Close Klik 2x

Identifikasi Isi Cerpen

Advertisement

Identifikasi Isi Cerpen – Siswa mampu mengidentifikasi isi cerpen.

Apakah kamu senang membaca cerpen? Cerpen biasanya dapat dibaca di majalah, koran, atau antologi cerpen. Cerpen yang dimuat di media massa berarti cerpen tersebut layak untuk diterbitkan dan dibaca oleh khalayak umum. Salah satu cirinya, cerpen tersebut memiliki cerita yang menarik untuk dibaca. Cerpen yang menarik di antaranya dapat dilihat dari isi ceritanya. Oleh karena itu, kamu perlu memahami isi cerpen sebelum dapat menilainya. Apa saja isi cerpen yang perlu diketahui? Berikut pembahasan isi cerpen dan langkah-langkah mengidentifikasinya.

Cerita pendek (cerpen) adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Karakteristik cerpen antara lain: panjangnya tidak lebih dari 10.000 kata, alur tunggal dan lurus, serta konflik yang dialami tokoh lebih sederhana daripada novel dan tidak menimbulkan perubahan nasib tokoh.

Sebagai suatu karya sastra, cerpen memiliki unsur-unsur yang membangun cerita secara keseluruhan dari dalam cerpen itu sendiri. Unsur tersebut disebut dengan unsur intrinsik. Unsur-unsur intrinsik cerpen yaitu sebagai berikut.

  1. Tema, yaitu ide pokok yang mendasari cerita dalam cerpen;
  2. Amanat, yaitu pesan moral yang ingin disampaikan penulis cerpen kepada pembaca;
  3. Plot atau alur, yaitu rangkaian cerita atau peristiwa dalam sebuah drama;
  4. Tokoh dan penokohan. Tokoh adalah karakter dalam cerpen, sedangkan penokohan adalah gambaran karakter atau watak masing-masing tokoh;
  5. Latar, yaitu keterangan tempat, waktu, dan suasana yang mendasari terjadinya peristiwa dalam cerpen. Sesuai definisinya, latar terdiri atas latar tempat, waktu, dan suasana;
  6. Sudut pandang, yaitu cara pencerita menceritakan isi cerpen.

Selain unsur intrinsik, suatu cerpen juga terdiri atas unsur-unsur yang membangun keseluruhan cerita dari luar cerpen. Unsur tersebut lazim disebut unsur ekstrinsik. Unsur ekstrinsik cerpen di antaranya nilai-nilai moral, agama, sejarah, budaya, dan aspek-aspek lain yang mempengaruhi cerita dalam cerpen.

Unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik merupakan unsur pokok yang harus dipahami saat membaca cerpen. Dengan memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik, pembaca akan mampu mengidentifikasi isi cerpen secara keseluruhan, terutama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Isi cerpen dapat berupa tema keseluruhan cerita, amanat atau pelajaran yang dapat diambil, peristiwa yang terjadi, hingga nilai-nilai yang melandasai cerpen tersebut.

Secara umum, langkah-langkah mengidentifikasi isi cerpen adalah sebagai berikut.

  1. Membaca cerpen dengan cermat dan saksama;
  2. Menganalisis dan mencatat unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen;
  3. Menentukan isi cerpen berdasarkan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang telah dianalisis.

Perhatikan Contoh

Sebagai contoh, bacalah cerpen berikut dengan saksama lalu identifikasi isinya!


Setelah membaca cerpen di atas, kita perlu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen tersebut terlebih dahulu. Setelah dilakukan analisis, maka dapat diketahui bahwa isi cerpen tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Tema cerpen tersebut adalah menghilangnya Mbah Tejo setelah ditinggalkan oleh istrinya;

2. Peristiwa yang terjadi di dalam cerpen tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mbah Tejo meratapi jenazah istrinya seorang diri di gubuknya;
  • Warga kebingungan saat membantu penguburan istri Mbah Tejo karena di kampung itu hanya Mbah Tejo yang biasa menggali kubur;
  • Seorang guru agama (ustad) di Kampung Busur hanya ingin bertugas membaca doa dan tidak mau melakukan pekerjaan lain;
  • Mbah Tejo pergi entah ke mana setelah proses penguburan selesai.

3. Berdasarkan unsur intrinsiknya, cerpen tersebut memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seperti kehidupan seorang tukang gali kubur, sepasang kakek-nenek yang hidup sebatang kara di usia tuanya, dan masalah yang biasa terjadi saat terjadi peristiwa kematian di sebuah kampung. Selain itu, berdasarkan latar dan tokoh-tokoh, kemungkinan cerita terjadi di daerah Jawa.

Poin Penting

  1. Cerita pendek (cerpen) adalah karangan pendek berbentuk prosa yang panjangnya tidak lebih dari 10.000 kata.
  2. Cerpen terdiri atas unsur-unsur pembangun cerita yang disebut dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik membangun cerita dari dalam cerpen itu sendiri, sedangkan unsur ekstrinsik membangun cerita dari luar.
  3. Mengidentifikasi isi cerpen dapat dilakukan setelah memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen tersebut.
Identifikasi Isi Cerpen | lookadmin | 4.5