Frasa Adjektif dalam Paragraf Deskriptif

Advertisement

Frasa Adjektif dalam Paragraf Deskriptif – Siswa memahami frase adjektif dengan baik.

Dalam pembelajaran sebelumnya, kalian sudah belajar tentang menulis paragraf deskriptif. Masih ingatkah kalian bagaimana langkah-langkah penulisan paragraf deskriptif? Ya, dalam penulisan paragraf deskriptif, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari topik. Setelah mendapatkan topik, kalian kemudian dapat membuat rancangan paragraf. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merevisi atau mengecek tulisan, baru kemudian baca kembali setelah dilakukan revisi.

Nah, setelah kalian mengetahui bagaimana cara menulis paragraf deskriptif, kini saatnya kalian belajar tentang frasa adjektif yang sering muncul dalam paragraf deskriptif. Sebuah paragraf yang banyak menggunakan frasa ini biasanya lebih menarik dan jelas.

Coba perhatikan contoh frasa adjektif dalam paragraf deskriptif berikut.

Baju baru yang dibelikan ibuku sudah sampai. Ibu memang membelinya melalui internet secara online. Model baju itu berupa atasan dan bawahan. Atasannya berupa kemeja kotak-kotak biru hitam dengan dasar putih. Sementara roknya berwarna biru tua. Aku sangat sukabaju baruku itu. Baju ini akan kupakai di hari pernikahan pamanku minggu depan.

Sebenarnya, apa itu frasa adjektif? Frasa adjektif adalah kelompok kata yang terdiri dari dua kata atau lebih dengan adjektif atau kata sifat sebagai intinya. Unsur inti dalam frasa ini merupakan unsur yang diterangkan oleh unsur lain (unsur menerangkan). Dalam hal ini, unsur yang diterangkan merupakan kata sifat sementara unsur yang menerangkan bisa berupa penambahan kata seperti agak, sangat, dapat, harus, kurang, lebih, paling, dan sebagainya.

Meskipun begitu, secara keseluruhan frasa adjektif tetap merupakan bagian yang menerangkan kata benda (nomina). Contoh dari frasa adjektif antara lain : merdu sekali, sangat baik, agak tinggi, terlalu pendek, amat manis, dan sebagainya.
Coba perhatikan contoh berikut ini.

Adik agak bingung ketika diminta untuk memilih mainan yang akan dibelikan ayah.

Frasa yang dicetak miring dalam kalimat di atas merupakan frasa adjektif. Kata bingungmerupakan inti frasa sedangkan kata agak merupakan unsur menerangkan. Namun, frasaagak bingung tetap menjadi untuk yang menerangkan nomina adik.

Perhatikan juga contoh berikut.
Karena tidak puas dengan jawaban anak buahnya, Manager itu mengecek sendiri kondisi di lapangan.

Inti frasa adjektif tidak puas adalah puas (kata sifat). Sementara kata tidak merupakan unsur pewatas (menerangkan). Hal ini karena inti dari frasa tersebut adalah kata puas yang tergolong kata sifat/adjektif. Jadi, frasa tersebut termasuk frasa adjektif.

Frasa adjektif ini memiliki tiga jenis, diantaranya:
• Frasa adjektif modifikatif (membatasi), contohnya : tampan sekali, pintar benar, jujur amat, dan sebagainya.
• Frasa adjektif koordinatif (menggabungkan), contohnya tegap kekar, damai sentosa, aman tentram, dan sebagainya.
• Frasa adjektif apositif, contohnya : cantik, ayu rupawan; berkualitas, terbaik, dan terpuji, dan sebagainya.

*Perhatikan beberapa contoh frasa adjektif dalam paragraf deskriptif berikut. *
SMA Mutiara adalah sekolah baruku. Baru beberapa minggu aku sekolah di sini. Tapi akusudah betah sekolah di sini. Selain berkualitas, disiplin, dan nyaman, sekolah ini juga terkenal sebagai sekolah terbaik. Ruangan di pojok itu adalah kelasku, kelas X-2. Kelasku itu bercat warna biru. Di dinding-dinding kelas terdapat berbagai kerajinan hasil karya siswa X-2 dalam mata pelajaran Seni Rupa. Ada kerajinan bunga dari benang woll, ada kaligrafi dari dus bekas mie instan, ada juga vas bunga dari stik es krim. Teman-temanku sangat kreatif, bukan?

Poin Penting

• Frasa adjektif adalah frasa yang intinya berupa kata sifat (adjektif).
• Frasa adjektif terbagi menjadi frasa adjektif modifikatif, frasa adjektif koordinatif, dan adjektif apositif.
• Contoh frasa adjektif antara lain : sangat indah, kotor benar, sudah kering, paling baik, amat nyaman, dan sebagainya.

Advertisement
Frasa Adjektif dalam Paragraf Deskriptif | lookadmin | 4.5