Close Klik 2x

Ikatan Kovalen Koordinasi

Advertisement

Ikatan Kovalen Koordinasi – Pada topik sebelumnya, kita telah mempelajari ikatan kovalen. Dalam topik ini, kalian akan mempelajari ikatan kovalen koordinasi.

Mari kita ingat kembali ikatan kovalen sebelum masuk ke topik ikatan kovalen koordinasi.

Ikatan Kovalen Koordinasi

1.Ikatan Kovalen
Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena penggunaan bersama pasangan elektron. Pada ikatan kovalen, elektron yang dipakai bersama bersumber dari kedua atom yang berikatan.

Berbeda dengan ikatan ion, ikatan kovalen terjadi antaratom nonlogam dengan atom nonlogam, sementara pada ikatan ion terjadi antar atom logam dengan atom nonlogam. Untuk mengingat ikatan kovalen, perhatikan contoh berikut.

Contoh:
Ikatan antara atom H (non logam) dengan atom Cl (non logam) membentuk HCl.

Pada contoh di atas, kita melihat bahwa sumber elektron yang dipakai bersama berasal dari atom H dan atom Cl.

2.Ikatan Kovalen Koordinasi (Dativ)
Ikatan kovalen koordinasi merupakan jenis ikatan kovalen, dimana pasangan elektron yang dipakai bersama bersumber dari salah satu atom. Dibandingkan dengan ikatan kovalen polar, umumnya ikatan kovalen koordinasi mempunyai titik didih dan titik beku yang lebih rendah. Hal ini disebabkan kekuatan ikatan kovalen koordinasi lebih rendah dibanding ikatan kovalen polar biasa.

Dalam penggambaran strukturnya, ikatan kovalen koordinasi dinyatakan dengan garis panah dari atom penyumbang ke atom penerima.
Untuk lebih memahami topik ini, mari perhatikan contoh-contoh berikut.
Contoh 1
Ikatan kovalen koordinasi dalam ion NH4+

Pada contoh di atas, molekul amonia (NH3 ) adalah molekul netral, dimana atom N mempunyai sepasang elektron bebas yang dipakai bersama dengan ion hidrogen, H+. Ikatan ini menghasilkan ion amonium yang bermuatan positif (NH4+).

Ikatan Kovalen Koordinasi | lookadmin | 4.5