Close Klik 2x

Ganggan Biru Hijau atau Cyanophyta

Advertisement
Alg0logy : Ganngan Biru Hijau atau Cyanophyta
Ganngan Biru hijau atau Cyanophyta yang biasa juga dikenal dengan nama lain seperti Cyanobacteria, bakteri biru hijau dan ganggan biru yang akan kita bahas bersama kali ini.
Alga ada beberapa jenis yang kesemuanya masuk dalam divisi. Salahsatunya adalah divisi Cyanophyta. Cynaophyta atau yang dikenal dengan ganggang biru tergolong sel yang prokarion dan strukturnya mirip dengan sel bakteri. Pada klasifsikasi tumbuhan digolongkan pada golongan yang sama yaitu Schyzomycetes. Struktur morfologi ganggang biru bermacam-macam ada yang bersel tunggal, berbentuk benang ada juga yang berkelompok membentuk kelompok sel yang prokarion.
Struktur ganggang biru terdiri atas lapisan penutup yang berupa selubung gelatin, dinding sel dan membran sitoplasma. Bahan kimia pembangun dinding sel yaitu molekul lipoprotein, lipopolisakharida dan mukoprotein. Sitoplasma ganggang biru tidak mengandung endoplasmik retikulum, badan golgi, mitokondria dan lisosom tetapi mengandung ribosom.
Proses fotosintesis pada ganggang biru yaitu pada bagian lamela yang mengandung pigmen karotenoid dan klorofil dan pigmen-pigmen lainya yang terdapat pada ganggang biru yaitu phycosianin dan phycoerytrin (fikosianin dan fikoeritin).
Alga biru uniseluler contohnya adalah Chroococcus hidup di air/kolam yang tenang dan Gloeocapsa hidup pada batu atau epifit pada tumbuhan lain. Sedangkan alga biru uniseluler berkoloni contohnya adalah Spirulina dapat diolah menjadi makanan kesehatan (food suplement). kemudian alga biru berbentuk benang contohnya adalah Oscillatoria dan Nostoc commune.
Anabaena azollae dan Anabaena cycadae bersimbiosis dengan Azolla pinnata dan Cycas rumphii. Simbiosis Anabaena azollae dengan Azolla pinnata sebagai alternatif pupuk Urea, karena simbiosis ini dapat meningkatkan kadar Nitrogen di lahan persawahan.
Ganggan Biru
Ganggan Biru Hijau atau Cyanophyta | lookadmin | 4.5