Identifikasi Masalah dari Berbagai Sumber

Identifikasi Masalah dari Berbagai Sumber – Siswa dapat mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai artikel atau buku).

Dalam pelajaran kali ini, kalian akan berlatih mengidentifikasi masalah dari berbagai sumber seperti artikel, buku, berita, atau sumber lainya. Tujuannya adalah agar kalian dapat mendiskusikan masalah yang ada dalam berbagai sumber.

Kalian pasti pernah membaca artikel atau berita. Dalam artikel atau berita tersebut tentu ada suatu permasalahan yang dibahas. Pernahkah kalian mendiskusikan masalah yang ada dalam artikel atau berita tersebut bersama teman? Jika pernah, dapatkah kalian menemukan solusinya?

Sebelum mendiskusikan suatu masalah dalam artikel atau berita, tentu kalian harus mengidentifikasi dulu masalah yang ada dalam artikel atau berita tersebut. Tahukah kalian apa itu identifikasi masalah? Identifikasi masalah bisa diartikan sebagai suatu cara bagaimana kalian menduga, melihat, memperkirakan, serta menjelaskan apa yang menjadi masalahnya. Sementara masalah adalah sesuatu yang harus dicari jalan keluarnya. Untuk menemukan jalan keluar dari suatu masalah, harus dilakukan diskusi.

Diskusi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan solusi atas suatu permasalahan. Diskusi ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Dalam berdiskusi, peserta diskusi harus berperan aktif mengemukakan tanggapan, komentar, pertanyaan, persetujuan, atau sanggahan. Hal ini dilakukan agar tujuan diskusi bisa tercapai.

Sebuah masalah yang ada dalam sumber akan menarik perhatian peserta jika masalah tersebut sedang hangat di masyarakat, mengundang perdebatan, dan bermanfaat. Dengan begitu, peserta akan tertarik mengikuti jalannya diskusi secara aktif. Sementara untuk pemecahan masalah bisa dilakukan dengan mengidentifikasi masalah, membicarakan penyebab munculnya masalah tersebut, menentukan tujuan dilakukannya diskusi, membicarakan berbagai kemungkinan solusinya, serta merumuskan kesimpulan sebagai solusi yang terbaik.

Lantas, bagaimana cara untuk mengidentifikasi masalah? Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengidentifikasi masalah dalam artikel atau berita.

Jurus mengidentifikasi masalah

• Bacalah dengan cermat teks artikel atau berita.
• Temukan apa yang menjadi ide pokok dari setiap paragrafnya.
• Buat simpulan berdasarkan ide-ide pokok tersebut
• Tentukan masalah apa yang tengah dibahas dalam artikel atau berita tersebut.

Perhatikan kutipan artikel berikut.

Hingga saat ini dunia pendidikan di Indonesia masih carut-marut. Belum juga selesai masalah yang satu, sudah muncul masalah lainnya. Masalah pendidikan tidak hanya berasal dari sarana prasarana tapi juga kualitas tenaga pengajar, kesejahteraan tenaga pengajar, dan berbagai faktor lain yang menyebabkan kualitas pendidikan di Indonesia masih kurang memuaskan.

Kurangnya anggaran untuk pendidikan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab dari masalah pendidikan ini. Padahal, anggaran yang dialokasikan tidaklah sedikit, bahkan mencapai hingga triliunan rupiah. Namun, angka tersebut ternyata belum juga cukup untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Berdasarkan contoh teks di atas, ide pokok yang terdapat dalam paragraf pertama adalah pendidikan di Indonesia masih carut-marut. Sementara ide pokok dalam paragraf kedua yaitu masalah anggaran pendidikan yang kurang mencukupi. Dari kedua ide pokok tersebut bisa diidentifikasi bahwa masalah dalam artikel di atas adalah masalah pendidikan di Indonesia yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya anggaran pendidikan.

Setelah diidentifikasi masalah dari artikel atau berita, barulah kalian bisa melakukan diskusi tentang masalah tersebut hingga didapatkan solusi yang terbaik untuk masalah tersebut. Untuk bisa mendapatkan berbagai kemungkinan pemecahan masalah, kalian harus mencari berbagai referensi dari sumber lain, baik itu dari buku, makalah, artikel, jurnal, atau sumber lainnya.

Poin Penting

• Mengidentifikasi masalah bisa dilakukan dengan menentukan ide pokok kemudian menyimpulkan masalah yang tengah dibahas dalam artikel atau berita.
• Agar peserta diskusi tertarik, pilih masalah yang sedang hangat dibicarakan, bermanfaat, dan mengundang perdebatan.
• Diskusi bertujuan untuk menemukan solusi yang terbaik terhadap suatu permasalahan.

Identifikasi Masalah dari Berbagai Sumber | lookadmin | 4.5