Close Klik 2x

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Advertisement

Gerak Lurus Berubah Beraturan – Pada topik sebelumnya kalian telah mempelajari tentang pengertian gerak lurus beraturan (GLB) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan yang lurus dimana pada setiap selang waktu yang sama, benda tersebut menempuh jarak yang sama (gerak suatu benda pada lintasan yang lurus dengan kelajuan tetap).

Pada topik ini, kalian akan mempelajari gerak lurus berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan lurus dan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap sekonnya atau mengalami percepatan tetap. Pada definisi tersebut terdapat istilah percepatan. Apakah yang dimaksud percepatan? Percepatan didefinisikan perubahan kecepatan tiap satuan waktu. Biasanya menggunakan simbol (a ) dan dapat dituliskan secara matematis sebagai berikut.

a=ΔvΔt=vtv0t

Keterangan:
a  = percepatan (m/s2);
v0  = kecepatan mula-mula (m/s);
vt  = kecepatan akhir (m/s); dan
Δt  = waktu (s).

Topik tentang percepatan secara mendetail akan kita bahas pada topik berikutnya. Berikut akan kita bahas terlebih dahulu pengenalan tentang gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Gerak lurus suatu benda yang kecepatannya selalu bertambah disebut GLBB dipercepat, sedangkan gerak suatu benda yang kecepatannya selalu berkurang disebut GLBB diperlambat. Contoh penerapan GLBB diperlambat, yaitu sebuah mobil yang sedang berjalan kecepatannya semakin lama semakin besar, jika mobil tersebut akan berhenti, pasti sang sopir akan melakukan pengereman sehingga kecepatannya semakin kecil. Proses pengereman tersebut merupakan contoh adanya GLBB diperlambat.

Alat yang digunakan untuk mendeteksi gerak lurus berubah beraturan adalah ticker timersama halnya dengan gerak lurus beraturan. Gerak lurus berubah beraturan memiliki beberapa ciri, yaitu sebagai berikut.

1. Lintasannya lurus.
2. Percepatannya tetap ( perubahan kecepatan tiap sekon).
3. Bentuk pita keluaran pada ticker timer sebagai berikut.

✮ GLBB Dipercepat

Berikut ini merupakan grafik GLBB dipercepat.

Beberapa contoh aplikasi GLBB dipercepat dalam kehidupan sehari-hari.
a. Benda yang dijatuhkan, misalnya buah apel yang jatuh dari tangkainya.
b. Benda yang menuruni bidang miring, misalnya mobil yang menuruni tanjakan.
c. Motor yang bergerak dipercepat dengan menambah gas.

✮ GLBB Diperlambat

Berikut ini merupakan grafik GLBB diperlambat.

Beberapa contoh aplikasi GLBB diperlambat dalam kehidupan sehari-hari.
a. Benda yang dilemparkan ke atas, misalnya batu yang dilemparkan ke atas sehingga kecepatan batu berkurang secara bertahap.
b. Benda yang naik pada bidang miring, misalnya mobil yang menaiki tanjakan.
c. Mobil yang bergerak diperlambat dengan menekan pedal rem.

✒ Contoh soal

Sebuah motor bergerak dengan kelajuan awal 40 m/s selama 20 s. Jika percepatan motor tersebut 2 m/s2, maka berapakah kecepatan akhir motor?
Penyelesaian
Diketahui:
v0  = 40 m/s
t  = 20 s
a  = 2 m/s2
Ditanyakan: vt 
Jawab:

vt  = v0+at 
vt  = 40+2x20 = 80 m/s
Jadi, kecepatan akhir motor adalah 80 m/s.

Gerak Lurus Berubah Beraturan | lookadmin | 4.5