehatan mengklaim ketersediaan tempat tidur seimbang dengan jumlah peserta. Namun, kenyataan pasien harus mengantre panjang di beberapa rumah sakit di daerah. Tambahan fasilitas kesehatan bukan hal yang mudah. Sumber fasilitas tambahan sebagian adalah rumah sakit swasta. Saat ini masih ada sebagian rumah sakit swasta yang belum mau menjadi peserta JKN dengan berbagai alasan, termasuk mengenai pembiayaan.

Mari kita ulas

Kalimat fakta yang terdapat pada kutipan tajuk rencana di atas.
1. Saat ini sudah terdaftar 10 juta PPU terdiri dari pekerja swasta, pegawai negeri sipil, dan TNI/Polri.
2. Saat ini masih ada sebagian rumah sakit swasta yang belum mau menjadi peserta JKN dengan berbagai alasan, termasuk mengenai pembiayaan.

Poin Penting

  1. Tajuk rencana merupakan tulisan yang berisi opini yang didukung oleh fakta.
  2. Tajuk rencana adalah tulisan yang dibuat oleh surat kabar berdasarkan isu hangat yang sedang terjadi di masyarakat.
  3. Secara umum fakta berarti hal, keadaan, peristiwa nyata, atau sesuatu yang benar-benar ada (terjadi).
Kalimat Fakta dalam Tajuk Rencana | lookadmin | 4.5