Close Klik 2x

Jenis-Jenis Tokoh dalam Novel

Advertisement

Jenis-Jenis Tokoh dalam Novel – Siswa mampu memahami jenis-jenis tokoh dalam novel

Membaca novel merupakan salah satu pilihan bijak dalam mengisi waktu luang. Pernahkah kalian membaca novel? Lalu, novel seperti apa yang sering kalian pilih untuk dibaca? Banyak remaja yang mulai menjadikan membaca novel. Biasanya novel yang dipilih adalah novel remaja. Novel remaja memang berbeda dengan novel lainnya karena dikategorikan khusus dan khas, baik dari masalah yang diangkat, bahasa yang digunakan, ataupun pengemasan ceritanya.

Selain karena alurnya menarik, ketika membaca sebuah novel, terkadang yang mudah diingat pembaca adalah tokoh dalam novel tersebut. Hal itu terjadi biasanya karena watak yang dimiliki sang tokoh yang membuat pembaca merasa tertarik, misalnya karena dia sosok pemuda tampan juga baik hati, seolah pria tersebut sempurna. Padahal, di sanalah letak imajinasi pengarang, tujuannya adalah agar pembaca tertarik. Namun, imajinasi pengarang tidak hanya menciptakan tokoh baik yang sempurna, tetapi juga terkadang dihadirkan sosok penjahat yang sempurna.

Pada kesempatan ini, kita akan mempelajari jenis-jenis tokoh dalam novel sehingga kita bisa mengetahui kedudukan tokoh yang kita kagumi. Jenis-jenis tokoh dalam karya fiksi adalah sebagai berikut.

1. Tokoh utama dan tokoh tambahan
Tokoh utama adalah tokoh sentral sebab keberadaannya sangat berpengaruh terhadap alur cerita (plot). Posisi tokoh utama bisa jadi sebagai orang yang menceritakan tokoh lainnya, atau bisa juga diceritakan secara sentral oleh pengarang. Jika tidak ada tokoh utama, otomatis tidak akan ada tokoh tambahan. Jadi, tokoh tambahan adalah tokoh-tokoh lain selain tokoh utama. Tokoh tambahan terdiri atas dua, yaitu tokoh pembantu dan tokoh figuran. Sebagai contoh bisa kita lihat dalam novel Laskar Pelangi. Ikal berperan sebagai tokoh utama, Ibu Muslimah berperan sebagai tokoh tambahan (tokoh pembantu), dan para peserta festival dari sekolah lain berperan sebagai tokoh tambahan (tokoh figuran)

2. Tokoh protagonis dan tokoh antagonis
Tokoh protagonis adalah tokoh yang biasanya difavoritkan oleh pembaca karena selalu melakukan hal baik, sedangkan tokoh antagonis sebaliknya sebab selalu melakukan perbuatan negatif atau selalu bertentangan dengan tokoh protagonis, misalnya tokoh Datuk Maringgih yang dianggap kejam dalam novel Siti Nurbaya.

3. Tokoh sederhana dan tokoh bulat
Tokoh sederhana biasanya digambarkan sebagai tokoh yang memiliki satu watak tertentu, sedangkan tokoh bulat adalah tokoh yang memiliki watak cukup kompleks.

4. Tokoh statis dan tokoh dinamis
Tokoh statis adalah tokoh yang tidak mengalami perubahan watak. Jika di awal cerita baik, sampai akhir cerita pun wataknya tetap baik. Berbeda dengan tokoh dinamis (tokoh berkembang) yang mengalami perubahan watak, baik dari jahat menjadi baik, maupun dari baik menjadi jahat. Semua itu tentu saja dipengaruhi oleh alur (plot).

5. Tokoh tipikal dan tokoh netral
Tokoh tipikal adalah tokoh yang sedikit sekali diceritakan keadaan individualnya karena lebih menonjolkan kualitas pekerjaan, kebangsaan, atau hal lain yang mewakilinya. Dengan kata lain, tokoh tipikal adalah tokoh yang digambarkan dalam kehidupan nyata, sedangkan tokoh netral adalah tokoh yang murni imajinatif, tidak ada kaitannya dengan tokoh di dunia nyata.

Poin Penting

Tokoh memiliki peran penting dalam sebuah karangan fiksi. Berikut adalah jenis-jenis tokoh dalam sebuah novel (karya fiksi).

  1. Tokoh utama dan tokoh tambahan
  2. Tokoh protagonis dan tokoh antagonis
  3. Tokoh sederhana dan tokoh bulat
  4. Tokoh statis dan tokoh dinamis
  5. Tokoh tipikal dan tokoh netral
Jenis-Jenis Tokoh dalam Novel | lookadmin | 4.5