Isi Pantun dalam Kehidupan Sehari-Hari

Isi Pantun dalam Kehidupan Sehari-Hari – Siswa mampu memahami isi pantun dan memahami manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang sifatnya dinamis dan masih digunakan sampai sekarang. Pantun tidak hanya berjaya pada masanya, tetapi juga bertumbuh dan tetap menjadi salah satu jenis puisi lama yang digemari. Kegiatan berpantun pada masa sekarang mungkin sudah mengalami pergeseran, akan tetapi tetap masih digunakan. Salah satu contohnya adalah pantun-pantun yang digunakan pada acara pernikahan. Wakil dari calon mempelai laki-laki dan wakil dari calon mempelai perempuan akan berbalas pantun.

Selain pada acara pernikahan, pantun juga masih digunakan pada berbagai acara adat. Pantun sendiri sebenarnya dikenal di berbagai daerah di Indonesia, hanya saja nama untuk pantun di setiap daerahnya berbeda. Seperti di daerah Toraja dikenal dengan nama bolingoni, di Jawa Tengah dikenal dengan nama parikan, di Banyuwangi dikenal dengan nama gandrung, di Makasar dikenal dengan nama kelong-kelong, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Pantun

Pantun merupakan salah satu jenis puisi lama yang juga memiliki jenis-jenisnya tersendiri. Jenis-jenis dari pantun tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Pantun adat, merupakan jenis pantun yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan adat.
  2. Pantun budi, merupakan jenis pantun yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan sikap dan perilaku.
  3. Pantun agam, merupakan jenis pantun yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan agama dan ketuhanan.
  4. Pantun kepahlawanan, merupakan jenis pantun yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan pahlawan serta sikap kepahlawanan.
  5. Pantun kias, merupakan jenis pantun yang berisi hal-hal yang diungkapkan dengan kiasan.
  6. Pantun jenaka, merupakan jenis pantun yang berisi hal-hal yang penuh dengan kejenakaan.
  7. Pantun percintaan, merupakan jenis pantun yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan rasa kasih, rasa cinta, dan rasa sayang.
  8. Pantun nasihat, merupakan jenis pantun yang berisi berbagai nasihat baik untuk kehidupan.
  9. Pantun anak-anak, merupakan jenis pantun yang ditujukan untuk anak-anak dan berisi hal-hal yang disukai oleh anak.
  10. Pantun orang tua, merupakan jenis pantun yang juga disebut dengan pantun nasihat karena berisi nasihat atau petuah.
  11. Pantun orang muda atau pantun muda mudi, merupakan jenis pantun yang isinya tentang percintaan.
  12. Pantun teka-teki, merupakan jenis pantun yang berisi teka-teki.

Jenis-jenis pantun di atas berasal dari kehidupan dan pengalaman sehari-hari. Pantun-pantun tersebut lahir berdasarkan pengalaman sang pembuat pantun. Jelaslah bahwa pantun tersebut merupakan refleksi dari kehidupan masyarakat setempat di setiap bidang kehidupan. Pada acara hajatan, transaksi jual beli, obrolan sehari-hari, hingga nasihat orangtua kepada sang buah hati. Pada masa sekarang, meski tidak seintens dulu, pantun masih digunakan terutama pada acara pernikahan.

Pantun bukan sekadar sebagai karya sastra atau puisi lama, tetapi juga memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah pantun-pantun yang banyak digunakan dalam acara adat dan pernikahan.

Manfaat lainnya secara langsung yaitu, pantun bisa menjadi sebuah gagasan atau pengarah bagi orang-orang untuk bersikap baik, ramah, dan menghargai orang lain. Pantun dengan berbagai nasihat baik di dalamnya terutama bisa didapatkan dari pantun orang tua atau pantun nasihat, pantun agama, pantun budi, pantun kepahlawanan.

Mari Menelaah Isi Pantun dalam Kehidupan Sehari-hari

Perhatikan pantun di bawah ini!

Ikan di laut sapi di darat
Sayur dan buah ada di panci
Tak ada mau hidup melarat
Pergi bekerja senanglah hati

Pantun di atas berisi tentang ketidakinginan akan hidup yang melarat. Hidup yang serbakekurangan dalam kemiskinan. Tidak ada seorang pun yang mau hidup melarat. Dalam kehidupan sehari-hari pun demikian. Tidak ada seorang pun yang ingin hidup melarat dan miskin. Semua pasti ingin hidup secara berkecukupan dan layak. Karena itu, agar keinginan tercapai dan hidup secara layak, kita harus bekerja dan berusaha agar kehidupan jauh dari kekurangan.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia mana pun tidak ada yang ingin hidup dalam kemelaratan. Kita semua ingin hidup serbaberkecukupan. Dan, kita juga dapat melihat bahwa setiap manusia yang sungguh-sungguh bekerja dan berusaha, hidupnya jauh dari kemelaratan.

Poin Penting

  1. Pantun memiliki manfaat dalam kehidupan kita. Misalnya dalam acara pernikahan, memberikan nasihat, memberikan hiburan/candaan.
  2. Isi pantun sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pantun merupakan refleksi dari kehidupan kita.
Isi Pantun dalam Kehidupan Sehari-Hari | lookadmin | 4.5