Close Klik 2x

Kalimat Bermakna Ganda

Advertisement

Kalimat Bermakna Ganda – A. Definisi Kalimat Bermakna Ganda

Adalah kalimat yang memenuhi ketentuan tata bahasa, tetapi masih menimbulkan tafsiran ganda. Kalimat bermakna ganda tidak termasuk kalimat yang efektif (Pusat Bahasa. 1994: 92). Disebut bermakna ganda sebab memiliki makna lain dari makna yang sesungguhnya. Kalimat seperti ini banyak digunakan masyarakat, sehingga apa bila kita tidak teliti, maka akan mengakibatkan salah dalam menafsirkannya. Di dalam bahasa resmi kalimat dengan makna ganda sangat dihindari, karena dapat merusak kaidah yang dimaksud. Kalimat bermakna ganda dapat muncul dalam pergaulan sehari-hari karena penggunakan bahasa dalam pergaulan tidak memperhatikan kaidah ketatabahasaan.

B. Contoh Soal Kalimat Bermakna Ganda

Penerimaan siswa baru mulai dibuka. Pengumuman penerimaan siswa baru sudah ditempel di tiap sekolah. Sebagai sekolah tujuan tentu banyak dikunjungi orang tua dan calon siswa baru.

Persyaratan administratif meliputi NEM asli, pas foto, kopi ijazah dan surat keterangan berbadan sehat dari puskesmas atau dokter. Setiap tahun biaya sekolah pasti naik, karena kegiatan sekolah memang memerlukan banyak biaya. Dan tentu saja keadaan ini dirasa memberatkan orang tua siswa, terutama yang berasal dari keluarga ekonomi menengah ke baah. Menurut informasi tahun ini SPP siswa baru dinaikkan.

Paragraf di atas yang memiliki kalimat bermakna ganda adalah…
A. Penerimaan siswa baru mulai dibuka.
B. Pengumuman penerimaan siswa baru sudah ditempel di tiap sekolah.
C. Persyaratan administratif meliputi NEM asli, pas foto, kopi ijazah dan surat keterangan berbadan sehat dari puskesmas atau dokter.
D. Setiap tahun biaya sekolah pasti naik.
E. Tahun ini SPP siswa baru dinaikkan.

Pembahasan :

Jawaban E benar, karena kalimat tersebut bermakna ganda. Kalimat di atas menerangkan siswa baru atau kata dinaikkan? Jika menerangkan siswa baru tanda hubung (-) bisa digunakan untuk menghindari salah tafsir, maka kalimatnya menjadi “Tahun ini SPP siswa-baru dinaikkan”.
Jika kata baru menerangkan dinaikkan, kalimat itu dapat diubah menjadi:
“SPP siswa baru tahun ini dinaikkan”.

Kalimat Bermakna Ganda | lookadmin | 4.5