Hal yang Menarik dan Istimewa dari Tokoh dalam Teks Biografi

Hal yang Menarik dan Istimewa dari Tokoh dalam Teks Biografi – Siswa mengungkapkan hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh.

Tujuan
Siswa dapat menemukan hal yang menarik dan istimewa dari tokoh dalam teks biografi.

Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda. Dalam kenyataannya, bisa saja seseorang mengalami masalah yang sama tetapi cara menghadapi masalahnya secara berbeda. Setiap diri manusia memiliki hal yang istimewa dalam menghadapi setiap masalahnya dan mencapai kesuksesannnya. Saat kita mengalami suatu masalah, kita dapat menganggap hal tersebut adalah hal yang sulit. Namun, kita perlu sesekali melihat dan memahami keadaan orang lain. Bisa saja keadaan kita masih lebih baik jika dibandingkan dengan orang lain yang keadaannya jauh lebih sulit. Selain itu, perjalanan hidup seseorang dapat menjadi hal yang menarik untuk kita. Hal menarik tersebut bukan untuk menyenangkan diri kita tetapi memotivasi diri kita agar lebih baik dan mensyukuri hal yang kita miliki saat ini.

Pada topik ini, kalian belajar tentang hal menarik dan istimewa dari tokoh yang kalian temukan dalam biografi. Banyak tokoh yang kalian kenal terutama pada topik sebelumnya, yang membahas keteladanan tokoh dalam teks biografi. Hal menarik dan istimewa yang akan kalian temukan dalam diri tokoh tersebut adalah menjadikan perjalanan hidup mereka sebagai motivasi. Hal yang tidak mungkin adalah hal yang memang tidak diusahakan. Kekurangan yang kita miliki dapat menjadi hal yang menghasilkan kemungkinan yang luar biasa.

Sebelum memahami hal tersebut, bacalah biografi singkat dari ilmuwan Indonesia bernama Vennetia Ryckerens Danes

Vennetia Ryckerens Danes dilahirkan di Manado, pada 27 Maret 1962. Ilmuwan asal Indonesia ini menyimpan potensi besar sebagai peneliti berkelas dunia. Vennetia menggunakan alat atau teknologi patch clamping, temuan dari Prof Bert Sakmann dan Prof Erwin Neher untuk meneliti sel-sel jantung. Alat itu pula yang digunakan oleh Vennetia untuk meneliti sel-sel jantung.

Vennetia hampir frustasi ketika berbulan-bulan di laboratorium ia tidak menemukan apa-apa, padahal teknologi tersebut sudah menghasilkan Nobel Kedokteran dari Max Plank Institute (Jerman) bagi penemunya yang telah berhasil meneliti sel-sel saraf guna mendapatkan solusi atas penyakit epilepsi. Namun, perempuan yang sudah memublikasikan 10 jurnal ilmiah internasional ini pun pantang menyerah. Vennetia yang dibantu dengan bimbingan Bert Sakmann akhirnya berhasil memecahkan persoalan yang dihadapinya.

Melalui patch clamping, aktivitas ion yang masuk keluar pada sel saraf neuron pada penderita epilepsi bisa diukur. Penemuan teknik itu telah membawa revolusi sangat berarti di bidang kedokteran, khususnya di bidang sel, molekul, dan elektrofisiologi. Teknik tersebut mampu mengukur voltase, aliran listrik, dan aplikasi molekuler lainnya terhadap sel mulai dari ujung rambut sampai ujung kuku, dan sel jantung. Melalui teknologi itu pula, Vennetia berhasil melahirkan terobosan baru dalam penelitian bidang molecular dan cellular cardiology yang kemudian mengantarkannya menemukan channel baru penyebab lain pembesaran dan kegagalan jantung (100 Great Woman, 2010: 133-134).

Setelah membaca biografi singkat Vennetia tersebut, apakah kalian menemukan hal menarik dan istimewa? Apakah hal tersebut?

Inilah hal istimewa dari tokoh di atas

Seorang ilmuwan Indonesia mampu melakukan terobosan dalam dunia kedokteran. Terobosannya dapat dimanfaatkan untuk memahami pembesaran dan kegagalan jantung. Sebagai anak bangsa, hal ini adalah hal yang istimewa bukan?

Selain membawa nama diri, bangsa Indonesia turut bangga dengan prestasi Vennetia sebagai seorang dokter dan meraih kesuksesannya dengan kerja keras yang tanpa henti. Karena penelitiannya, ia bekerja sama dengan puluhan profesor kenamaan dunia. Hal ini menjadi pengalaman menarik dan menunjukkan bahwa dengan dedikasi tinggi dan kemauan yang keras kita dapat mendapatkan hal yang luar biasa.

Vennetia menjadi salah satu orang dari jutaan orang yang mampu sukses dengan kerja kerasnya. Hal yang penting adalah jangan menyerah sekalipun kita memiliki kekurangan fisik atau mental, karena selalu ada jalan untuk sukses dan mendapatkan hal yang diinginkan. Oleh sebab itu, selama waktu dan kesempatan ada kita dapat menggunakannya dengan baik untuk mendapatkan kesuksesan.

Poin Penting

  1. Banyak hal yang menarik dan istimewa yang kita dapatkan dari perjalanan hidup seseorang, salah satunya tokoh dalam teks biografi.
  2. Biografi yang mengisahkan riwayat hidup seseorang tersebut dapat dijadikan bahan pemahaman tentang keadaan seseorang.
  3. Selain itu, hal menarik dan istimewa tokoh dapat dimanfaatkan sebagai hal positif atau motivasi bagi kita.
Hal yang Menarik dan Istimewa dari Tokoh dalam Teks Biografi | lookadmin | 4.5