Close Klik 2x

Jerman dan Coraknya Sebagai Sebuah Negara Maju

Advertisement

Jerman dan Coraknya Sebagai Sebuah Negara Maju – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui sekilas tentang Jerman dan coraknya sebagai sebuah negara maju.

JERMAN

Di mana letak Jerman secara astronomis ? Bagaimanakah sistem pemerintahannya ? Bagaimanakah corak perekonomian yang berkembang ? Berikut penjelasannya.

Jerman dikategorikan sebagai negara maju di dunia. Keunggulan negara ini diakui terutama di bidang teknologi dan pembangunan infrastruktur. Ras bangsa ini juga tercatat telah melakukan mobilisasi ke berbagai wilayah di zaman peradaban kuno dan terakulturasi dengan ras lain untuk membentuk ras baru. Sebagai contoh adalah bangsa Yunani Kuno yang merupakan ras turunan dari ras Arya yang berasal dari Jerman.

Di zaman modern, pasca Perang Dunia II, wilayah Jerman terbagi menjadi dua, yakni Jerman Barat yang dikuasai oleh tentara Sekutu dan Jerman Timur yang dikuasai Blok Timur. Pemisahan wilayah ini disimbolkan dengan pembangunan Tembok Berlin sebagai batas wilayah kedua tempat. Pada 3 Oktober 1990, kedua wilayah Jerman bersatu lagi yang ditandai dengan penghancuran Tembok Berlin setahun sebelumnya, tepatnya pada tanggal 9 November 1989.

Berikut berbagai aspek dari keberadaan Jerman :

1) GEOGRAFIS
Secara astronomis, Jerman terletak di 470 LU–560 LU dan 50 BT-150 BT. Wilayah Jerman sebgian besar adalah daratan, dengan hanya sebagian kecil wilayahnya merupakan laut terbuka. Jerman terletak di benua Eropa dimana bagian sebelah baratnya berbatasan dengan Belgia, Belanda, Luksemburg, dan Perancis. Sebelah Timur berbatasan dengan Polandia, Ceko dan Slovakia. Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Utara dan Laut Baltik, sementara sebelah selatannya berbatasan dengan Swiss dan Austria.
Relief alam Jerman terbagi atas tiga bagian. Di bagian utaranya didominasi dataran rendah yang sebagian besar adalah endapan atau pun pasir. Sementara di bagian tengah dan selatan adalah relief dataran tinggi atau pun kawasan pegunungan. Negara ini beriklim sedang, dengan adanya musim dingin yang dimulai pada bulan Januari.
Sebaran penduduk di daerah Jerman berasal dari banyak suku. Umumnya adalah percampuran ras asli Jerman dengan suku-suku lainnya.

2) EKONOMI
Perekonomian Jerman tidak didominasi oleh satu sektor saja. Sebagai negara maju, kegiatan pertanian juga masih banyak berlangsung di wilayah ini. Tanaman seperti gandum, kentang dan anggur adalah jenis tanaman yang sesuai ditanam dengan keadaan wilayah Jerman. Untuk bidang peternakan dan perikanan juga dilakukan, yang terpusat di beberapa daerah tertentu. Sektor industri Jerman cukup dikenal di dunia internasional. Industri besi bajanya menduduki peringkat 5 dunia, begitu juga dengan industri otomotifnya yang mengusung merek VW, Mercedes Benz, dan BMW.
Untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya dan ekspor, kegiatan pertambangan dilakukan pula di Jerman. Batu bara, timah, dan biji besi menjadi komoditas utama.

3) PEMERINTAHAN
Bentuk pemerintahan Jerman adalah Republik Federal. Kepala negaranya adalah Presiden, sementara Kanselir mengemban tugas sebagai Kepala Pemerintahan. Ibu kota negara adalah Berlin. Dalam kebijakan pemerintahannya, tercatat beberapa kerja sama yang dilakukan dengan Indonesia, antara lain :
• Pertukaran duta besar di masing-masing negara.
• Jerman pernah berpartisipasi dalam CGI (Consultative Group on Indonesia), yakni suatu lembaga yang beranggotakan negara-negara donor sebagai rekanan Indonesia dalam menanamkan investasi di berbagai sektor.
• Pertukaran pelajar dan kerja sama ilmu pengetahuan di berbagai lembaga penelitian.
• Ekspor dan impor di bidang perdagangan. Indonesia mengekspor beberapa komoditi tanaman keras, minyak bumi, dan gas alam. Sementara Indonesia mengimpor besi, baja, alat elektronika, pesawat terbang dan mobil dari Jerman.

RANGKUMAN

1) Jerman adalah salah satu negara maju di Benua Eropa.
2) Industri otomotif dan tambang adalah sektor ekonomi yang berkembang dengan pesat di negara Jerman.

 

Jerman dan Coraknya Sebagai Sebuah Negara Maju | lookadmin | 4.5