Close Klik 2x

Gerak Melingkar Beraturan

Advertisement

Gerak Melingkar Beraturan – Karaketeristik dari objek yang bergerak melingkar beraturan. Setiap objek yang bergerak pada suatu jalur melingkar dengan kecepatan tetap dapat disebut sebagai objek yang bergerak melingkar beraturan.

. Contoh objek yang bergerak melingkar beraturan adalah satelit yang mengorbit mengelilingi bumi, gerakan bumi mengelilingi matahari, dan gerakan detik dalam jam.

Gerak Melingkar Beraturan

Gerak Melingkar Beraturan

Objek yang bergerak dalam gerak melingkar beraturan diatur oleh 3 karakter yaitu; kecepatan tetap, percepatan, dan gaya akhir. 

 Kecepatan Tetap: Suatu objek yang bergerak pada gerak melingkar beraturan akan berputar dengan jarak tempuh linear yang sama pada setiap lingkarannya. Ketika bergerak dalam jalur melingkar, garis batas lingkaran atau kelilingnya menjadi jarak yang ditempuh oleh objek. 

Sebagai contoh:

Bila seorang atlit hendak berlari mengelilingi suatu rute lingkaran dengan kecepatan 10 km/jam, maka dia akan berlari dalam lingkaran sejauh 10 km selama 1 jam.  Pada kecepatan beraturan 10 km/jam ini, setiap lingkaran sejauh 10 km membutuhkan waktu tempuh selama 60 menit (1 jam). 

 Hubungan antara keliling lingkaran, waktu tempuh yang diperlukan, dan kecepatan objek merupakan pendalaman dari persamaan dasar:

kecepatan =jarak / waktu atau v = d/t

dan dengan jarak yang digantikan oleh keliling, maka persamaannya berubah menjadi:

kecepatan=sirkuit / waktu

Perlu diingat, bahwa keliling dapat ditemukan dengan menggunakan persamaan:

keliling = 2 x pi x jarak

dimana

pi = 3.14

jarak = d/2 (diameter /2)

Karena itu, kecepatan objek dalam gerak melingkar beraturan adalah:

kecepatan =  (2 x 3.14 x jarak) / waktu

Percepatan:Percepatan adalah jumlah vektor yang memiliki kecepatan dan arah. Perubahan pada salah satu faktor tersebut akan mempengaruhi percepatan objek. Karena kita telah paham bahwa suatu objek dalam gerak melingkar beraturan bergerak dengan kecepatan yang tetap, maka adalah wajar bila terjadi perubahan pada objek, maka perubahannya akan berkaitan dengan arah geraknya.

Percepatan objek yang bergerak dalam gerak melingkar beraturan berkaitan dengan perubahan arah gerak objek, yang bisa digambarkan dengan persamaan sebagai berikut:

percepatan = (perubahan kecepatan) / waktu

                 = (Vf-Vi) / t

dimana

Vf = kecepatan akhir

Vi = kecepatan awal

t = waktu

Gaya Akhir: Gaya Akhir adalah gaya yang diarahkan ke tengah lingkaran, dan berlaku atas objek yang bergerak melingkar beraturan. Gaya ini disebut gaya Sentripetal. Gaya ini adalah gaya yang bergerak ke dalam, yang tanpa adanya gaya ini, suatu objek hanya akan bergerak lurus.

Menurut hukum kedua Newton tentang Gerak, ketika gaya akhir yang bergerak ke dalam ini diarahkan tegak lurus pada kecepatan vektor, maka objek akan berubah arah, dan akan menerapkan percepatan yang juga ke dalam.

Gaya = mV2/r

dimana

m = massa dalam kg

V = berat kecepatan (kecepatan) in m/detik

r = jarak dalam m

Itulah artikel Gerak Melingkar Beraturan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Gerak Melingkar Beraturan | lookadmin | 4.5