Close Klik 2x

Identifikasi Pokok-Pokok Cerita dalam Cerpen

Advertisement

Identifikasi Pokok-Pokok Cerita dalam Cerpen – Siswa dapat mengidentifikasi pokok-pokok cerita dalam cerpen untuk dijadikan bahan menulis naskah drama

Kalian tentu pernah membaca cerpen, kan? Cerita yang tidak terlalu panjang itu dapat kalian mengerti bahkan sampai bisa kalian bayangkan kejadiannya ketika kalian membacanya. Ketika membaca cerpen kalian akan menemui peristiwa demi peristiwa yang terangkai membentuk cerita. Baik itu cerita bahagia, duka, petualangan, sejarah, atau jenis cerita lainnya. Nah, topik kali ini akan mengajak kalian untuk mencari pokok-pokok cerita dalam cerpen.

Cerpen dibangun oleh pokok-pokok cerita yang tergambar dalam alur. Alur itu dimulai dari pembukaan sampai dengan penutup. Berikut ini adalah tahap-tahap alur cerita dalam cerpen.

1. Perkenalan Keadaan atau Pengantar
Pada tahap ini, alur berisi perkenalan cerita. Perkenalan ini bisa dimulai dengan memperkenalkan tokoh, suasana, jalan pikiran tokoh atau apa pun. Hal yang penting pada tahap perkenalan keadaan ini adalah cerita belum memiliki masalah.

2. Penampilan Masalah atau Konflik
Pada tahap alur ini, pembaca diajak pada ketegangan permulaan. Ketegangan ini bisa terjadi antara tokoh dengan dirinya atau tokoh dengan suasana, atau tokoh dengan tokoh lainnya.

3. Puncak Ketegangan atau Klimaks
Pada tahap ini berisi bagian cerita yang merupakan puncak ketegangan. Di sini pembaca akan merasakan puncak pertentangan.

4. Penurunan Ketegangan atau Antiklimaks
Pada tahap ini, cerita berangsunr-angsur ke arah penyelesaian.

5. Penyelesaian atau Resolusi
Pada tahap ini berisi bagian cerita yang melonggar ketegangannya untuk kemudian masalah menjadi selesai. Perlu diingat selesainya masalah bisa bahagia atau sedih atau diakhiri dengan perenungan tokoh dari kejadian yang dia alami.

Menentukan Pokok Cerita
Setelah mengenal tahapan alur dalam cerita, kalian akan mudah menentukan pokok-pokok cerita dalam cerpen tesebut. Pokok cerita bisa kalian tuliskan dalam kalimat yang singkat berupa sinopsis setiap tahapan.

Perhatikan Contoh

Kutipan cerpen di atas adalah bagian tahap pengenalan. Pokok cerita yang dapat kita buat dari tahap alur tersebut adalah sebagai berikut.

Di kelasku, ada siswi bernama April yang memiliki rambut terpanjang dan memiliki kebiasaan mudah panik yang meresahkan teman-teman sekelas.

Bagaimana? Kalian sudah bisa, kan, menentukan pokok-pokok cerita dalam cerpen. Jika belum yakin, latihan selanjutnya akan menambah keterampilan kalian dalam menentukan pokok cerita tersebut.

Poin Penting

Dalam menentukan pokok-pokok cerita kalian bisa melakukan cara berikut ini.

  1. Bagi cerpen ke dalam tahapan-tahapan alur.
  2. Buatlah ringkasan cerita pada setiap tahapan alur tersebut sehingga menjadi kalimat yang berisi pokok ceritanya saja.
Identifikasi Pokok-Pokok Cerita dalam Cerpen | lookadmin | 4.5