Gelombang Transversal

Gelombang Transversal – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang frekuensi dan periode gelombang. Pada topik kali ini kita akan belajar tentang gelombang transversal. Pernahkah kalian melihat tali yang digerakkan? Bagaimanakah pola gelombang yang terbentuk? Untuk mempelajarinya, simak ulasan berikut.

Gelombang adalah getaran yang merambat. Berdasarkan arah getarnya, gelombang dibedakan menjadi dua, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarannya. Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali, air, dan gelombang elektromagnetik seperti gelombang cahaya, gelombang radio, gelombang radar dan sebagainya. Gelombang elektromagnetik terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang saling tegak lurus. Bagian-bagian dari gelombang transversal dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

◘ Titik puncak adalah titik tertinggi pada gelombang (B).
◘ Titik dasar adalah titik terendah pada gelombang (D).
◘ Jarak A-B-C disebut bukit gelombang.
◘ Jarak C-D-E disebut lembah gelombang.
◘ Gerakan dari A-B-C-D-E adalah gerakan untuk satu gelombang.
◘ Jarak O ke B disebut amplitudo gelombang.

Amplitudo gelombang menyatakan besar energi yang dibawa oleh gelombang. Gelombang yang memiliki amplitudo besar, maka energinya juga besar, dan berlaku sebaliknya. Gelombang yang memiliki amplitudo kecil, energinya akan semakin kecil.

Ciri-ciri gelombang transversal ditandai dengan adanya bukit dan lembah gelombang. Panjang satu bukit dan satu lembah dapat didefinisikan sebagai panjang satu gelombang. Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi terbentuknya gelombang transversal pada tali.

◘ Gaya tali.
◘ Sifat elastis tali.
◘ Kelembaman tali.

Gelombang sempurna pada gelombang transversal adalah gerakan gelombang dari keadaan seimbang ke puncak gelombang kemudian kembali ke keadaan seimbang menuju lembah sampai kembali lagi menuju keadaan seimbang.

Perhatikan air yang menetes ke kolam. Tetesan air di kolam akan membentuk pola gelombang. Sumber getaran terletak di tempat jatuhnya tetesan air, sehingga gelombang akan menyebar ke segala arah. Semakin jauh dari sumber maka energi yang dirambatkan akan semakin kecil.

Contoh Soal

Jika suatu gelombang terdiri dari dua lembah dan satu bukit gelombang, maka berapa banyak panjang gelombang yang terbentuk?
Penyelesaian
Panjang satu gelombang (λ) sama dengan satu bukit dan satu gelombang. Panjang setengah gelombang (12 λ) sama dengan satu bukit atau satu lembah. Dua lembah ditambah satu bukit sama dengan 12 x 3 = 32 λ.

Gelombang Transversal | lookadmin | 4.5