Close Klik 2x

Jenis-Jenis Manajemen

Advertisement

Jenis-Jenis Manajemen – Manajemen sebagai seni mengelola organisasi memiliki beberapa jenis. Semuanya disesuaikan dengan jenis organisasi atau tujuan organisasi yang hendak dicapai. Apa saja jenis manajemen yang pernah ada dan digunakan di dunia? Berikut mari kita simak pembahasan mengenai jenis-jenis manajemen.

Manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.’

Berdasarkan perkembangannya, ada beberapa jenis manajemen yang pernah diterapkan dalam organisasi yaitu:

A. Berdasarkan Tingkatannya
Berdasarkan tingkat penjenjangannya ada beberapa jenis manajemen:
1. Manajemen Puncak
Top management (manajemen puncak) mempunyai ciri-ciri, yaitu:
a. Pemegang kebijaksanaan dalam suatu organisasi
b. Pemutusan terakhir merupakan bidangnya
c. Lebih banyak memiliki kecakapan keterampilan manajer
2. Middle management (manajemen menengah*)
Manajemen menengah merupakan media tempat transitnya informasi, instruksi dan sebagainya, dari atasan ke bawahan begitupun sebaliknya, Contohnya Kepala-kepala Direktorat, Direktur, Kepala Bagian.
3. Lower management (manajemen bawah)
Disebut juga dengan supervisory management atau operation management dengan ciri-cirinya sebagai berikut:
a. kemampuan mengenai tehnik yang bersangkut paut dengan organisasi
b. berhubungan langsung dengan pekerja dan lebih banyak memiliki keterampilan tehnik

B. Berdasarkan materi yang dibahas
1. Manajemen personil (personnel management) yaitu manajemen yang menitikberatkan perhatiannya kepada soal-soal kepegawaian atau personalia dalam sesuatu badan (organisasi) tertentu.
2. Manajemen finansial (financial management) yaitu manajemen yang mempersoalkan tentang urusan keuangan dalam suatu usaha kerjasama (organisasi).
3. Manajemen pendidikan (education management) yaitu manajemen yang menitik-beratkan perhatiannya kepada soal-soal pendidikan
4. Manajemen pemasaran (marketing management) yaitu manajemen yang titik persoalannya tentang pemasaran, perdagangan
5. Manajemen Perkantoran (office management) yaitu manajemen yang membahas masalah perkantoran atau manajemen yang penerapannya dalam suatu kantor.

C. Berdasarkan sistem pelaksanaannya
1. Manajemen tradisional. Adapun ciri-cirinya adalah:
a. Tidak sepenuhnya menghasilkan efisiensi produksi dan keharmonisan kerja. Terlebih bagi yang menganut sistem keturunan, sehingga menyebabkan menjadi segan karena tipe manajemen ini tidak membuka peluang orang non keturunan menjadi manajer.
b. Pengembangan manajemen dilakukan secara teoritis. Karena tipe pemilihan manajer berdasarkan keturunan sehingga tidak ada ruang untuk saran dan kritik bagi pimpinan.
c. Karyawan bertanggung jawab atas pekerjaan yang berulang. Dalam tipe manajemen ini, karyawan memiliki skill lebih sehingga memiliki tanggung jawab besar dari manajer atasannya. Hal ini terjadi jika manajer yang dipilih belum berpengalaman.

  1. Manajemen ilmiah (scientific management) dengan ciri-ciri:
    a. Menggunakan cara kerja keilmuan dan prinsip – prinsip keilmuan sebagai hasil percobaan dan penyelidikan yang ilmiah pula.
    b. Terdapat nasionalisasi yaitu bekerja berdasarkan perhitungan – perhitungan atau pemikiran yang cermat dan teliti, jadi meninggalkan cara kerja trial and error.
    c. Terdapat standarisasi yaitu bekerja berdasarkan ukuran – ukuran ( standar – standar ) tertentu, baik dalam cara kerja, waktu yang digunakan, maupun hasil produksi yang diharapkan.
    d. Terjadi peningkatan produktivitas sebagai hasil kerja yang efektif dan efisien .
    e. Cara kerja dan hasil kerjanya dapat mengikuti dan memenuhi tuntutan kebutuhan jaman yang makin meningkat.
  2. Manajemen terbuka (open management) dengan ciri-cirinya adalah mempunyai kontrol sosial dan partisipasi sosial yang besar sehingga masing-masing anggota organisasi memiliki tanggung jawab sosial dan dukungan atas tujuan organisasi.
  3. Manajemen tertutup dengan ciri-cirinya tidak ada control sosial, rahasia organisasi dipegang oleh beberapa orang saja.

D. Berdasarkan kedudukan dan penempatannya
1. Patrimonial management
Kedudukan yang strategis dan penting dalam organisasi diberikan kepada orang-orang berdasarkan hubungan keluarga.
2. Political management
Kedudukan yang strategis dan penting dalam organisasi diberikan kepada orang-orang berdasarkan partai politik tertentu.
3. Professional management
Kedudukan yang strategis dan penting dalam organisasi diberikan kepada orang-orang yang memiliki kecakapan lebih dan telah dibuktikan dengan pengalaman.

Jenis-Jenis Manajemen | lookadmin | 4.5