Close Klik 2x

Kaitan Latar Cerpen dengan Realitas Sosial Masyarakat Terkini

Advertisement

Kaitan Latar Cerpen dengan Realitas Sosial Masyarakat Terkini – Siswa mampu menjelaskan dan mengaitkan latar cerpen dengan realitas sosial masyarakat terkini.

Di topik sebelumnya, kita sudah belajar menemukan latar dalam sebuah cerpen yang berupa latar tempat, latar waktu, latar suasana, dan latar sosial. Sekarang kita akan belajar mengaitkannya dengan realitas sosial masayarakat kita saat ini.

Cerpen

Cerpen merupakan kependekan dari cerita pendek. Seperti namanya, cerpen merupakan salah satu jenis prosa yang ceritanya terpusat pada satu tokoh dan satu waktu saja. Oleh sebab itu, kisah yang dihasilkan biasanya cukup singkat.

Simaklah sebuah cerpen berikut!

Latar dalam Cerpen

Latar adalah segala keterangan waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita. Keterangan tentang latar ini bisa disebutkan secara gamblang dalam cerita, tapi bisa juga disimpulkan dari keterangan-keterangan yang terdapat dalam cerpen tersebut.

Latar dapat dibagi menjadi empat unsur pokok, yaitu sebagai berikut.
1. Latar tempat, yaitu lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen.
2. Latar waktu, yaitu waktu terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen
3. Latar suasana, yaitu hal-hal yang turut menggambarkan kondisi yang diceritakan dalam cerpen.
4. Latar sosial, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat yang diceritakan dalam cerpen.

Mengaitkan Latar dalam Cerpen dengan Realitas Sosial

Pada dasarnya, cerpen dibuat oleh pengarangnya berdasarkan realitas sosial yang ada. Ada pun realitas ialah kenyataan yang terjadi di dalam kehidupan. Realitas sosial adalah kenyataan yang berhubungan dan terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Realitas sosial menggambarkan tentang adat-istiadat, tradisi, kebiasaan hidup, fenomena, pandangan hidup, keyakinan, serta cara berpikir dan bersikap masyarakat. Realitas sosial juga bisa mengangkat situasi sosial, seperti misalnya kaum bangsawan, kelas menengah, dan lain-lain. Dengan demikian, cerpen dapat menjadi cerminan dari realitas sosial masyarakat kita. Itu sebabnya, jika kamu membaca cerpen, kamu bisa belajar banyak hal tentang kehidupan masyarakat kita.

Untuk dapat menghubungkan latar dalam cerpen dengan realitas sosial di masyarakat, kamu terlebih dahulu harus membaca keseluruhan isi cerpen dengan baik dan seksama. Kamu harus mampu memahami berbagai unsur yang telah dipelajari sebelumnya, yaitu pesan, alur, tema, dan latar dalam cerpen. Setelah itu baru kamu bisa menghubungkannya dengan realitas sosial yang ada di masyarakat saat ini.

Sebagai contoh, dalam cerpen “Sepeda Ontel Warisan Kakek”, realitas sosial yang kita lihat adalah di zaman sekarang ini kebanyakan orang menilai atau menghakimi sesuatu hanya berdasarkan tampilan luarnya. Sepeda ontel yang sudah usang dan tua pun kerap dijadikan objek olok-olokan. Ini menunjukkan realitas masyarakat saat ini yang kebanyakan lebih mementingkan tampilan luar, dibandingkan hal-hal di baliknya. Sebaliknya, sosok ayah Dindin mencerminkan sedikit orang yang dapat menghargai nilai sejarah yang terdapat pada sepeda tua tersebut. Tanpa memperdulikan tampilannya yang telah ketinggalan zaman, ayah Dindin tetap menghargai barang tua tersebut dengan baik.

Poin Penting

  1. Cerpen biasanya dibuat berdasarkan realitas sosial yang ada. Realitas sosial adalah kenyataan yang berhubungan dan terjadi dalam kehidupan masyarakat.
  2. Cerpen dapat menjadi cerminan dari realitas sosial masyarakat kita.
  3. Realitas sosial yang diangkat bisa tentang adat-istiadat, tradisi, kebiasaan hidup, fenomena, pandangan hidup, keyakinan, serta cara berpikir dan bersikap masyarakat, juga situasi sosial seperti misalnya kaum bangsawan, kelas menengah, dan lain-lain.
  4. Untuk dapat menghubungkan latar dalam cerpen dengan realitas sosial di masyarakat, kita terlebih dahulu harus membaca keseluruhan isi cerpen dengan baik dan seksama.
Kaitan Latar Cerpen dengan Realitas Sosial Masyarakat Terkini | lookadmin | 4.5