Hubungan Waktu dengan Perubahan Sifat Organisme

Hubungan Waktu dengan Perubahan Sifat Organisme – Adik-adik, pada topik-topik sebelumnya, kalian telah banyak belajar tentang materi evolusi. Apakah kalian masih mengingatnya? Pemahaman kalian pada materi tersebut akan sangat membantu kalian dalam mempelajari topik ini, yaitu tentang hubungan waktu dengan perubahan sifat organisme. Sudah siapkah kalian untuk mempelajarinya? Yuk kita simak bersama-sama.

Evolusi terjadi dalam rentang waktu yang lama. Kalian tidak bisa melihat proses evolusi hanya dalam waktu setahun atau dua tahun saja. Diperlukan puluhan, ratusan, bahkan ribuan tahun untuk bisa menyimpulkan suatu teori evolusi. Mengapa dibutuhkan waktu yang lama? Mari kita perhatikan analogi berikut ini.

        Saat pertama kali kalian masuk SMP, kalian pasti kaget. Pekerjaan rumah yang banyak, guru-guru yang tak seperhatian guru di SD, teman-teman yang tak peduli dengan kalian, ulangan yang sering mendadak, bangun tidur harus lebih pagi karena sekolahnya jauh, teman-teman yang lebih pintar, kakak-kakak senior yang galak, dan semua hal baru di SMP membuat kalian stres dan ingin kembali ke masa SD. Akan tetapi, kalian tidak bisa bukan? Kalian harus melewati itu semua.

        Awalnya, keadaan seperti itu memang sangatlah berat. Namun, secara perlahan-lahan, kalian pasti bisa menyikapinya. Pada akhirnya, kalian betah, kalian punya banyak teman, dan kalian bisa menguasai keadaan.

        Saat masuk SMA pun tak jauh berbeda. Bisa jadi keadaannya lebih sulit, persaingan semakin keras. Jika kalian lengah, kalian bisa tertinggal. Sama halnya seperti waktu SMP, semua akan susah di awal waktu saja. Ketika sudah berjalan beberapa lama, semua menjadi menyenangkan. Kalian bisa menyesuaikan diri dan akhirnya kalian menjadi betah. Bahkan, kalian bisa menjadi juara kelas di sekolah yang baru. Benar bukan?

        Nah, kehidupan juga seperti itu. Selalu ada dinamika yang menyertainya. Makhluk hidup tidak bisa diam saja. Banyak sekali perubahan di dalamnya. Baik yang berasal dari alam, makhluk hidup lain, atau bahkan dari dalam diri makhluk hidup itu sendiri.

Dalam kehidupan, makhluk hidup dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan segala perubahan. Cuaca yang sering berubah-ubah, pemangsa yang semakin bertambah banyak, ketersediaan sumber makanan yang semakin sedikit, hingga bencana alam membuat makhluk hidup harus pandai beradaptasi. Jika mampu, dia akan terus bertahan. Jika tidak, dia akan hilang ditelan zaman.

Penyesuaian diri terhadap dinamika kehidupan mungkin tidak terlalu banyak mengubah sifat makhluk hidup jika dilihat dalam waktu yang sebentar. Akan tetapi, dalam waktu yang lama, perubahan sifat bahkan perubahan tubuh (morfologi, fisiologi, dan behavioral) akan terlihat nyata. Semua menjadi bukti dari adanya evolusi melalui mekanisme adaptasi.

Coba saja lihat bagan filogeni kuda yang mengalami perubahan struktur tubuh dari masa ke masa. Hal itu dilakukan untuk beradaptasi dengan zaman yang ada. Jika kuda tak bisa beradaptasi, kita mungkin tak mengenal kuda saat ini. Sebab kuda punah dengan sendirinya. Semua makhluk hidup melakukannya. Makhluk hidup yang ada sekarang adalah makhluk hidup yang lulus dari seleksi alam melalui kemampuannya beradaptasi dengan zaman dan dinamika kehidupan. Termasuk juga dengan manusia.

Bagaimana, siapkah dengan perubahan yang akan terjadi pada diri kalian? Jangan mudah menyerah. Hewan dan tumbuhan saja bisa berubah dan menyesuaikan diri dengan perubahan, masa kalian manusia yang berakal tidak bisa? Yuk kita siapkan jiwa pemenang untuk masa depan yang lebih cemerlang.

Sekarang kalian telah paham mengenai hubungan waktu dengan perubahan sifat organisme bukan? Agar pemahaman kalian bertambah, yuk kerjakan soal-sal latihan yang ada.

Hubungan Waktu dengan Perubahan Sifat Organisme | lookadmin | 4.5