Close Klik 2x

Frekuensi dan Periode Gelombang

Advertisement

Frekuensi dan Periode Gelombang – Jika pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang gelombang, maka pada topik ini kalian akan belajar tentang frekuensi dan periode gelombang.

Frekuensi gelombang adalah banyaknya gelombang yang melewati titik tertentu tiap satuan waktu, contohnya gelombang ombak di lautan yang naik turun setiap saat dan gerakan roda ke atas dan ke bawah. Frekuensi gelombang dilambangkan dengan f  dan memiliki satuan Hertz atau Hz. Hertz merupakan nama satuan yang diambil dari penemunya, yaituHeinrich Rudolf Hertz yang berkebangsaan Jerman.

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu panjang gelombang disebut periode gelombang, sehingga, satu gelombang dapat didefinisikan sebagai panjang satu periode. Periode gelombang dilambangkan dengan T dan satuan dalam SI adalah sekon atau s. Rumus yang digunakan oleh suatu gelombang dapat dinyatakan sebagai berikut.

f=nt atau T=tn

Keterangan:
n = Jumlah gelombang; dan
t = Waktu (s).

Hubungan antara frekuensi dan periode gelombang dapat dinyatakan sebagai berikut.

T=1f atau f=1T

Periode maupun frekuensi suatu gelombang tidak dipengaruhi oleh amplitudonya. Frekuensi gelombang berbanding terbalik dengan periodenya. Semakin besar frekuensi gelombang maka semakin kecil periodenya dan berlaku sebaliknya. Semakin besar periode maka semakin kecil frekuensi gelombangnya.

Gelombang yang merambat dari ujung satu ke ujung yang lainnya memiliki kecepatan tertentu karena menempuh jarak dan waktu tertentu pula. Hal inilah yang disebut dengan cepat rambat gelombang (v) dan satuan SI adalah m/s. Hubungan antara cepat rambat gelombang dengan frekuensi dan periode dinyatakan sebagai berikut.

v=λf  atau v=λT

Cepat rambat gelombang berbanding lurus dengan frekuensinya. Akan tetapi, berbanding terbalik dengan periode gelombang. Semakin besar frekuensi gelombang maka cepat rambat gelombangnya akan semakin besar dan berlaku sebaliknya. Semakin kecil periode gelombang maka cepat rambat gelombangnya akan semakin besar. Frekuensi gelombang berbanding terbalik dengan panjang gelombangnya. Semakin besar frekuensi gelombang maka semakin pendek panjang gelombang dan semakin kecil frekuensi gelombang maka semakin besar panjang gelombangnya.

Gelombang yang terdiri dari satu bukit dan satu lembah dikatakan memiliki satu panjang gelombang (λ). Apabila panjang tali dinyatakan sebagai s dan banyaknya gelombang yang terjadi sepanjang s dinyatakan sebagai n, maka banyak gelombang dirumuskan n=sλ.

Setiap gelombang memiliki frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda-beda. Energi gelombang berbading lurus dengan frekuensi gelombang, sehingga, semakin besar frekuensi gelombang maka semakin besar energi dari gelombang tersebut.

Contoh Soal

Suatu gelombang mempunyai periode gelombang sebesar 12 s. Berapakah frekuensinya ?
Penyelesaian
Diketahui: T = 12 s
Ditanyakan: Frekuensi gelombang (f) ?
Jawab:

f=1T=112=0,083 Hz

Jadi, frekuensi gelombangnya 0,083 Hz.

Frekuensi dan Periode Gelombang | lookadmin | 4.5